Rabu, 12 Februari 2020

MATEMATIKA DAN TEMATIK

MUATAN MATEMATIKA
PENGUMPULAN DATA
Data adalah informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, wawancara, penelitian yang dikumpulkan dalam bentuk angka atau lambang.Misalnya dengan memperhatikan teman-temanmu, ada yang tinggi, pendek, kurus dan ada yang gemuk. Cobalah mengenal mereka dengan ciri-ciri yang mereka miliki. Ciri-ciri mereka dapat kita tulis dan kita kumpulkan. Dengan menulis dan mengumpulkan ciri-ciri mereka berarti kita telah mengumpulkan data. Jadi data yang bisa dikumpulkan dapat berupa tinggi badan, berat badan, ukuran sepatu, jumlah murid laki-laki dan perempuan, lingkar pinggang, lingkar kepala, dan lain-lain.
Contoh
Rudi, Eka, dan Indra sedang menanyakan olahraga yang digemari siswa kelas VI SD Cemerlang.
Hasil yang diperoleh dicatat dalam tabel seperti berikut.
No
Jenis Olahraga
Banyak Siswa
1
Tenis meja
2
2
Bulu tangkis
3
3
Renang
7
4
Kasti
8
5
Sepak bola
6
6
Voli
4
Tahukah kamu apa yang mereka lakukan? Kegiatan yang mereka lakukan merupakan suatu cara untuk mengumpulkan data.
B.     Penyajian Data
Kita telah mempelajari tentang pengumpulan data. Data yang telah dikumpulkan dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Data yang telah disajikan dalam bentuk diagram dapat mempermudah dalam membaca dan menafsirkan data tersebut. Ada empat macam diagram yaitu diagram gambar, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis.
a.       Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel
Misalnya nilai ulangan matematika kelas VI adalah sebagai berikut :
6, 6, 5, 7, 8, 8, 4, 9, 8, 8, 9, 9, 6, 4, 7, 7, 8, 9, 10, 8,
8, 9, 9, 4, 5, 5, 8, 9, 7, 7, 6, 9, 8, 7, 7, 8, 9, 8, 10, 10.
Nilai
Banyak Siswa
4
3
5
4
6
4
7
7
8
11
9
8
10
3
Jumlah
40
b.      Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Garis
Dari nilai ulangan matematika kelas VI diatas dapat disajikan ke dalam diagram garis.
 
c.       Menyajikan data dalam Bentuk Diagram Batang
Dari nilai matematika kelas VI diatas dapat disajikan ke dalam diagram batang sebagai berikut
 
d.      Menyajikan Data dalam bentuk Diagram Gambar
Dari data nilai matematika kelas VI diatas dapat disajikan ke dalam Diagram Gambar
 

Penyajian pada diagram gambar hampir sama dengan diagram tabel hanya saja pada diagram gambar frekuensi ( banyak data) diganti dengan simbol atau gambar.
e.       Menyajikan Data dalam bentuk Diagram Lingkaran
Berikut ini contoh data hasil panen suatu desa :
Tanaman
HasilPanen (ton)
Padi
400
Jagung
200
Ketela
300
Kelapa
100
Jumlah
1.000
               


1.      Penyajian diagram lingkaran dalam bentuk derajat
a.       Padi          = 144
b.      Jagung       = 72
c.       Ketela        = 108
d.      Kelapa       = 36
Sehingga data tersebut apabila disajikan dalam diagram lingkaran menjadi seperti di bawah ini :
 
2.      Penyajian diagram lingkaran dalam bentuk persen
a.       Padi       = 40%
b.      Jagung   = 20%
c.       Ketela    = 30%
d.      Kelapa   = 10%
Sehingga data tersebut apabila disajikan dalam diagram lingkaran menjadi seperti di bawah ini
 




MUATAN TEMATIK
MUATAN IPA
GERHANA MATAHARI

Gerhana Matahari terjadi saat posisi bulan terletak di antara Bumi & Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Meskipun Bulan berukuran lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Jenis Gerhana Matahari
·         Gerhana total terjadi jika saat puncak gerhana, bulatan Matahari ditutup seutuhnya oleh bulatan Bulan. Ketika itu, bulatan Bulan sama besar atau bahkan lebih besar dari bulatan Matahari. Ukuran bulatan Matahari & bulatan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan & Bumi-Matahari.
·         Gerhana sebagian terjadi jika bulatan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari bulatan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari bulatan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.
·         Gerhana cincin terjadi jika bulatan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menghalangi sebagian dari bulatan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi saat ukuran bulatan Bulan lebih kecil dari bulatan Matahari. Sehingga ketika bulatan Bulan berada di depan bulatan Matahari, tidak seluruh bulatan Matahari akan tertutup oleh bulatan Bulan. Bagian bulatan Matahari yang tidak tertutup oleh bulatan Bulan, berada di sekeliling bulatan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.
·         Gerhana hibrida bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.
Gambar Gerhana Matahari
Hasil gambar untuk GBR GERHANA MATAHARI TOTAL, CINCIN DAN SEBAGIAN
Hasil gambar untuk GBR GERHANA MATAHARI TOTAL, CINCIN DAN SEBAGIAN






MUATAN BAHASA INDONESIA
MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA TEKS NONFIKSI

Teks nonfiksi adalah teks yg isinya benar-benar terjadi di kehidupan nyata atau bisa jadi pengalaman penulis . contohnya : sejarah , biografi , novel(nonfiksi)
Cara mengidentifikasi informasi pada teks nonfiksi :

* Bacalah teks tersebut dengan baik dan saksama.
* Menentukan kata kunci yang terdapat pada judul
* Tulislah inti/maksud dari setiap paragraf.
* Tulislah dengan bahasamu sendiri.


