Selasa, 10 September 2019

TEMATIK

MUATAN BAHASA INDONESIA
Mengidentifikasi Kalimat Efektif dalam Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi informasi tentang suatu hal atau fenomena yang terjadi di masyarakat, informasi tersebut ditulis menggunakan kalimat efektif agar dapat dipahami pembaca dengan mudah. kalimat efektif adalah kalimat kalimat yang disusun dengan memperhatikan pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia.

Ciri-Ciri Kalimat Efektif


  • Memakai diksi yang tepat.
  • Mempunyai unsur pokok atau penting, minimal Subjek Predikat (SP).
  • Taat kepada tata aturan ejaan yang disempurnakan (EYD) yang berlaku.
  • Melakukan penekanan ide pokok.
  • Mengacu kepada penghematan penggunaan kata.
  • Memakai kesejajaran bentuk bahasa yang dipakai.
  • Memakai variasi struktur kalimat.
  • Memakai kesepadanan antara struktur bahasa dan jalan pikiran yang logis dan sistematis.
  • Mewujudkan koherensi yang baik dan kompak.
  • Memperhatikan pararelisme.
  • Merupakan komunikasi yang berharkat.
  • Diwarnai kehematan.
  • Didasarkan pada pilihan kata yang baik.

MUATAN IPA

Rangkaian Listrik Paralel

 

Rangkaian listrik adalah suatu hubungan sumber listrik dengan alat-alat listrik lainnya yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Contoh alat-alat listrik yang sering digunakan dalam rangkaian listrik sederhana adalah sakelar dan lampu. Sakelar adalah alat listrik yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan arus listrik.
Berdasarkan susunan hubungan alat-alat listrik maka rangkaian listrik tersusun dengan tiga cara, yaitu rangkaian seri, rangkaian paralel, dan rangkaian campuran.
Rangkaian Paralel adalah salah rangkaian listrik yang disusun secara berderet. Pada rangkaian lampu paralel, arus listrik dari baterai dapat melalui setiap lampu. melalui beberapa jalan berbeda yang dapat dialiri arus.

Hal ini menyebabkan susunan paralel menghabiskan lebih banyak biaya karena kabel penghubung yang diperlukan juga lebih banyak. Di samping kelemahan tersebut, susunan paralel memiliki kelebihan dibandingkan rangkaian seri. Kelebihannya adalah jika salah satu komponen dicabut atau rusak, komponen lain akan dapat tetap  berfungsi. Karena alasan inilah jaringan listrik dan lampu-lampu di rumah biasanya dibuat pararel.

Jika diperlukan, kita juga dapat menggabungkan antara rangkaian seri dan pararel. Gabungan antara rangkaian seri dan rangkaian paralel disebut sebagai rangkaian seri-paralel, kadang juga disebut sebagai rangkaian campuran atau rangkaian kombinasi.Rangkaian Paralel merupakan salah satu yang memiliki lebih dari satu bagian garis edar untuk mengalirkan arus.

Dalam kendaraan bermotor, sebagian besar beban listrik dihubungkan secara parallel. Masing-masing rangkaian dapat dihubung-putuskan tanpa mempengaruhi rangkaian yang lain.

Sifat rangkaian paralel:
  1. Besarnya tegangan pada masing-masing beban listrik sama dengan besar tegangan sumber listrik.
  2. Setiap cabang dalam rangkaian paralel adalah rangkaian tersendiri, dimana arus pada setiap cabang adalah tergantung besar tahanan cabang.
  3. Tahanan total dari rangkaian paralel lebih kecil dibandingkan tahanan yang terkecil dalam rangkaian.
  4. Jika salah satu cabang tahanan paralel terputus, maka arus yang terputus hanya pada rangkaian tahanan tersebut. Cabang yang lain tetap dapat bekerja tanpa terganggu oleh rangkaian cabang yang terputus tersebut.
 Contoh penerapan rangkaian listrik paralel dalam kehidupan sehari-hari adalah jaringan listrik PLN ke rumah-rumah pelanggan.
MUATAN IPS
Perubahan Sosial Budaya dalam Bidang IPTEK dan Pendidikan
Perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur sosial dan unsur-unsur budaya dalam kehidupan masyarakat. Salah satu contohnya adalah keadaan bangsa Indonesia sebelum merdeka, merdeka, sampai menjadi negara berkembang seperti pada saat ini. Perubahan yang terjadi dalam masyarakat merupakan sebuah proses panjang. Proses perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat tidak lepas oleh adanya pengaruh modernisasi. Modernisasi dan perubahan sosial budaya adalah dua hal yang saling berkaitan. Modernisasi dapat memengaruhi terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Namun, modernisasi dapat pula terjadi sebagai dampak dari perubahan sosial budaya.

