Kamis, 13 Februari 2020

TEMATIK

TEMATIK
MUATAN BAHASA INDONESIA
MENULISKAN INFORMASI DALAM BENTUK PETA PIKIRAN


Peta pikiran / Mind map adalah suatu cara yang digunakan untuk menemukan informasi-informasi dalam suatu bacaan dalam bnetuk yang menarik. Informasi yang ditemukan dituliskan di dalam kotak-kotak peta pikiran.

Cara membuat peta pikiran :
1. Pastikan tema utama terletak ditengah-tengah
Contohnya, apabila kita sedang mempelajari pelajaran perkembangan hidup makhluk hidup baik manusia, tumbuhan dan hewan, maka tema utamanya adalah Siklus Kehidupan.
2. Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
Dari tema utama “Siklus Kehidupan”, maka tema-tema turunan dapat terdiri dari : Manusia, Ayam, Katak, Burung ,dll.
3. Cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol
Dari setiap tema turunan tertama akan muncul lagi tema turunan kedua, ketiga dan seterusnya. Maka langkah berikutnya adalah mencari hubungan yang ada antara setiap tema turunan. Gunakan garis, warna, panah atau cabang dan bentuk-bentuk simbol lain untuk menggambarkan hubungan diantara tema-tema turunan tersebut..
Pola-pola hubungan ini akan membantu kita memahami topik yang sedang kita baca. Selain itu Peta Pikiran yang telah dimodifikasi dengan simbol dan lambang yang sesuai dengan selera kita, akan jauh lebih bermakna dan menarik dibandingkan Peta Pikiran yang “miskin warna”.
4. Gunakan huruf besar
Huruf besar akan mendorong kita untuk hanya menuliskan poin-poin penting saja di Peta Pikiran. Selain itu, membaca suatu kalimat dalam gambar akan jauh lebih mudah apabila dalam huruf besar dibandingkan huruf kecil. Penggunaan huruf kecil bisa diterapkan pada poin-poin yang sifatnya menjelaskan poin kunci. 
5. Buat peta pikiran di kertas polos dan hilangkan proses edit
Ide dari Peta Pikiran adalah agar kita berpikir kreatif. Karenanya gunakan kertas polos dan jangan mudah tergoda untuk memodifikasi Peta Pikiran pada tahap-tahap awal. Karena apabila kita terlalu dini melakukan modifikasi pada Peta Pikiran, maka sering kali fokus kita akan berubah sehingga menghambat penyerapan pemahaman tema yang sedang kita pelajari.   
6. Sisakan ruangan untuk penambahan tema
Peta Pikiran yang bermanfaat biasanya adalah yang telah dilakukan penambahan tema dan modifikasi berulang kali selama beberapa waktu. Setelah menggambar Peta Pikiran versi pertama, biasanya kita akan menambahkan informasi, menulis pertanyaan atau menandai poin-poin penting. Karenanya selalu sisakan ruang di kertas Peta Pikiran untuk penambahan tema


MUATAN IPS
PENGARUH KONDISI GEOGRAFIS TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT INDONESIA

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan, disebut sebagai negara kepulauan karena terdiri atas pulau-pulau besar seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Berdasarkan statistiknya, wilayah Indonesia memiliki perbandingan 4:1, dimana lautan lebih dominan daripada daratannya. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia termasuk dalam wilayah Asia Tenggara. Dimana bagi negara yang berada di wilayah geografis ini dianggap sebagai negara yang memiliki banyak potensi
Letak geografis adalah letak suatu negara yang dilihat dari permukaan buma bumi. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak diantara 2 benua dan 2 samudera, dimana hal ini membuat Indonesia menjadi kategori negara yang memiliki potensial
Pengaruh letak geografis Indonesia
1. Memiliki 2 Musim
Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa Indonesia ini berada diantara 2 samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Dimana negara ini kemudian dilalui oleh angin monsoon (angin muson). Angin ini akan berganti arah setiap 6 bulan sekali atau dapat dikatakan 2 kali dalam 1 tahun, adanya angin inilah yang menyebabkan negara ini hanya memiliki 2 musim di setiap tahunnya, yaitu musim hujan dan kemarau.
2. Pengaruh Terhadap Kondisi Alam
Indonesia merupakan negara kepulauan dimana wilayah negara ini adalah wilayah pertemuan antara dua samudera yang diapit oleh dataran luas (Benua Asia dan Australia). Hal inilah yang memiliki pengaruh terhadap kondisi alamnya, yaitu wilayah Indonesia menjadi beriklim laut, dimana karena negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan maka akan banyak mendapat pengaruh dari angin laut dan mendatangkan hujan yang mempengaruhi cuaca di Indonesia. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cuaca di Indonesia sangat berbeda di setiap wilayahnya sehingga di wilayah tersebut muncul berbagai ragam jenis tumbuhan dan hewan.

