Rabu, 05 Februari 2020

MATEMATIKA DAN TEMATIK

MUATAN MATEMATIKA
GABUNGAN BANGUN RUANG

Contoh :
1.Sebuah bangun terdiri dari sebuah balok dan kubus yang berhimpitan seperti gambar di bawah. 

Hitunglah luas permukaan bangun itu adalah....
a. 1.746 cm²
b. 1.884 cm²
c. 1.890 cm²
d. 2.034 cm²

Pembahasan : 


Perhatikan bahwa terdapat bidang himpit berbentuk persegi dengan panjang sisi 12 cm
Luas bangun I = (2 x p x l) + (2 x p x t) + (2 x l x t)
                    = (2 x 15 x 12) + (2 x 15 x 15) + (2 x 12 x 15)
                    = 360 + 450 + 360
                    = 1.170 cm²
Luas bangun II = 6 x s x s
                     = 6 x 12 x 12
                     = 864 cm²
Luas bidang himpit = 12 x 12
                         = 144 cm²


Luas bangun gabungan 
= Luas bangun I + Luas bangun II - 2 x luas bidang himpit
= 1.170 cm² + 864 cm² - 2 x 144 cm²
= 2.034 - 288
1.746 cm²


2. Perhatikan gambar di bawah!





Contoh Soal Volume Bangun Ruang Gabungan

Volume bangun ruang di atas adalah …. \left( \pi = \frac{22}{7} \right)
A.       5.880 cm3
B.       4.340 cm3
C.       2.800 cm3
D.       1.540 cm3
Pembahasan:
Perhatikan kembali gambar bangun yang diberikan. Bangun tersebut merupakan gabungan dua buah bangun, yaitu balok dan setengah tabung. Ukuran panjang, lebar, dan tinggi balok berturut – turut adalah p = 20, l = 14, dan t = 10.
Sedangkan ukuran diameter sama dengan lebar balok dan tinggi tabung sama dengan panjang balok. Berturut – turut ukuran diameter dan tinggi tabung adalah d = 14 cm (r = 7 cm) dan t = 20 cm.





Pembahasan Soal Volume Bangun Ruang Gabungan

Volume Balok:
  \[ V_{balok} = p \times l \times t \]
  \[ V_{balok} = 20 \times 14 \times 10 \]
  \[ V_{balok} = 2.800 \; \textrm{cm}^{3} \]
Volume Setengah Tabung:
  \[ V_{\frac{1}{2} tabung} = \frac{1}{2} \times \pi \cdot r^{2} \cdot t_{tabung} \]
  \[ V_{\frac{1}{2} tabung} = \frac{1}{2} \times \frac{22}{7} \times 7^{2} \cdot 20 \]
  \[ V_{\frac{1}{2} tabung} = \frac{1}{2} \times \frac{22}{7} \times 49 \cdot 20 \]
  \[ V_{\frac{1}{2} tabung} = 1.540 \; \textrm{cm}^{3} \]
Jadi, volume bangun yang diberikan pada soal adalah 2.800 cm3 + 1.540 cm3 = 4.340 cm3
Jawaban: B
3.
4.
 
MUATAN BAHASA INDONESIA
MEMPERKIRAKAN ISI TEKS BERDASARKAN JUDUL TEKS NONFIKSI

Teks nonfiksi adalah teks yang berisi informasi berdasarkan fakta atau kenyataan. Teks nonfiksi dapat dijumpai dalam artikel surat kabar atau majalah. Contoh teks nonfiksi antara lain karangan eksposisi, argumentasi, fungsional, dan opini; esai mengenai seni atau sastra; biografi; memoar; jurnalisme; serta tulisan-tulisan sejarah, ilmiah, teknis (termasuk elektronika), atau ekonomi
Sebuah teks dapat dicari dengan mengidentifikasi kata kunci pada judul teks, setelah menemukan kata kunci, kita dapat memperkirakan isi teksnya.

