MATEMATIKA
Kelas Anita berencana membeli 4 buah sapu
baru. Kelas Anita terdiri atas 40 anak. Setiap anak telah membayar
iuran sebesar Rp500,00. Ketika Anita dan temannya akan membeli sapu
ternyata harga sebuah sapu Rp7.500,00. Berapakah iuran tambahan yang
harus dibayar setiap anak?
Jawab :
Pertama, kita hitung jumlah iuran awal.Jawab :
Jumlah iuran awal = 40 × Rp500,00
Kemudian kita hitung harga belanjaan.
Harga belanjaan = 4 × Rp7.500,00
Setelah itu, kita hitung banyak iuran tambahan yang harus dibayar.
Jumlah iuran tambahan = (4 × Rp7.500,00 – 40 × Rp500,00) : 40
= (Rp30.000,00 – Rp20.000,00) : 40
= Rp10.000,00 : 40
= Rp250,00
Jadi, setiap anak harus iuran lagi sebesar Rp250,00.
Diketahui suhu udara pagi di puncak sebuah gunung adalah –8˚C. Semakin siang, suhu udara di puncak gunung tersebut naik 5˚C setiap jam.
Berapa derajat suhu udara tersebut setelah 4 jam?
Jawab :
Diketahui: Suhu udara mula-mula –8˚C.
Setiap jam, suhu naik 5˚C.
Ditanyakan: Suhu udara setelah 4 jam.
Pengerjaan:
Kalimat matematika dari soal tersebut adalah sebagai berikut:
–8 + 4 × 5 = –8 + (4 × 5) = –8 + 20 = 12
Jadi, suhu udara di puncak gunung setelah 4 jam adalah 12˚C
KISI-KISI PENILAIAN HARIAN KE-6 TEMATIK SEMESTER I
TEMA 2 : PERSATUAN DALAM PERBEDAAN
SUB TEMA 3 : BERSATU KITA TEGUH
MATERI : TEMATIK
SUB TEMA 3 : BERSATU KITA TEGUH
MATERI : TEMATIK
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa,di
mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis,
dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa,mengapa, dan
bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
Indikator
§
Menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa,
di mana,kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran
§
Mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui
tulisan
IPA
Kompetensi Dasar
(KD) :
3.3 Mengalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya,
sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.
Indikator
§
Menyebutkan ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya
§
Menulis laporan hasil pengamatan terhadap ciri-ciri
satu jenis tumbuhan
IPS
Kompetensi Dasar
(KD) :
3.4
Memahami makna proklamasi
kemerdekaan,upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan
kebangsaan yang sejahtera.
4.4
Menyajikan laporan tentang makna
proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan
kehidupan kebangsaan yang sejahtera..
Indikator
§
Menyebutkan
makna Proklamasi Kemerdekaan
§
Melaporkan dan mempresentasikan makna Proklamasi
Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) :
1.4
Mensyukuri persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.
2.4
Menampilkan sikap tanggung jawab
terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
3.4
Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
4.4
Menyajikan hasil telaah persatuan dan
kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
Indikator :
§ Menyebutkan manfaat
persatuan dalam kehidupan melalui diagram
§ Menuliskan contoh tentang
pengalaman hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya sebagai wujud
semangat persatuan.
SBdP
Kompetensi Dasar
(KD) :
3.3
Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3
Menampilkan tari kreasi daerah...
Indikator :
§
Menyebutkan pola lantai tari daerah
§
Mempraktikkan pola lantai tarian dari salah satu tarian daerah
0 komentar:
Posting Komentar