Selasa, 17 September 2019

TEMATIK

MUATAN BAHASA INDONESIA
Kata-kata baku dalam teks eksplanasi

Teks ekslansi merupakan teks yang berisi informasi tentang suatu hal atau fenomena yng tetjadi di masyarakat. Teks eksplanasi disusun menggunakan kalimat efektif.sedangkan kalimat efektig adalah kalimat yang terdiri atas susunan mata yang sistematis dan menggunakan kata baku.
Teks Eksplanasi :
1. Strukturnya terdiri atas pernyataan umum, mempunyai sebab akibat dan interpretasi.
2. Informasi yang dimuat berdasarkan fakta atau kenyataan.
3. Fakta tersebut memuat informasi yang bersifat ilmiah.
untuk kata baku itu kata yang baku dalam penyampaian suatu kalimat. contohnya seperti kata "saya", "anda", "bagaimana", "mengapa", dan lain-lain yang bersifat 5W1H
MUATAN IPA
Menjelaskan persamaan dan perbedaan rangkaian seri dan paralel

1. Pengertian Rangkaian Seri dan Pararel


Oleh karena banyaknya manfaat listrik bagi manusia maka ada baiknya bila Anda mengetahui sedikit informasi mengenai rangkaian arus listrik, agar Anda bisa memahami bagaimana cara kerja listrik di rumah dan diberbagai alat dan fasilitas yang biasa digunakan sehari-hari.

Rangkaian listrik secara garis besar dibagi menjadi 2 jenis yaitu rangkaian seri dan pararel, pengertian dari rangkaian seri ialah sebuah rangkaian listrik yang tersusun dengan sejajar (seri) dimana peletakan resistornya berurutan. Rangkaian seri lebih menghemat biasa karena penggunaan kabel penghubung lebih sedikit, namun bila salah satu komponen kabel di cabut atau mengalami kerusakan maka secara otomatis komponen kabel yang lain tidak dapat lagi berfungsi.

Rangkaian seri bisa berisi lebih banyak beban listrik dalam satu rangkaian arus listrik. Dua elemen berada dalam sebuah susunan seri bila mereka hanya memiliki satu tutuk utama yang tidak saling terhubung mengarah kepada elemen pembawa arus pada sebuah jaringan. Semua elemen disusun seri, maka rangkaian tersebut di sebut rangkaian listrik. Dan dalam rangkaian seri arus yang lewat disetiap komponen dan elemen listrik sama besarnya.

Setelah mengetahui informasi seputra rangkaian seri diatas ada baiknya bila Anda juga memahami apa definisi rangkaian pararel. Definisi dari rangkaian pararel adalah sebuah rangkaian lisrik yang tersusun secara pararel (berderet) atau merupakan sebuah aliran arus listirk yang memiliki lebih dari satu bagian garis edar untuk mengalirkan arus listrik.

Rangkaian arus pararel merupakan sebuah rangkaian arus listrik yang semua input komponen listrinya berasal dari sumber yang sama. hampir semua komponan tersusun secara pararel, dimana hal tersebut menyebabkan sususan pararel lebih membutuhkan banyak dana karena penggunaan kabel penghubung yang lebih banyak.

Namun salah satu kelebihan rangkaian pararel dibandingkan dengan rangkaian seri adalah saat komponen kabel dicabut atau mengalami kerusakan, maka komponen listrik yang lain masih bisa berfungsi seperti biasanya.

2. Persamaan dan Perbedaan Rangkaian Seri dan Pararel


Ada beberapa persamaan antara rangkaian seri dan pararel yaitu :
  1. Daya dan arus listrik rangkaian seri dan pararel memiliki kesamaan pada kebutuhan sumber tegangan listrik
  2. Sama-sama memiliki daya listrik yang cukup besar
  3. Kedua rangkaian bisa digunakan secara bersama-sama atau di campur (mix)
  4. Memiliki kesamaan hambatan, dimana semakin panjang kabel yang digunakan maka hambatan listrik bisa jadi semakin besar pula.
Setelah mengetahui beberapa persamaan rangkaian seri dan pararel diatas maka ada baiknya bila Anda juga mengetahui perbedaanya, terdapat beberapa perbedaan sifat dari rangkaian seri dan pararel, antara lain :

2.1. Sifat khas dari rangkaian seri

  • Arus dan nilai tegangan arus listrik yang mengalir pada masing-masing beban adalah sama
  • Arus tegangan sumber dibagi dalam jumlah seri bila besar tahanannya sama. jumlah penururan arus pada rangkaian seri dari setiap tahanan seri adalah sama dengan nilai total sumber tegangan.
  • Arus dan nilai tegangan yang dialirkan tergantung pada seberapa besar tahanan beban dalam sebuah rangkaian listrik. Besar arus listrik yang dihubungan dalam sebuah rangkaian listrik seri, dimana tahanan rangkaian total tegangan dapat menyebabkan naik dan turunnya tegangan yang mengalir dalam rangkaian.
  • Bila salah satu komponen atau bagian dari rangkaian arus putus atau rusak maka seluruh aliran dan arus listrik secara otomatis akan terhenti.
Sifat khas dari rangkaian seri diatas sangat berbeda dengan sifat khas dari rangkaian pararel. 