MUATAN IPS 
KARAKTERISTIK GEOGRAFIS NEGARA THAILAND

Letak Astronomis dan Kondisi Geografis Thailand


Thailand merupakan sebuah negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Negara ini merupakan negara tetangga Indonesia karena masih dalam satu kawasan regional. Thailand merupakan negara yang terkenal dengan Negeri Gajah Putih. Selain negeri Gajah Putih, negara Thailand juga memiliki julukan Negara Seribu Pagoda dan juga Rumah Rakyat Merdeka. Ada alasan mengapa Thailand mendapat julukan demikian, yaitu karena di negara ini gajah merupakan binatang suci, selain itu karena terdapat banyak pagoda di negara ini yang merupakan tempat peribadatan umat Buddha, dan Thailand adalah negara yang belum pernah dijajah oleh Bangsa Eropa. Negara ini merupakan negara yang maju dalam sektor industri dan juga pariwisata. Negara ini juga merupakan salah satu negara yang berpengaruh di Asia Tenggara.
Banyak keistimewaan yang dimiliki oleh negara Thailand yang mungkin belum banyak kita ketahui. Negara Thailand adalah negara yang berada di wilayah Asia Tenggara, maka dari itulah sekiranya penting bagi kita untuk mengetahui beberapa informasi mengenai negara Thailand. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai karakteristik yang dimiliki oleh negara Thailand.
Karakteristik Negara Thailand
Negara Thailand merupakan negara  yang istimewa. Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh negara Thailand adalah negara ini belum pernah dijajah oleh bangsa Eropa dan ini merupakan satu- satunya di Asia Tenggara. Negara Thailand memiliki banyak karakteristik yang tidak dimiliki oleh negara lain. Beberapa, karakteristik yang dimiliki oleh negara Thailand antara lain sebagai berikut:
  1. 1.Banyak bentang alam berbentuk pegunungan dan perbukitan
Bentang alam negara Thailand bermacam- macam. Ada bentang alam yang berupa dataran tinggi, ada yang berupa dataran rendah maupun pegunungan. Mayoritas kenampakan atau bentang alam di wilayah Thailand berupa dataran tinggi atau pegunungan. Dibagian tengah negara ini berupa dataran rendah yang dialiri oleh Sungai Chao Praya. Daerah tengah ini merupakan daerah yang paling subur di Thailand dan merupakan lumbung padi di negara ini. Dibagian utara dan barat negara ini berupa pegunungan dan puncak tertinggi adalah di Gunung Dai Inthanon yaitu kira- kira setinggi 2.594 m. Di bagian timur negara ini berupa pegunungan kapur. Di Pegunungan kapur ini terdapat Plato Korat yang luasnya mencakup lebih dari seperempat luas daratan dan di wilayah ini pula mengalir aliran anak Sungai Mekong.
  1. 2.Mata pencaharian penduduk di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, industri dan pariwisata
Sama seperti negara agraris lainnya, negara Thailand merupakan negara yang unggul dalam bidang pertanian. Hasil pertanian unggulan di negara ini adalah padi. Thailand ini merupakan negara lumbung padi terbesar di Asia Tenggara. Selain hasil pertanian, hasil hutan negara ini berupa kayu jati. Di bidang pertambangan, negara ini menghasilkan timah dan juga mangan. Di bidang industri, Thailand unggul dalam produk semen, tekstil, dan juga barang- barang elektronik. Selain itu ada yang lain yang unggul dari negara ini, yaitu unggul dalam bidang pariwisata. Kota yang menjadi kiblat pariwisata di negara ini adalah Bangkok, Chiang Mai dan juga Pattaya.
  1. 3.Terdiri atas berbagai suku
Sama seperti negara-negara lainnya di Asia Tenggara, bahwa di negara ini tidak hanya didiami oleh satu suku saja, namun banyak suku. Berbagai suku bangsa di Thailand ini hidup berdampingan. Mayoritas suku yang menempati negara Tahiland adalah suku Thai. Maka dari itulah negara ini juga dikenal dengan sbeutan Muangthai. Selain susku Thai, suku lainnya yang menempati wilayah negara ini adalah suku Cina, India adan juga Melayu.
4.Agama  mayoritasa adalah agama Budha
Berbeda- beda suku yang tinggal bersama, menyebabkan agama yang dianut setiap orangnya pun berbeda- beda. Seperti halnya Indonesia yang mengakui 5 agama yang sah, di Thailand pun ada beberapa negara yang diakui sah dianut oleh masyarakat Thailand. Agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Thailand adalah Budha. Budha adalah agama yang paling banyak dianut, maka dari itulah banyak pagoda- pagoda berdiri sebagai tempat ibadah umat Budha, sehaingga pada akhirnya negara ini diberi julukan sebagai negara seribu pagoda.
  1. 5.Belum pernah dijajah bangsa lain
Ciri yang paling menonjol  yang dimiliki oleh Thailand adalah negara ini belum pernah mengalami penjajahan oleh negara lain sebelumnya, terutama oleh bangsa Eropa. Sehingga dapat dikatakan negara ini sangat merdeka, sehingga negara ini dijuluki sebagai Rumah Rakyat Merdeka.