MUATAN BAHASA INDONESIA
MENYAJIKAN INFORMASI PENTING PADA TEKS DALAM BENTUK VISUAL 

Kita dapat menemukan informasi penting pada sebuah teks dengan menemukan gagasan utama dari setiap paragraf. Informasi yang didapat dapat disajikan dalam bentuk visual / gambar, seperti grafik, diagram, tabel
Visual berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol agar menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan jika tidak divisualkan.
Untuk menyajikan informasi kedalam bentuk visual , maka kita harus menandai informasi penting tersebut selanjutnya membuat visualisasi disertai pemilihan warna, lambang, dan bentuknya untuk menginformasikan isi dari teks.

TUGAS : SISWA KELAS 6D DITUGASKAN MENYAJIKAN TEKS " CARA MENGAMATI GERHANA BULAN " DALAM BENTUK VISUAL

MUATAN IPA
MEMBANDINGKAN PROSES TERJADINYA GERHANA BULAN DAN MATAHARI
Hasil gambar untuk gbr gerhana matahari dan bulan



Gerhana bulan dan matahari sendiri sama-sama terjadi dikarenakan terhalangnya sinar matahari ke area bumi atau bulan, meskipun begitu terdapat beberapa perbedaan pada proses terjadinya.

Proses terjadinya gerhana

Terjadinya gerhana matahari dan bulan diakibatkan karena pergeseran letak antara bumi, bulan dan matahari. Hal itulah yang mengakibatkan gerhana ini akan sering terjadi. Pada gerhana matahari, posisi bumi ada di belakang bulan, sehingga ada sebagian area bumi yang mengalami kegelapan, setengah gelap dan terang. Karena sinar matahari yang seharusnya jatuh ke bumi terhalang oleh bulan. Peristiwa ini terjadi ketika bulan mati.
Sinar matahari akan jatuh berbentuk kerucut pada permukaan bumi karena adanya bulan di tengah-tengah. Sehingga ada area bumi yang disebut umbra, yaitu bagian yang gelap karena tidak terkena cahaya. Dan ada area disebut penumbra, yang mengalami gerhana matahari sebagian dan agak redup.
Posisi bumi pada gerhana matahari
Sedangkan pada gerhana bulan terjadi karena poisisi bumi yang berada di antara matahari dan bulan. Hal itu yang menyebabkan cahaya matahari ke bulan terhalang oleh adanya bumi. Peristiwa gerhana bulan ini biasanya terjadi pada bulan baru. Sama halnya dengan gerhana matahari yang membuat bumi memiliki area umbra dan penumbra. Umbra merupakan area bumi yang mengalami gerhana matahari total, dan penumbra yang mengalami gerhana matahari sebagian.
Posisi gerhana bulan

Gerhana matahari dan gerhana bulan memiliki beberapa perbedaan yang menonjol, antara lain:


Gerhana MatahariGerhana Bulan
Waktu TerjadinyaSiang hariMalam hari
Posisi bumiMatahari - Bulan - BumiMatahari - Bumi - Bulan
Periode terjadinya2-3 per tahun1-2 per tahun
Lama terjadinya± 6 menit± 1 jam 40 menit
JenisGerhana total
Gerhana Sebagian
Gerhana Cincin
Gerhana Hibrida
Gerhana Total
Gerhana Bulan Sebagian
Gerhana Penumbra
Ciri FisikMatahari berwana merah karena cahaya korona dan semburan gasBulan berwarnamerah karena efek dari atmosfer

MUATAN SBDP
MENYAJIKAN INFORMASI DALAM BENTUK REKLAME

Hasil gambar untuk poster tentang gerhana matahariReklame adalah alat untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik dalam bnetuk media cetak dan elektronik. Tujuan reklame adalah agar suatu produk dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat memiliki keinginan untuk membelinya.

Reklame dalam bentuk yang lebih modern baik media maupun teknik penyampaiannya.  Beberapa bentuk reklame jenis ini misalnya :  berupa poster, spanduk, brosur, selebaran, logo, baliho, dan embalase.

1. Poster
Poster adalah jenis reklame visual, berbentuk gambar dan tuliasan yang berukuran agak besar sehingga memudahkan untuk dibaca pesan reklamenya. Poster biasanya dipasang di tempat umum yang mudah dilihat orang.

2. Brosur
Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target.

0 komentar:

Posting Komentar