Perkembangan ilmu pengetahuan makin cepat ketika terdapat proses penelitian. Proses penelitian yang dilakukan menghasilkan banyak hal di antaranya adalah penemuan, pembaharuan, ataupun inovasi dalam bidang teknologi. Teknologi yang dihasilkan kemudian dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat. Pemanfaatan teknologi ini membawa banyak keuntungan bagi masyarakat di antaranya kemudahan dalam melakukan berbagai kegiatan, hasil produksi lebih banyak. Berikut ini adalah dampak positif berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.


No.Nama BidangDampak Positif
1.Transportasi
  1. Menghemat waktu dalam perjalanan
  2. Menghemat tenaga
  3. Menghemat ongkos atau biaya transport
  4. Memberikan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan
2.Komunikasi
  1. Cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
  2. Dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya melalui handphone.
  3. Mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
3.Ekonomi
  1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
  2. Terjadinya industrialisasi.
  3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
  4. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
4.Pertanian
  1. Petani akan lebih mudah dan cepat dalam mengolah lahan mereka
  2. Hasil yang diperoleh oleh petani lebih beragam produk dan lebih melimpah
  3. Meningkatkan efektivitas sehingga terjadi efisiensi
5.Pendidikan
  1. Munculnya media  media elektronik sebagai sumber belajar.
  2. Pemenuhan  kebutuhan sekolah dapat dipenuhi dengan cepat, seperti penggandaan soal ujian dengan adanya mesin foto copy 
  3. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
  4. Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemanfaatan teknologi.

Setelah adanya perkembangan IPTEK, semua tugas yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi mudah untuk dikerjakan dengan menggunakan media teknologi seperti, komputer yang dapat mengolah data dengan memanfaatkan berbagai program.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang kehidupan membawa pengaruh positif dalam masyarakat. Dalam bidang pertanian, misalnya, perkembangan teknologi yang diterapkan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian. Selain keuntungan terhadap hasil produksi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mampu meningkatkan efektivitas sehingga terjadi efisiensi.
MUATAN PPKn
Kewajiban Anak di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat
Hak merupakan sebuah kewenangan atau segala sesuatu yang berhak dimiliki oleh setiap individu sejak dia dilahirkan di dunia ini. Hak dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah hak itu meliputi, kekuasaan, kepemilikan, kewenangan, kepunyaan, segala hal dalam berbuat sesuatu.Kewajiban merupakan segala sesuatu yang harus dilaksanakan untuk agar semua individu mendapatkan haknya secara layak.
Kewajiban di Rumah:
a. Kewajiban menghormati kedua orangtua.

b. Kewajiban menjaga nama baik keluarga.

c. Kewajiban menyayangi semua anggota keluarga.

d. Kewajiban membantu pekerjaan orangtua, seperti: memncuci piring setelah makan, membantu ibu memasak, dan lain-lain.

Kewajiban di Sekolah:
a. Kewajiban menghormati guru.

b. Kewajiban menjaga nama baik sekolah.

c. Kewajiban menjaga lingkungan sekolah agar tetap kondusif.

d. Kewajiban saling tolong menolong dengan teman, guru maupun, warga sekolah.

Kewajiban di Mayarakat:
a. Kewajiban menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat.

b. Kewajiban menghormati oranglain.

c. Kewajiban patuh terhadap peraturan yang berlaku di masyarakat.

d. Kewajiban selalu menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat.

MUATAN SBdP
Interval Nada
Interval nada adalah sebuah jarak antara nada satu dengan nada yang lainnya. 
Berikut ini jarak pada tangga nada :
Jarak Tangga NadaHasil gambar untuk interval nada adalah
Tinggi nada di atas dapat diubah-ubah karena frekuensinya belum ditentukan. Jadi, kita dapat menyanyikan nada do setinggi re atau setinggi mi dan seterusnya, sedangkan nada-nada lain mengikuti jarak nada-nada di atas.
Saat menyanyikan sebuah lagu, kita harus memerhatikan nada yang tertinggi. Hal yang perlu dilakukan adalah mencoba nada tersebut dengan suara kita yang tinggi, kemudian ditentukan tinggi nada permulaan berdasarkan pada nada tinggi tadi. Dengan demikian, kita tidak akan mengalami kehilangan suara karena tidak dapat mencapai nada tertinggi pada lagu itu.
Bersama siswa kelas 6D menyanyikan lagu apuse
Hasil gambar untuk not lagu apuse



 



0 komentar:

Posting Komentar