Senin, 10 Februari 2020

MATEMATIKA DAN TEMATIK

MUATAN MATEMATIKA
LATIHAN SOAL GABUNGAN BANGUN RUANG



Jawablah pertanyaaan  berikut ini dengan benar !

1.  Sebuah bangun terdiri dari sebuah balok dan kubus yang berhimpitan seperti gambar di bawah. Hitunglah luas permukaan bangun tersebut ….. 

 

2.Hituglah volume gabungan bangun     ruang di bawah ini
                   

              


3.   Volume bangun gabungan di bawah adalah . . . .
                                         
      
4.
       

       Hitunglah volume gabungan bangun ruang di atas !

5.        Sebuah bangun terdiri atas balok dan setengah tabung. Hitunglah volume bangun  ruang di  bawah ini  ! 




MUATAN IPS
HUBUNGAN KONDISI GEOGARFIS DENGAN KEADAAN SOSIAL DAN BUDAYA NEGARA THAILAND

 A. KONDISI GEOGARFIS DENGAN KEADAAN SOSIAL
Luas negara Thailand adalah 513.120 km2. Populasi penduduk yang ada di negara Thailand adalah sekitar 67.741.401 jiwa. Negara Thailand memiliki batas-batas negara secara politis sebagai berikut.
 
image
Timur         : Negara Laos dan Kamboja
Barat        : Negara Myanmar dan Laut Andaman
Utara         : Negara Laos dan Myanmar
Selatan     : Negara Malaysia dan Teluk Siam
Negara Thailand merupakan satu satunya Negara yang ada di asia tenggara yang tidak dijajah oleh bangsa eropa Thailand memiliki sistem pemerintahan monarki konstitusional, sebuah sistem pemerintahan sejenis monarki yang didirikan di bawah sistem konstitusional dengan mengakui Raja, Ratu, atau Kaisar sebagai kepala negara.
Thailand/Muangthai artinya tanah merdeka. Thailand merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah. Beriklim tropis yang hangat dan basah. Dataran rendah di bagian tengah merupakan wilayah paling subur yang dialiri sungai Chao Phraya. Kegiatan ekonomi penduduk yang utama adalah sektor pertanian, karena tanahnya yang subur. Daerah pantai di Pattaya merupakan salah satu tempat obyek wisata terkenal dari Thailand.
Chao Phraya adalah sungai utama di Thailand, dengan dataran aluvialnya yang rendah membentuk pusat negara. Sungai ini mengalir melalui Bangkok, ibukota Thailand, dan kemudian ke Teluk Thailand. Nama sungai ini dalam bahasa Thai berarti “Sungai Para Raja”. Sungai ini mengalir sepanjang 372 km dan memiliki luas daerah alrian sungai sekitar 160,400 km2. Wilayah sungai ini disebut “The East Venesia” atau “Venesia dari Timur”, karena banyaknya kanal, sampan dan pemukiman rumah di atas sungai ini, mirip seperti kota Venesia di Italia. 
Tanah di daerah aliran Sungai Chao Phraya sangat subur karena adanya endapan aluvial yang dibawa secara terus menerus oleh aliran sungai ini. Ini membuat daerah ini menjadi pusat pertanian padi di Thailand. Ini juga membuat lembah sungai ini menjadi sangat padat penduduk. Dengan ditambah curan hujan tinggi dari angin muson Tropis, menjadikan pertanian padi di Thailand berkembang pesat. Per tahun, Thailand mengekspor sekitar 11 juta ton beras. Ini menjadikan Thailand sebagai lumbung padi Asia Tenggara.

B. KONDISI GEOGRAFIS DENGAN KEADAAN BUDAYA MASYARAKAT
keadaan geografis Thailand menyebabkan ragam kebudayaan di Thailand. Ragam kebudayaan tersebut antara lain :
1. Tari Tradisional
a. Tari serng kratip khoa
b. Tari lilin bunga
 image
c. Tari fon poothai
2. Pakaian tradisional khas thailand bernama chut thai
 Hasil gambar untuk CHUT THAI DARI THAILAND
3. Alat musik tradisional adalah kruang don tri thai
gamelan-thailand_20161028_195223.jpg 

MUATAN BAHASA INDONESIA
MENYAJIKAN INFORMASI DALAM BENTUK PETA PIKIRAN
Mind Map (Peta Pikiran) dapat diartikan sebagai suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas atau informasi lainnya dalam bentuk diagram radial-hierarkis non-linier. Mind Map pada umumnya menyajikan informasi yang terhubung dengan topik sentral, dalam bentuk kata kunci, gambar (simbol), dan warna sehingga suatu informasi dapat dipelajari dan diingat secara cepat dan efisien.
Saat kita sedang membaca dan menemukan kata kata sulit, maka kita harus menggaris bawahi kata tersebut kemudian mencari tahu maknanya, kemudian kita dapat menyajikannya dalam bentuk peta pikiran.
Hasil gambar untuk MENYAJIKAN INFORMASI DALAM BENTUK PETA PIKIRAN