3. Ekonomi Negara
Sebagai negara yang diapit oleh 2 samudera dan 2 benua, Indonesia menjadi wilayah yang sangat strategis. Hal ini membuat terjadinya lalu lintas internasional, baik itu di darat ataupun di laut. Dengan demikian maka Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai negara dengan tingkat perekonomian yang besar karena pada umumnya Indonesia merupakan negara berkembang dan sebagai negara industri yang kemudian negara lain menjadikan negara ini sebagai titik industrinya.
Perekonomian tersebut diantaranya dalam bidang perikanan dimana Indonesia memiliki sumber penghasilan ikan yang baik, dimana nantinya hasil laut tersebut sebagaian besar akan di ekspor ke luar negeri, dalam bidang seni antara lain adalah seni membatik yang dapat dipamerkan kepada dunia dan tentunya dapat dijadikan sebagai ciri khas negara, dalam bidang kerajinan antara lain adalah ukiran dari kayu, perak atau emas yang menarik sehingga dapat menarik perhatian dunia untuk mengkoleksi benda-benda tersebut serta dalam bidang pariwisata dimana Indonesia memiliki berjuta-juta tempat yang indah yang pantas untuk dijadikan sebagai tempat tujuan wisata dengan harga yang terjangkau, contohnya disini adalah Bali yang memiliki keindahan dan budayanya yang unik sehingga setiap tahunnya banyak wisatawan luar negeri yang berkunjung ke tempat ini.

4. Keanekaragaman Suku dan budaya
Pengaruh letak geografis Indonesia terhadap keadaan penduduk antara lain adalah terdapat berbagai suku dan budaya yang berkembang dalam negara ini. Dimana kebudayaan tersebut lambat laun akan mengalami proses asimilasi dan tentunya menjadikan negara ini memiliki keangekaragam seni dan budaya. Hal ini membuat negara Indonesia menjadi negara yang memiliki keanekaragaman suku dan budaya yang lengkap diantara negara lainnya. Tentunya dengan ini akan menambah keingintahuan masyarakat luar negeri untuk lebih mengenal Indonesia lebih jauh.

MUATAN PPKN
HAK DAN KEWAJIBAN MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN

Hak adalah segala sesuatu yang mutlak menjadi milik kita atau mutlak kita peroleh sebagai warga Negara
Sedangkan  kewajibana adalah segala sesuatu yang harus kita lakukan atau menjadi tugas kita dengan penuh tanggung jawab.Tanggung jawab adalah kesadaran kita terhadap tingkah laku dan perbuatan kita baik disengaja maupun tidak disengaja dan berasal dari hati nurani kita

Sebagai warga Negara kita harus seimbang dalam menjalani hak dan kewajiban kita dengan penuh tanggung jawab agar tercipta keseimbang hidup yang baik.
Hak yang harus kita peroleh terhadap lingkungan kita :
1. Mendapatkan udara yang segar
2. Mendapatkan pasokan air bersih yang cukup dan listrik yang cukup
3. Bebas dari pencemaran lingkungan seperti limbah dan polusi udara
4. Berhak atas tanaman / lingkungan kota yang asri
5. Berhak atas lahan untuk pembangunan sarana dan prasarana lingkungan kota dengan informasi yang lengkap

Kewajiban nya menurut  terhadap lingkungan :
1 membersihakn lingkungan sekitar tempat kita tinggal agar terciptanya lingkungan yang nyaman, bersih, asri dan indah
2 menggunakan energy alternative yang ramah lingkungan untuk mencegah habisnya sumber daya yang langka
3 mengelola sampah dengan baik agar tidak terjadi krisis global
4 mengusahakan keindahan taman kota dan lingkungan
5 menggunakan tekonologi yang ramah lingkungan