Nah itulah beberapa karakteristik atau informasi yang menonjol dari negara Thailand. Karakteristik tersebut mungkin saja ada yang mirip dengan negara lain, namun secara keseluruhan tidak dimiliki oleh negara lain. Semoga melalui apa yang telah kami sampaikan di atas, bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang negara Thailand dan memberikan manfaat untuk kita semua.
MUATAN PPKN
HAK DAN KEWAJIBAN DALAM MENJAGA KEBERSIHAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN
Hak adalah segala sesuatu yang mutlak menjadi milik kita atau mutlak kita peroleh sebagai warga Negara. Sedangkan pengertian kewajibana adalah segala sesuatu yang harus kita lakukan atau menjadi tugas kita dengan penuh tanggung jawab.
Sebagai warga Negara kita harus seimbang dalam menjalani hak dan kewajiban kita dengan penuh tanggung jawab agar tercipta keseimbang hidup yang baik.
Maka dari pengertian di atas dapat diperoleh hak kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai berikut terhadap lingkungan kita:
Hak yang harus kita peroleh terhadap lingkungan kita
Menurut UU no 23 tahun 11197
1 hak yang sama atas lingkungan hidup yang baik dan sehat
2 mempunyai hak atas informasi lingkungan hidup yang berkaitan dengan peran dalam pengelolaan lingkungan hidup
3 Setiap orang mempunyai hak untuk berperan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku.
Maka aplikasinya adalah sebgai berikut hak kita :
1. Mendapatkan udara yang segar
2. Mendapatkan pasokan air bersih yang cukup dan listrik yang cukup
3. Bebas dari pencemaran lingkungan seperti limbah dan polusi udara
4. Berhak atas tanaman / lingkungan kota yang asri
5. Berhak atas lahan untuk pembangunan sarana dan prasarana lingkungan kota dengan informasi yang lengkap
Kewajiban nya menurut Pasal 6 menyebutkan tentang kewajiban terhadap lingkungan :
(1) Setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan.
(2) Setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan berkewajiban memberikan informasi yang benar dan akurat mengenai pengelolaan lingkungan hidup.
Untuk aplikasi kewajiban nya:
1 membersihakn lingkungan sekitar tempat kita tinggal agar terciptanya lingkungan yang nyaman, bersih, asri dan indah
2 menggunakan energy alternative yang ramah lingkungan untuk mencegah habisnya sumber daya yang langka
3 mengelola sampah dengan baik agar tidak terjadi krisis global
4 mengusahakan keindahan taman kota dan lingkungan
5 menggunakan tekonologi yang ramah lingkungan
MUATAN BAHASA INDONESIA
MEMBANDINGKAN PERKIRAAN INFORMASI SEBELUM DAN SESUDAH MEMBACA TEKS
Informasi yang akan kita dapatkan dapat kita perkirakan sebelum membaca keseluruhan teks. Perkiraan informasi tersebut kita dapatkan dengan mencermati judul teks yang akan diberikan. Setelah membaca keseluruhan isi teks, kita akan mendapatkan informasi sebenarnya yang disampaikan pada teks.dengan demikian, kita dapat membandingkan persamaan dan perbedaan informasi apa yang kita dapatkan sebelum dan sesudah membaca teks.
Contoh :
Teks berjudul "Kawasan Asia Tenggara" Perkiraan informasi tersebut sebelum dan sesudah membaca teks
Perkiraan informasi penting sebelum membaca teks bacaan
  1. Tentang negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
  2. Tentang kondisi negara di kawasan Asia Tenggara, baik kondisi geografis (posisi/letak), maupun demografis (keadaan penduduk)
  3. Hubungan antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara
  4. Sejarah negara-negara yang ada di Asia Tenggara
Informasi penting yang didapatkan setelah membaca teks bacaan
  1. Letak Asia Tenggara berdasarkan garis astronomis dan geologis
  2. Tentang kondisi negara di kawasan Asia Tenggara secara geografis
  3. Persamaan antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara secara geografis
  4. Akibat letak geografis terhadap cuaca dan kesuburan tanah negara-negara di kawasan Asia Tenggara
Hasil perbandingan :
Ada beberapa persamaan dan perbedaan perkiraan informasi penting sebelum membaca teks bacaan dengan informasi yang didapatkan setelah membaca teks bacaan. Beberapa persamaan itu antara lain tentang kondisi negara-negara di kawasan Asia Tenggara secara geografis (posisi/letak), Sedangkan perbedaannya antara lain adalah letak Asia Tenggara juga dibahas secara astonomis, sedang perkiraan sebelum membaca adalah secara demografis (keadaan penduduk), perbedaan lainnya adalah akibat letak geografis terhadap cuaca dan kesuburan tanah. Perkiraan informasi sebelum membaca lebih bersifat umum, sedang informasi yang didapat setelah membaca tentang kawasan Asia Tenggara adalah lebih bersifat spesifik (khusus)

