Senin, 02 September 2019

KISI-KISI PENILAIAN HARIAN KE-6 TEMATIK SEMESTER I

MATEMATIKA

Kelas Anita berencana membeli 4 buah sapu baru. Kelas Anita terdiri atas 40 anak. Setiap anak telah membayar iuran sebesar Rp500,00. Ketika Anita dan temannya akan membeli sapu ternyata harga sebuah sapu Rp7.500,00. Berapakah iuran tambahan yang harus dibayar setiap anak?
Jawab :
Pertama, kita hitung jumlah iuran awal.
Jumlah iuran awal = 40 × Rp500,00
Kemudian kita hitung harga belanjaan.
Harga belanjaan = 4 × Rp7.500,00
Setelah itu, kita hitung banyak iuran tambahan yang harus dibayar.
Jumlah iuran tambahan = (4 × Rp7.500,00 – 40 × Rp500,00) : 40
= (Rp30.000,00 – Rp20.000,00) : 40
= Rp10.000,00 : 40
= Rp250,00
Jadi, setiap anak harus iuran lagi sebesar Rp250,00.
Diketahui suhu udara pagi di puncak  sebuah gunung adalah –8˚C. Semakin siang, suhu udara di puncak gunung tersebut naik 5˚C setiap jam.
Berapa derajat suhu udara tersebut setelah 4 jam?
Jawab :
Diketahui: Suhu udara mula-mula –8˚C.
Setiap jam, suhu naik 5˚C.
Ditanyakan: Suhu udara setelah 4 jam.
Pengerjaan:
Kalimat matematika dari soal tersebut adalah sebagai berikut:
–8 + 4 × 5 = –8 + (4 × 5) = –8 + 20 = 12
Jadi, suhu udara di puncak gunung setelah 4 jam adalah 12˚C

KISI-KISI PENILAIAN HARIAN KE-6 TEMATIK SEMESTER I

TEMA 2          :   PERSATUAN DALAM PERBEDAAN
SUB TEMA 3  :  BERSATU KITA TEGUH
MATERI          :  TEMATIK

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
3.4 Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa,di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa,mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
Indikator
§   Menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana,kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran
§   Mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan
IPA
Kompetensi Dasar (KD) :
3.3 Mengalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
4.3 Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber.
Indikator
§  Menyebutkan  ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya
§  Menulis laporan hasil pengamatan terhadap ciri-ciri satu jenis tumbuhan
IPS
Kompetensi Dasar (KD) :
3.4  Memahami makna proklamasi kemerdekaan,upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
4.4  Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera..
Indikator
§  Menyebutkan  makna Proklamasi Kemerdekaan
§  Melaporkan dan mempresentasikan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari

PPKn

Kompetensi Dasar (KD) :

1.4  Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya.

2.4  Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

3.4  Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

4.4  Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.

Indikator :

§  Menyebutkan manfaat persatuan dalam kehidupan melalui diagram

§  Menuliskan contoh tentang pengalaman hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya sebagai wujud semangat persatuan.
 
SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
3.3 Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4.3 Menampilkan tari kreasi daerah...
Indikator :
§  Menyebutkan  pola lantai tari daerah
§  Mempraktikkan  pola lantai tarian dari salah satu tarian daerah

0 komentar:

Posting Komentar