matahari
Matahari merupakan salah satu bintang yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Matahari adalah bintang yang jaraknya paling dekat dengan bumi. Matahari adalah bola pijar yang tersusun dari gas helium dan gas hidrgen seperti penyusun bintang yang lain.
1.      Sebagai Sumber Energi
Matahari merupakan sumber energi utama di Bumi. Matahari inilah yang menyebabpak proses fisis dan proses biologis dapat berlangsung. Sumber energi matahari berasal dari reaksi fusi yang terjadi di dalam inti matahari. Reaksi ini adalah reaksi penggabungan ataom-atom hidrogen menjadi helium.
2.      Lapisan Matahari
a.      Korona
Suhunya bisa mencapai 1 juta Kelvin. Sering juga disebut dengan mahkota matahari. Lapisan yang berada diatas kromosfer dan sebagai atmosfer yang paling luar.
b.      Kromosfer
Suhunya mencapai 4.500 Kelvin. Lapisan ini berada di luar fotosfer dan disebut sebagai atmosfer matahari. Kromosfer dapat dilihat oleh mata telanjang ketika gerhana matahari berlangsung.
c.       Fotosfer
Suhunya mencapai 6.000 Kelvin. Lapisan ini selalu memancarkan cahaya, tamak  seperti gas bergerak, dan dapat dilihat dengan teleskop.
d.      Inti Matahari
Suhunya mencapai 15 juta Kelvin. Atom-atom gas hidrogen bersatu membentuk gas helium, yang dikenal dengan reaksi penggabungan inti atau reaksi fusi. Proses ini menghasilkan energi yang sangat besar dalam bentuk energi panas, energi cahaya, dan energi gelombang. Di dalam inti matahari, terjadi reaksi fusi nuklir dari inti hydrogen menjadi inti helium untuk menghasilkan energy matahari.