MUATAN PPKN
HAK DAN KEWAJIBAN PELAJAR SEBAGAI BAGIAN DARI WNI

Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban termasuk juga anak, dan sebagai pelajar juga. Hak adalah segala sesuatu yang harus diterima. Sementara itu, kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan menurut aturan yang berlaku. Kewajiban dan hak harus dilaksanakan dengan seimbang agar tidak terjadi ketimpangan. Hak diperoleh setelah melaksanakan kewajiban. Berikut adalah hak dan kewajiban siswa di sekolah.

Kewajiban Murid disekolah antaranya adalah:
  1. Siswa harus taat kepada Guru dan Kepala Sekolah.
  2. Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
  3. Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, perabotan yang ada disekolah.
  4. Membantu kelancaran pelajaran dikelas.
  5. Ikut menjaga nama baik sekolah, guru maupun pelajar lainnya baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
  6. Menghormati guru dan saling menghargai antar sesama murid.
  7. Melengkapi diri dengan keperluan sekolah.
  8. Murid yang membawa kendaraan harus meletakkan kendaraannya ditempat yang sudah ditentukan.
  9. Ikut membantu agar tata tertib sekolah dapat berjalan dengan lancar.
  10. Memakai pakaian seragam sekolah sesuai dengan hari yang telah ditentukan.
  11. Murid berkewajiban untuk mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang diselenggarakan.
  12. Memberikan keterangan Sakit,Izin atau Alpa dari orangtua bahwa Anda berhalangan untuk sekolah.
  13. Murid-murid wajib mengikuti pelajaran dan ulangan disekolah.
Hak Siswa di Sekolah :
  1. Berhak mendapat perlakuan adil (nilai) dari guru dan perlindungan.
  2. Berhak mendapat bimbingan dari guru dan pendidikan.
  3. Berhak meminjam buku di perpustakaan.
  4. Berhak mempunyai banyak teman.
  5. Berhak menggunakan fasilitas yg ada disekolah

MUATAN IPS
KERJASAMA ASEAN DALAM BIDANG EKONOMI DAN POLITIK
Asean adalah bentuk organisasi atau asosiasi pada negara-negara di Asia Tenggara sehingga dapat didirikan dalam berbagai bentuk kerjasama yang kuat dalam persatuan pada lima negara.
Indonesia adalah salah satu bagian dari organisasi ASEAN dengan meliputi dari berbagai membangun antar internasional dan organisasi internasional dengan negara-negara di kawasan Asia.
Dalam membangun kerja sama dapat bermanfaat di negara-negara dengan anggota atas dasar dan tujuan-tujuan yang tertentu sehingga dalam kerja sama ini dapat ditujukan dan memberikan contoh kepada negara-negara yang lainnya.
Tujuan dan fungsi ASEAN banyak sekalai memiliki posisi dan masing-masing dapat memperkuat kerja sama dengan Negara-negara dan dapat berperan penting dalam asosiasi kemajuan.