Tanggung jawabnya adalah sebagai berikut:
1. Menjaga kebersihan dan keberlangusngan lingkungan kita, semakin modern jaman ini sudah perlu adanya pemisahan dalam hal penggunaan bahan sehari hari ( Reduce, Reuse, Recycle dan Replace ) prinsip yang perlu diterapkan karena sekarang banyak sampah yang tidak dapat terurai dan dapat merusak ekosistem laut maupun hutan.
2. Menggunakan sumber daya alam seckupnya dengan tidak mengeksploitas (menjaga agar tidak terjadinya kebakaran hutan)
3. Menjaga akan kebersihan saluran untuk menghindari banjir dan endapan
4. Ikut serta dalam kerja bakti penjagaan taman sekitar demi keindahan dan keasrian lingkungan
5. Menjaga lingkungan dari polusi, limbah pabrik yang dapat mencemari tetangga maupun ekosistem sekitar


MUATAN IPS
HUBUNGAN KONDISI ALAM DENGAN EKONOMI MASYARAKAT INDONESIA

Kondisi geografis Indonesia sangatlah beragam.Ada yang berupa daratan tinggi ,dataran rendah,pegunungan,dan pantai.Keadaan geografis Indonesia yang beragam ini ternyata memiliki pengangaruh terhadap mata pencaharian penduduknya.Penduduk yang tinggal di dataran tinggi akan memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk yang tinggal di dekat pantai.
Penduduk yang tinggal di dataran tinggi dan pegunungan akan bermata pencaharian sebagai petani,peternak,dan pedagang asil pertanian.Penduduk di dataran rendah juga akan memiliki mata pencaharian sebagai petani tetapi dengan hasil pertanian yang berbeda.Sedangkan penduduk yang tinggal di sekitar pantai akan memiliki mata pencaharian sebagai nelayan,pembuat garam,ataupun pemandu wisata pantai.Oleh karena itu agar tercipta kehidupan yang aman,maka harus sama-sama menghargai mata pencaharian penduduk lain.
Penduduk yang tinggal di daerah perkotaan akan memiliki mata pencaharian yang tak kalah beragam,mulai dari pekerjaan di bidang industri sampai di bidang jasa.Beberapa contoh antara lain ada yang menjadi karyawan kantoran,buruh ataupun sebagai pegawai negeri sipil.Sedangkan di bidang jasa antara lain adalah guru,dosen,dokter,pengacara,ataupun pekerja seni.
Agar menciptakan kehidupan yang aman dan tentram,maka setiap penduduk harus bersama-sama menghargai mata pencaharian penduduk lain.Hal ini juga dikarenakan semua pekerjaan tersebut saling berhubungan dan keterkaitan satu sama lain.Dan ada juga kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia bermata pencaharian sebagai perladangan, perkebunan, perdagang dan banyak yang lainnya juga.
Pertanian di Indonesia maju dan banyak menghasilkan beras,jagung,sayur-sayuran,buah-buahan,karet,kopi,gula,tembakau dan banyak penghasilan lainnya juga.

Agar tercipta kehidupan yang aman dan tentram,maka setiap penduduk harus bersama-sama menghargai mata pencaharian penduduk lain.Hal ini juga dikarenakan semua pekerjaan tersebut saling berhubungan satu sama lainnya.misalnya seorang dokter harus memiliki izin praktek yang dikeluarkan oleh pekerja di bidang hukum.Begitupun petani sayur-sayuran yang keberadaannya sangat di butuhkan oleh para pekerja lainnya sebagai pemasok bahan makanan.Maka dari itu pengaruh-pengaruhkondisi geografis Indonesia terhadap kegiatan ekonomi penduduk harus menjadi sempurna dan lengkap.

