Kamis, 12 September 2019

TEMATIK


MUATAN PPKn
Melaksanakan Kewajiban dengan Tanggung Jawab di Rumah, Sekolah, dan di Masyarakat

Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab.
Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.
  1. Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.
  2. Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.
  3. Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.
  4. Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.
  5. Membantu tetangga yang terkena musibah.
  6. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalKewajiban sebagai Warga Masyarakat
Bentuk kewajiban di lingkungan keluarga seperti berikut.
    1. Menghormati Orang Tua
    2. Menyayangi Adik
    3. Mengerjakan Pekerjaan Yang Diperintahkan Orang Tua
Bentuk kewajiban di lingkungan sekolah seperti berikut.
    1. Menjaga Ketertiban Di Kelas
    2. Menghormati Guru
    3. Menjaga Kebersihan Di sekolah


MUATAN BAHASA INDONESIA

Kalimat Efektif dalam Teks Eksplanasi 

Kita dapat menemukan informasi penting dalam teks eksplanasi, teks eksplanasi terdiri atas beberapa paragraf yang berisi informasi penting. paragraf tersebut disusun menggunkan kalimat efektif. kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaiadah tata bahasa, baik itu ejaan maupun tanda bacanya.
ciri-ciri kalimat efektif sebagai berikut :
1. menggunkaan kata baku
2. terdiri atas struktur kalimat yang berurutan dan bermakna logis

TUGAS : 
Mengerjakan soal pada Buku Bupena hal. 182


MUATAN IPS 
Pengaruh Komputer dalam Bidang Pendidikan 

Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi saat ini sangat pesat. Salah satu kemajuan teknologi ditandai dengan ditemukannya komputer. Teknologi komputer ini membawa banyak menfaat dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah pada bidang pendidikan.
Dampak ditemukannya komputer dalam bidang pendidikan sangat besar seperti akses informasi menjadi mudah dan cepat, munculnya inovasi pembelajaran baik dari strategi maupun media pembelajaran, mendorong pertumbuhan psikomotorik, dan sebagainya. Disamping dampak positif tersebut terdapat pula dampak negatif yang harus dihindari. Peran orang tua sangat penting dalam hal ini.
Setiap penemuan tentu memiliki dampak positif dan juga dampak negatif, begitupun dengan ditemukannya komputer. Penemuan komputer membawa dampak yang cukup signifikanpada bidang pendidikan.

Dampak positif ditemukannya komputer dalam bidang pendidikan antara lain sebagai berikut:

    mempermudah dalam mencari informasi yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran, dahulu sumber informasi utama adalah buku namun setelah ada komputer dan internet kita dapat menggali informasi lebih banyak. 
    mempermudah pelaksanaan ujian dengan tidak lagi membutuhkan kertas, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK);
    menciptakan media pembelajaran modern dengan tujuan menarik perhatian siswa dan mempermudah proses belajar, contoh media pembelajaran dengan presentasi (power point), video, dan juga gambar. 
    memperkaya strategi pembelajaran karena tidak harus tatap muka (e-learning), contoh pembajaran berbasis daring biasanya untuk pembelajaran jarak jauh atau mengatasi keterbatasan waktu belajar di sekolah.
    mendorong pertumbuhan kecerdasan psikomotorik siswa, dengan komputer sisw dapat menggali kemampuan psikomotoriknya, kreativitasnya dalam hal yang positif.
    mempermudah kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam hal yang berkaitan dengan administrasi sekolah, seperti membuat jadwal pelajaran, kurikulum, daftar nilai, dan lain-lain;
    mempermudah dalam menghitung, komputer merupakan salah satu alat hitung yang sangat bermanfaat dalam poroses analisis data yang berhubungan dengan angka-angka.

Dampak negatif ditemukannya komputer dalam bidang pendidikan antara lain sebagai berikut:

•    Rentan terhadap penyalahgunaan pengetahuan untuk melakukan tindakan yang tidak baik seperti tindakan kriminal.
•    Dapat menimbulkan sifat malas, karena hampir semua informasi didapat dengan mudah dapat dengan hanya mengetik kata kunci di komputer menimbulkan menurunnya keinginan untuk berusaha lebih seperti mendatangi perpustakaan mencari informasi dari buku dan lain sebagianya.
•    Dapat menimbukan kecanduan bermain komputer, hal ini terjadi pada anak yang mengakses komputer untuk bermain game sehingga urusan sekolah seperti belajar menjadi terbengkalai.
•    Rentan pengaruh negatif akibat akses internet, penggunaan komputer dengan akses internet harus dalam pengawasan orang tua karena akses terhadap hal-hal negatif sangat mudah dan terbuka. 


MUATAN SBdP

Memainkan Alat Musik dengan Memperhatikan Interval Nada

 Interval Nada adalah Jarak antar satu nada dengan nada lain. Interval nada ada yang bernilai 1 dan ada pula yang bernilai setengah. Untuk interval nada mayor memiliki interval 1- 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2 ini berlaku apabila masih normal menggunakan nada do = C yaitu urutan Nadanya C - D - E - F - G - A - B - C.

Hasil gambar untuk gambar interval nada


Siswa kelas VI. D berlatih membunyikan nada-nada tersebut menggunakan alat musik melodis, seperti : pianika, gitar, seruling, harmonika, angklung, atau kecapi.


0 komentar:

Posting Komentar