2.2. Sifat khas dari rangkaian seri


Berikut ini beberapa sifat khas dari rangkaian pararel :
  1. Sumber tegangan listrik sama dengan tegangan pada setiap beban listrik yang ada
  2. Pada setiap cabang dalam rangkaian pararel merupakan sebuah rangkaian individu. Dimana arus dan tegangan setiap cabang tergantung pada besarnya tahanan cabang.
  3. Hampir semua tahanan dirangkai dalam sebuah rangkaian pararel, dimana tahanan total rangkaian mengecil yang menyebabkan tegangan total menjadi lebih besar.
  4. Bila salah satu komponen arus pararel terputus, maka arus yang terputus hanyalah pada komponen tersebut, sedangkan komponen  arus listrik yang lain dapat bekerja seperti biasa tanpa adanya gangguan dari rangkaian arus yang terputus tersebut.

MUATAN IPS
Peran teknologi dalam perubahan masyarakat di bidang ekonomi

Pada beberapa dekade terakhir ini teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jika pada dekade sebelumnya, masyarakat masih akrab dengan jasa pos, pesawat telepon, mesin ketik, atau telegram, maka pada saat ini semuanya sudah mulai ditinggalkan. Seiring dengan pesatnya inovasi dan perkembangan teknologi, masyarakat kini telah beralih menggunakan smartphone, tablet, internet, dan berbagai perangkat canggih lainnya. Sulit membayangkan bagaimana masyarakat modern ini dapat hidup tanpa gadget atau koneksi internet.
IT-1Teknologi informasi kini tidak ubahnya seperti asisten yang handal, yang dapat melakukan banyak hal di seluruh aktivitas manusia termasuk kegiatan ekonomi. Banyak unit usaha yang memanfaatkan teknologi informasi ini untuk mengembangkan bisnisnya. Sistem informasi yang sebelumnya hanya digunakan untuk kepentingan berkomunikasi, menunjukkan manfaat yang besar dalam dunia bisnis. Adapun manfaat teknologi informasi dalam dunia bisnis adalah untuk membantu proses dan operasi, pengambilan keputusan, dan membentuk strategi untuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif.
Pada dunia bisnis, baik skala kecil menengah sampai besar, penggunaan teknologi menjadi hal yang mutlak dan dominan sebagai sarana komunikasi, penyebaran informasi, atau menjalin kerjasama bisnis. Era globalisasi telah menghilangkan batas ruang dan waktu yang mengakibatkan munculnya industri baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Inilah yang mengakibatkan terjadinya pergerakan ekonomi, yang semula pertukaran barang dilakukan secara fisik menjadi pertukaran melalui media teknologi. Pergerakan ekonomi yang terjadi ini secara tidak langsung mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Pada level makro, perkembangan teknologi mendorong pembangunan ekonomi dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi.
IT2Perkembangan teknologi informasi juga dapat memperkuat daya saing sebuah negara dalam membangun perekonomiannya. Perusahaan-perusahaan yang sudah settled dapat meningkatkan pendapatan nasional yang nantinya dapat digunakan untuk menunjang kesejahteraan penduduknya.
Memang tidak bisa dipungkiri jika perkembangan teknologi informasi ini memiliki dampak negatif, seperti ketika tenaga mesin dapat menghasilkan output yang lebih besar dengan biaya yang lebih kecil daripada manusia, maka tenaga manusia akan tergantikan oleh mesin. Inilah yang akan menyebabkan terjadinya pengangguran teknologi. Selain itu sumber daya manusia yang belum siap menghadapi perubahan akan kehilangan pekerjaan karena tidak memiliki ketrampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja pada struktur perekonomian yang baru.
Namun demikian, juga kurang bijak jika kita membatasi penggunaan sistem teknologi informasi, selama teknologi tersebut tidak merugikan, mengingat salah satu tolok ukur kemajuan sebuah negara ditinjau dari segi penggunaan teknologi. Langkah yang dapat diambil dalam menyikapi masalah tersebut adalah dengan mempersiapkan sumber daya manusia agar siap menghadapi pesatnya perubahan teknologi dan sistem informasi

MUATAN PPKn
Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban

Hak adalah sesuatu yang diperoleh setiap orang sejak lahir,sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuj rasa tanggung jawab.
Contoh pelaksanaan hak dan kewajiban yang bertanggung jawab :
1. Kita berhak mengendarai kendaraan, tapi kita harus sesuaikan dengan umur kita
2. Kita berhak memperoleh nilai bagus saat ulangan
Alasan kita harus melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab antara lain :
1. Dengan menjaga kebersihan dan dapat hidup ditempat yang bersih,tubuh tetap sehat dan dapat melakukan segala aktivitas dengan nyaman
2. Dengan belajar sungguh-sungguh sehingga mendapat nilai bagus,kita juga dapat meraih cita-cita yang kita inginkan

MUATAN SBDP
Memahami interval nada pada tangga nada mayor

Interval nada adalah jarak antara nada satu ke nada yang lain
Contoh :interval nada pada tangga nada diatonis C mayor yaitu 1-1-1/2-1-1-1-1/2

menggunakan nada do = C yaitu urutan Nadanya C - D - E - F - G - A - B - C. Lebih jelasnya anda bisa memperhatikan gambar berikut ini :

Interval Nada

Kita juga bisa melihat interval Nada dengan menggunakan not balok. Anda akan melihat posisi nada pada garis Paranada. Bagaimana jika nada dimulai pada C Mayor dan bagaimana jika Nada dimulai dari D mayor. Jika dimulai dari D Mayor, maka Gambar Not Balok nada D dimulai dari Garis pertama ParaNada. kemudia spasi 1, Garis ke-2 Spasi dan seterusnya yang sudah saya terangkan dalam artikel Notasi angka dan Notasi Balok (Jenis Notasi Musik). Untuk itu sebagai bahan perbandingan dari contoh Tangga Nada D Mayor dengan Tangga Nada C Mayor dengan interval 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2. 


0 komentar:

Posting Komentar