Sistem Kerja Sama Asean Bidang Ekonomi

Perlu diketahui ,ASEAN didirikan dalam bidang ekonomi yang terjalin diantara negara-negara sudah berjalan dengan baik dalam bentuk yang sangat erat.
Berikut bentuk-bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Pembukaan pusat promosi ASEAN

Hal ini merupakan salah satu kerja sama yangdapat terhubung dengan hal-hal yang sangat menarik dengan apa yang sedang dipromosikan sehingga ASEAN dikenal sebagai Bangsa-Bangsa dengan penegasan secara eksternal.
Kegiatan promosi dapat dilakukan oleh ASEAN yang meliputi sektor ritel, pariwisata dan investasi sebagai pusat dukungan yang berlangsung di Jepang dan di negara yang berkembang dalam sektor. supaya dapat meningkatka negara-negara dalam bentuk bidang perekonomian.

2. Penyediaan Cadangan Pangan

Dalam hal ini beberapa peranan anggota ASEAN dalam penyediaan bahan cadangan makanan untuk negara-negara dengan kerja sama yang sangat erat dan efektif.
sehingga kerja sama dapat saling menguntungkan dalam keadaan darurat dan akan mengalami krisis pangan diakibatkan bencana pada negara lain, sehingga bahan cadangan akan mudah di dapat.

3. Penyelanggaraan Proyek Industri

Menjalin kerja sama ekonomi dengan negara-negara ASEAN telah erata dan dirintis secara bersama-sama sehingga dapat memperluas kerja sama mereka di sektor industri.
Sektor industri telah dibentuk oleh negara-negara dengan kemajuan angtar semua bangasa dalam proyek industri dan akan dilakukan bersama dengan negara-negara anggota ASEAN.
Beberapa peranan proyek industri adalah :
  • Proyek Pupuk Aceh ASEAN, dalam pabrikyang ada di Indonesia.
  • ASEAN Urea Project
  • Proyek Fabrikasi dalam bentuk Tembaga
  • Proyek Vaksin yang memproduksi
  • Proyek Batu Garam

4. Kawasan Perdagangan Bebas

Kawasan Perdagangan Bebas adalah salah satu bentuk antar kerjasama ASEAN dengan melakukan perdagangan yang bebashal ini merupakan sebuah perjanjiandalam bentuk ekonomi antara negara-negara.
Perjanjian ini dapat mengelola sektor manufaktur di semua negara dan akan dikatakan untuk meningkatkan daya saing investasi langsung dari pihak negara-negara ASEAN.

4. Koperasi ASEAN


Organisasi Koperasi adalahsalah satu bentuk kerjasama antara negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi sehingga hal ini akan terjaga kerja sama dalam organisasi berkomitmen pada koperasi.

Dalam hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan negara-negara yang dapat mengatur sebagai gerakan koperasi dengan mendukung perekonomian di Asia Tenggara.

5. Penetapan tarif khusus pada perdagangan sesama anggota ASEAN

6. Mengembangkan bidang pariwisata, perkebunan, perikanan di kawasan ASEAN

7. Pendirian proyek industri
8. Mendorong investor
Berikut bentuk kerja sama ASEAN dalam bidang politik adalah:

1. Pertemuan Menteri

Pertemuan Menteri adalah bentuk kerja sama dalam bidang dengan kebijakan negara-negara atas dasar dari pertemuan yang rutin para menteri keamanan di negara-negara pertahanan dan keamanan ASEAN.

2. Mengirim duta besar

Dalam hal ini adalah salah satu hubungan internasional yang perlu mengirim duta besar sebagai perwakilan negara-negara di negara-negara ASEAN.
Negara mendiskusikan dan mengimplementasikan dalam stabilitas politik di ASEAN sehingga dapat dengan rutin melakukan tugas dan peran mereka.

3. Perjanjian ekstradisi

Perjanjian ekstradisi adalah salah satu bentuk bentuk kerja sama politik dalam menangani dari sebuah negara-negara ASEAN denan tinjauan yang memungkinkan untuk mengembalikan stabilitas politik .

4. Perjanjian Zona Bebas

Dalam hal ini adalah salah satu bentuk kerja sama antara negara-negara ASEAN denan senjata nuklir di negara-negara ASEAN sehingga terdapat perjanjian secara tegas.

5. Kesepakatan pada perdamaian


Dalam hal ini maka perjanjian regional dalam kolaborasi negara-negara di ASEAN untuk menjaga keraja sama dengan kedamaian dari masing-masing negara

Maka akan terbentuk kerja sama yang baik dari berbagai hal untuk melakukan sesuatu dengan bebas agar tidak terjadi konflik di negara-negara ASEAN.

0 komentar:

Posting Komentar