MUATAN BAHASA INDONESIA
MENULISKAN INFORMASI DARI TEKS NONFIKSI

Teks nonfiksi adalah sebuah teks yang seluruh isinya dibangun dengan menggunakan data, fakta, maupun kebenaran yang dapat diverifikasi menggunakan ilmu pengetahuan.
CARA MEMBUAT TEKS NONFIKSI
1. TENTUKAN TEMA
2. TENTUKAN KERANGKA TEKS
3. TENTUKAN IDE POKOK SERTA INFORMASI PENTING YANG AKAN DISAMPAIKAN
4. TENTUKAN REFERENSI ILMIAH MAUPUN DATA DAN FAKTA YANG AKAN DIGUNAKAN  UNTUK MENDUKUNG TEKS
5. KEMBANGKAN KERANGKA TEKS DENGAN TETAP MEMPERHATIKAN POIN TIGA DAN EMPAT. JIKA DIBUTUHKAN DAPAT DITAMBAHKAN UNSUR GRAFIS, GRAFIK, MAUPUN TABEL.
6. SAJIKAN DAFTAR REFERENSI, TABEL, MAUPUN ILUSTRASI YANG DIGUNAKAN UNTUK MENDUKUNG TEKS PADA BAGIAN BELAKANG TEKS.
7. SUNTING TEKS DARI SEGALA BENTUK KESALAHAN KEBAHASAAN


MUATAN PPKN
PERAN MENJAGA KELESTARIAN ALAM BERDASARKAN MATA PENCAHARIAN

Di Indonesia, terdapat banyak jenis mata pencaharian masyarakat seperti petani, peternak, pedagang, pegawai bank, dokter, polisi, masinis, guru dsb.  apapun dan dimana pun pekerjaan ynag dilakukan, masyarakat akan melakukan interaksi dengan lingkungan di sekitar mereka bekerja., oleh karena itu, sangat penting bagi setiap masyarakat untuk turut menjaga kelestarian alam agar dapat bekerja dengan baik dan nyaman. jika masyarkat dapat bekerja dengan baik, maka pekerjaan pun akan cepat terselesaikan dengan hasil yang memuaskan.
Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan  lingkungan :
1 membersihakn lingkungan sekitar tempat kita tinggal agar terciptanya lingkungan yang nyaman, bersih, asri dan indah
2 menggunakan energy alternative yang ramah lingkungan untuk mencegah habisnya sumber daya yang langka
3 mengelola sampah dengan baik agar tidak terjadi krisis global
4 mengusahakan keindahan taman kota dan lingkungan
5 menggunakan tekonologi yang ramah lingkungan, dengan mnegurangi bahan kertas dan plastik.

Dengan melakukan upaya tersebut, kelestarian alam dan lingkungan pekerjaan akan terjaga dengan baik dan pekerjaan pun akan berjalan dengan lancar.


MUATAN BAHASA INDONESIA
MENYAJIKAN INFORMASI DALAM BENTUK VISUAL

Kita dapat menemukan informasi penting pada sebuah teks dengan menemukan gagasan utama dari setiap paragraf. Informasi yang didapat dapat disajikan dalam bentuk visual / gambar, seperti grafik, diagram, tabel
Visual berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol agar menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan jika tidak divisualkan.
Untuk menyajikan informasi kedalam bnetuk visual , maka kita harus menandai informasi penting tersebut selanjutnya membuat visualisasi disertai pemilihan warna, lambang, dan bentuknya untuk menginformasikan isi dari teks.

MUATAN IPA
MENGENAL SISTEM PENANGGALAN

Gerakan Bumi dan Bulan dijadikan sebagai dasar perhitungan bagi sistem penanggalan. Istilah penanggalan sering disebut kalender. Kalender adalah sebuah sistem untuk memperhitungkan waktu. Waktu dibagi ke dalam hari, minggu, bulan, dan tahun. Terdapat dua sistem kalender, yaitu Masehi dan Hijriah.


Bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi) dan bulan mengelilingi bumi (revolusi bulan) dimanfaatkan oleh manusia untuk menandai waktu dari hari ke hari. Sistem penanggalan yang digunakan ada dua jenis, yaitu kalender Masehi atau tahun syamsiah dan kalender Hijriah atau tahun komariah. Tahun Masehi berdasarkan revolusi bumi dan tahun Hijriah berdasarkan revolusi bulan.
1. Kalender Masehi atau Syamsiah
Kalender Masehi ditentukan berdasarkan kala revolusi Bumi terhadap Matahari. Kala revolusi bumi ini digunakan sebagai patokan penanggalan tahun syamsiah atau masehi. Lama revolusi bumi adalah 365,25 hari. Hal ini pernah diungkapkan oleh Julius Caesar (kaisar Romawi) bahwa jumlah hari dalam satu tahun merupakan bilangan bulat.
Satu tahun pada penanggalan syamsiah ditetapkan lamanya 365 hari yang terdiri dari dua belas bulan. Jumlahnya hari dalam setiap bulannya berbeda-beda, ada yang 28 hari, 30 hari, dan 31 hari. Satu tahun ditetapkan 365 hari, sedangkan kala revolusi bumi 365 ¼ hari. Kelebihan hari dalam satu tahun yaitu ¼ hari dikumpulkan menjadi satu hari selama empat tahun. Oleh karena itu setelah empat tahun ada pertambahan satu hari sehingga jumlah harinya menjadi 366 hari. Hal ini hanya terjadi empat tahun sekali yang disebut tahun kabisat. Penambahan hari pada tahun kabisat hanya terjadi di bulan Februari. Oleh karena itu bulan Februari pada tahun kabisat menjadi 29 hari. Tahun kabisat yang sudah terlewati misalnya tahun 1994, 2000, 2004, dan seterusnya.
Setelah empat tahun kekurangannya menjadi satu hari. Oleh karena itu, setiap empat tahun:a. jumlah hari pada bulan Februari bertambah satu menjadi 29 hari;b. jumlah hari dalam satu tahun menjadi 366 hari.Tahun dengan ciri-ciri di atas disebut tahun kabisat. 
Ada dua syarat mengetahui tahun kabisat.
a.     Untuk angka tahun biasa, tahun kabisat adalah
tahun yang angkanya habis dibagi 4. Contohnya, tahun 2000, 2004, dan 2008.
b.     Untuk angka tahun abad, tahun kabisat adalah tahun yang angkanya habis dibagi 400. Contohnya, tahun 1200, 1600, dan 2000. 
Tabel 9.11 Nama–Nama Bulan pada Tahun Masehi
No
Nama bulan
Jumlah
1
Januari
31
2
Februari
28 atau 29
3
Maret
31
4
April
30
5
Mei
31
6
Juni
30
7
Juli
31
8
Agustus
31
9
September
30
10
Oktober
31
11
November
30
12
Desember
31
Jumlah hari
365 atau 366
2. Kalender Hijriah atau komariyah
Kalender Hijriah ditentukan berdasarkan kala revolusi Bulan terhadap Bumi. Sekali berevolusi terhadap bumi, bulan membutuhkan waktu selama 29 hari 12 jam 44 menit 3 detik. Kala revolusi bulan terhadap bumi ini dimanfaatkan oleh umat Islam untuk menentukan tahun Hijriah atau Komariah. 
Tahun Hijriah terdiri atas 12 bulan. Jadi, dalam satu tahun Hijriah sama dengan 29 ½ × 12 = 354 hari. Untuk mempermudah dalam perhitungan hari, orang mengubah jumlah hari dalam satu bulan menjadi 29 atau 30 hari. Jumlah hari pada setiap bulan di kalender Hijriah berselang-seling 30 dan 29 hari. Dengan demikian, satu bulan dibulatkan menjadi 29,5 hari. Akibat pembulatan ini, maka pada tahun Hijriah pun ada tahun kabisat yang jumlah harinya 355 hari. Dalam 30 tahun, terdapat 11 tahun kabisat. Satu tahun Hijriah lamanya 354 hari. Sedangkan satu tahun Masehi lamanya 365 hari. Oleh karena itu, tahun Hijriah lebih cepat 11 hari daripada tahun Masehi. Hal ini menyebabkan hari-hari besar bagi umat Islam selalu berubah-ubah lebih cepat 11 hari dari pada tahun sebelumnya pada kalender Masehi.
Kamu dapat memahami nama bulan dan jumlah hari tahun Hijriah pada Tabel 9.12
No
Nama bulan
Jumlah
1
Muharram
29
2
Safar
30
3
Rabiulawal
29
4
Rabiulakhir
30
5
Jumadilawal
29
6
Jumadilakhir
30
7
Rajab
29
8
Sya’ban
30
9
Ramadhan
29
10
Syawal
30
11
Zulkaidah
29
12
Zulhijjah
29 atau 30
Jumlah hari
354 atau 355


MUATAN SBDP
SISTEM PENANGGALAN DALAM BENTUK MEDIA VISUAL

Media visual adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam tampilan visual. Agar informasi yang disajikan dalam media visual tersampaikan dengan baik, maka media visual disajikan harus menarik dan mudah dipahami.
Hasil gambar untuk SISTEM PENANGGALAN DALAM BENTUK MEDIA VISUAL

0 komentar:

Posting Komentar