MUATAN PPKN
KEWAJIBAN MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita serta mempengaruhi perkembangan kehidupan baik secara langsung maupun tidak. Hubungan manusia dan lingkungan sangat erat, karena apabila lingkungan bersih maka kehidupan terasa nyaman, namun sebaliknya jika lingkungan tersebut kotor/kumuh, pasti hidup kurang asri. 
Menjaga kebersihan merupakan tanggung jawab bersama,yang merupakan wujud tanggung jawab kita sebagai warga negara.
Beberapa kewajiban kita untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah:
1. Memelihara kebersihan lingkungan. Kewajiban kita terhadap lingkungan dengan menjaga kebersihan sekitar, contoh; tidak membuang sampah sembarangan.
2. Melakukan reboisasi bagi hutan gundul. Sudah menjadi kewajiban warga negara dalam melestarikan lingkungan apalagi Indonesia merupakan paru-paru dunia dimana hutan harus terjaga dengan baik.
3. Menggunakan sumber daya alam secara tidak berlebihan.
4. Menghemat bahan bakar dan listrik.
5. Menggunakan Jenis kendaraan yang ramah lingkungan.
6. Melakukan pembibitan tanaman maupun tumbuhan jenis unggul

MUATAN IPS
PENGARUH KONDISI GEOGRAFIS DENGAN KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA NEGARA SINGAPURA DAN INDONESIA

A. KEADAAN SOSIAL BUDAYA NEGARA SINGAPURA 
Kondisi geografis Singapura yang terletak di dekat jalur perdagangan internasional di Selat Malaka menyebabkan banyaknya pengaruh budaya China dan India, selain dari budaya Melayu asli negara ini.
Singapura adalah negara kota kecil di Asia Tenggara, yang terletak di lepas pantai ujung Semenanjung Malaya antara Malaysia dan Indonesia. Selat Johor memisahkan negara  bagian Johor, Malaysia di utara dengan Singapura, sementara selat Singapura memisahkan negara ini dengan pulau Batam dan Bintan di Kepulauan Riau, Indonesia.  
Lokasi Singapura sangat strategis, terletak di Selat Singapura dan dekat Selat Malaka. Lokasi ini adalah jalur utama yang menghubungkan Asia Timur dengan India, Timur Tengah, Eropa.
Dengan ini Singapura menjadi pusat perdagangan di Asia Tenggara. Karena itu, banyak pekerja dan pedagang dari China dan India yang datang ke Singapura sejak kota ini dibangun oleh Inggris pada tahun 1800an. Ini adanya membuat keragaman budaya di kota ini.
Penduduk Singapura sebagian besar keturunan China, dan bahasa China seperti bahasa Mandarin, Hokkien dan Hakka banyak digunakan oleh penduduk setempat. Selain itu budaya China juga sangat kuat.  
Setelah orang China, kelompok berikutnya yang banyak datang ke Singapura adalah orang India, terutama dari suku bangsa Tamil dari India selatan.
Selain para pendatang, budaya Melayu asli Singapura juga masih ada di negara ini. Budaya Melayu  di negara ini mirip dengan budaya di Malaysia dan Sumatera, Indonesia.
Keragaman budaya ini terlihat dari berbagai perayaan seperti Tahun Baru Imlek, perayaan agama Hindu Thaipussam dan perayaan Idul Fitri.
  
                                       Hasil gambar untuk gambar singapura


 B. KEADAAN SOSIAL BUDAYA NEGARA INDONESIA

Indonesia sebagai negara kepulauan dihuni oleh beragam penduduk dengan ciri khas dan budaya masing-masing. Kondisi ini menciptakan keragaman dalam kehidupan sosial dan budaya bangsa. Aspek sosial dan budaya terbentuk dari faktor interaksi manusia dengan lingkungan eksternalnya.
Sebagai bangsa yang besar, Indonesia memiliki budaya atau kearifan lokal (local genius) yang tidak dipengaruhi oleh budaya asing. Faktor budaya lokal indonesia sendiri dipengaruhi oleh :
a) Faktor agama,
b) Interaksi bermasyarakat, dan
c) Kerakyatan.

Akibat adanya interaksi dengan faktor eksternal, maka timbul beberapa hal yang mendorong keberagaman kebudayaan suku-suku bangsa di Indonesia, antara lain :
1. Letak Geografis
Letak Indonesia sebagai negara kepulauan turut mempengaruhi corak hidup penduduk. Letak geografis disebut mempengaruhi sosial budaya penduduk Indonesia karena :
a. Terdiri atas ribuan pulau.
b. Berada di jalur lintas internasional yang memudahkan masuknya budaya asing.
c. Potensi dan perkembangan tiap daerah berbeda-beda.
d. Latar sejarah yang berbeda di masing-masing daerah.
Perbedaan yang dialami memunculkan adaptasi dari manusia sehingga melahirkan ragam adat-istiadat dengan keunikan atau kekhasan tersendiri.
2. Asal-Usul
Sebagai negara yang terletak di jalur silang perlintasan dunia, Indonesia adalah daerah baru yang mudah dipengaruhi oleh budaya asing yang berasal dari keberadaan para pedagang masa lampau atau dari kebudayaan penduduk yang bermigrasi ke Indonesia. Tercatat dua migrasi dari dua ras yang berbeda masuk ke Indonesia. Pertama, adalah bangsa Proto Melayu pada 2000 SM yang masuk ke Indonesia dengan membawa kebudayaan Neolithikum. Kedua, adalah bangsa Deutro Melayu dengan membawa kebudayaan logam (perunggu).
Dengan migrasi tersebut, maka terbentuklah tiga suku bangsa induk di Indonesia, yaitu :
• Bangsa Melanesia atau Papua Melanesoid.
• Bangsa Melayu Tua atau Proto Melayu.
• Bangsa Melayu Muda atau Deutro Melayu.
3. Kebudayaan
Kebudayaan dari masing-masing penduduk dalam suatu daerah turut memberikan warna bagi identitas penduduk tersebut. Pertumbuhan kebudayaan yang tidak sama juga memberikan pengaruh pada keberagaman itu sendiri. Beberapa faktor yang mempengaruhi keragaman budaya, antara lain, bahasa, teknologi, mata pencaharian, organisasi sosial, pengetahuan, agama, dan kesenian.

Dampak umum yang timbul dari keberagaman kondisi sosial dan budaya di Indonesia, di antaranya :
1. Terbentuknya sistem pemerintahan demokratis untuk mengakomodasi seluruh kepentingan masyarakat dan semua kondisi sosial budaya yang beragam atau majemuk sehingga setiap individu memperoleh persamaan.
2. Terkadang timbul kesenjangan di masyarakat karena kondisi pembangunan yang masih belum merata saat ini.
3. Kesulitan untuk menyelaraskan kebudayaan daerah dengan kebudayaan nasional karena banyaknya nilai-nilai budaya yang perlu dipertimbangkan sebelum dilakukan penyeragaman.

Berbeda dengan kondisi di masa penjajahan yang melakukan diskriminasi terhadap kondisi sosial dan budaya tertentu dari masyarakat lokal, saat ini pemerintah dituntut untuk memberikan perhatian yang sama kepada tiap individu serta tidak menciptakan lapisan-lapisan dalam masyarakat. Cita-cita dimaksud juga seiring dengan untaian kalimat yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945




Indonesian Culture.jpg

MUATAN BAHASA INDONESIA
MENULISKAN KESIMPULAN DARI TEKS 

Kesimpulan merupakan pendapat akhir dari sebuah teks atau paragraf.  kesimpulan ini bertujuan agar pembaca dapat mengetahui hasil dari sebuah penelitian, gagasan atau pun wacana.  

Cara membuat kesimpulan, langkahnya yaitu :
1.    Membaca keseluruhan teks
2. Temukan ide pokok dalam sebuah paragraf tersebut.
3.  Buatlah kesimpulan dari gagasan utama yang ditemukan
contoh paragraf
Sapi Ongole merupakan sapi hasil persilangan antara sapi jawa dan sapi india. Sapi ongole memiliki warna kulit putih dan terdapat punuk dipunggungnya. selain dapat digunakan sebagai sapi pekerja sapi ongole juga sangat baik digunakan untuk peternakan yang dimanfaatkan dagingnya. hal tersebut dikarenakan proporsi daging pada sapi ongole sangatlah baik.
kesimpulan: Sapi ongole memiliki proporsi daging yang sangat baik.
Kesimpulan juga terdapat dalam suatu tulisan karya ilmiah. kesimpulan dalam karya ilmiah berisi tentang jawaban dari rumusan masalah. Contoh kesimpulan dalam karya ilmiah
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa Sapi Ongole memiliki tingkat produktivitas daging yang sangat tinggi.

MUATAN PPKN
HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA UNTUK HIDUP LAYAK

Sebagai Warga Negara Indonesia kita tentu saja memiliki hak dan kewajiban sebagai warga negara. Namun apakah kita semua tahu apa saja yang layak kita peroleh dan apa yang harus kita lakukan sebagai warga negara? Sebagai landasan konstitusional dan sumber dari undang-undang yang berlaku di Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945 memuat hak-hak dan kewajiban-kewajiaban dasar kita sebagai warga negara. 
Pasal 27 ayat 2 UUD 1945  yang berbunyi " tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dn penghidupan yang layak bagi kemanusiaan "
Isi pasal tersebut bermakna hak warga negara untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Setiap warga negara berhak untuk hidup secara layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut. Hak warga negara untuk mendapatkan pekerjaan. Warga negara berhak untuk mendapatkan pekerjaan guna memenuhi kebutuhannya. Secara spesifik, syarat tentang pekerjaan ini diatur dalam undang-undang tenaga kerja.



0 komentar:

Posting Komentar