Kamis, 09 Januari 2020

TEMATIK

TEMA 6 : MENUJU MASYARAKAT SEHAT
SUB TEMA2 : MEMBANGUN MASYARAKAT SEJAHTERA


MUATAN BAHASA INDONESIA
MENENTUKAN KALIMAT UTAMA DALAM TEKS NONFIKSI

Teks nonfiksi adalah teks yang berisi fakta atau hal yang benar- benar terjadi.
Contoh : berita, artikel, jurnal
Setiap paragraf memiliki kalimat utama.
Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang diperjelas oleh kalimat-kalimat lain dalam suatu paragraf. Dengan kata lain, kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama. Kalimat penjelas adalah kalimat yang memperjelas, menguraikan, atau berupa rincian-rincian tentang kalimat utama. Dengan kata lain, kalimat penjelas adalah kalimat yang berisi gagasan penjelas.
Kalimat utama bisa terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, di awal dan akhir paragraf, atau di awal sampai akhir paragraf. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran
Kita dapat mengetahui isi dari teks dengan menentukan kalimat utamanya, setelah itu kita dapat mencatat informasi penting yang ada dalam teks.

MUATAN PPKN
HAK SEBAGAI WNI
Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain tanpa terkecuali. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari.
Hak adalah sesuatu yang patut atau layak diterima. Sedangkan kewajiban adalah suatu beban atau tanggungan yang bersifat kontraktual. Dengan kata lain kewajiban adalah sesuatu yang sepatutnya diberikan.
Contoh Hak Warga Negara Indonesia:
1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum.
2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan.
4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai.
Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran.
6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh.
7.Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku.
MUATAN IPS 
CINTA TANAH AIR
Cinta tanah air adalah ungkapan perasaan atau perbuatan rasa kagum dan bangga akan tanah air ini (bangsa kita) yang menimbulkan keinginan untuk melindungi, menjaga, merawat dan membela yang dapat merusak kesatuan NKRI, juga di sisi lain rela berkorban, serta berbuat segala hal demi kebaikan dan kemajuan bangsa ini.

Contoh sikap sikap tanah air:
1. Mengikuti siskamling demi terciptanya keamaan di lingkungan sekitar dan menhikuti gotong royong demi kerukunan antar tetangga dan memiliki rasa kepedulian akan lingkungan sekitar
2. Menjaga keharuman nama baik bangsa Indonesia dimanapun berada ( jika di luar pun bersikap baik dan sopan yang mencerminkan sikap bangsa Indonesia yang ramah tamah dan ikut berpartisipasi dalam ajang kebudayaan Indonesia yang diselenggarakan di luar baik saat sekolah maupun bekerja disana.)
3. Menggunakan hak pilih saat pemilu dan tidak golput demi menyuarakan hak suara dan tidak bersikap acuh tak acuh akan pemerintahan bangsa
4. Menjaga kerukunan antar umat Bergama, karena Indonesia terdiri dari beberapa agama resmi yang diakui pemerintah maka menjaga kerukunan adalah sangat penting ketika bermasayarat salah satunya adalah saling bersilahturahmi saat acara besar keagamaan dan ikut menjaga kelancaran ibadah antar umat beragama.
5. Mempelajari budaya daerah lain dengan penuh semangat
6. Saling menghargai dan menghormati antarwarga masyarakat
7. Mengutamakan kepntingan bersama daripada kepentingan sendiri

MUATAN BAHASA INDONESIA
MENENTUKAN KALIMAT UTAMA DALAM TEKS NONFIKSI


Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama. Kalimat penjelas adalah kalimat yang memperjelas, menguraikan, atau berupa rincian-rincian tentang kalimat utama. Dengan kata lain, kalimat penjelas adalah kalimat yang berisi gagasan penjelas. Berdasarkan kalimat utama kita dapat memperoleh informasi yang terdapat pada paragraf
Kalimat utama bisa terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, di awal dan akhir paragraf, atau di awal sampai akhir paragraf. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran

MUATAN SBDP
TARI TUNGGAL
Tari tunggal Adalah kesenian dalam bentuk tarian yang diperagakan oleh satu orang penari. Dalam jenis tarian ini para penari biasanya berperan menggambarkan atau menyampaikan karakter seseorang atau makhluk hidup lain seperti binatang. Selain dikenal dengan tari tunggul kesenian yang memperlihatkan kebolehan seseorang dalam menggerakkan anggota badan ini juga kerap disebut dengan tarian solo yang berarti sebuah tari yang dimainkan oleh satu penari.

Namun jangan salah, tidak semua jenis tari tunggal dimainkan dan dipertunjukkan oleh satu penari saja. Namun beberapa jenis tarian dari bentuk tari tunggal ini kerap terlihat dipertunjukkan oleh dua penari atau lebih yang masing-masing menari secara bergantian

Contoh tari tunggal yang ada di Indonesia dapat kita lihat pada tabel di bawah ini.

No
Nama Tarian
No
Nama Tarian
1
Tari Pendet
10
Tari Persembahan
2
Tari Merak
11
Tari Mani Poreng
3
Tari Kancet Ledo
12
Tari Golek Kanya
4
Tari Gambyong
13
Tari Dewa Memanah
5
Tari Batek Baris
14
Tari Gandrung
6
Tari Leleng
15
Tari Kancet lasan
7
Tari Hudoq
16
Tari Taledhek
8
Tari Srimpi
17
Tari Golek manis
9
Tari Kancet Papatai
18
Tari Cokek

Jenis-jenis tari tunggal nusantara dapat dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu tari tradisional, tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi. Mari cermati uraiannya satu persatu.
a. Tari Tradisional
    Tari tunggal yang berasal dari tari tradisional terdapat di setiap daerah dengan versi yang berbeda-beda. Tari tradisional diwariskan secara turuntemurun. Tarian tersebut disesuaikan dengan kebutuhan tema masing-masing daerah. Tari tradisional akan mengalami perubahan oleh pengaruh
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat meningkatkan alur budaya daerah tersebut. Contoh tari tradisional adalah tari Kemakmuran, tari Tani, dan tari Nelayan.
b. Tari Rakyat
    Tari rakyat adalah tari yang hidup dan berkembang di kalangan rakyat. Pada zaman penjajahan, perkembangan tari rakyat terjadi pada dua lingkungan, yaitu lingkungan istana dan lingkungan rakyat. Pada dasarnya, bentuk dan tujuan tari rakyat mencerminkan berbagai kepentingan yang ada pada lingkungannya, seperti pada saat panen padi.
Ciri-ciri tari rakyat, antara lain: bentuknya yang tradisional, primitif, bersifat komunal (bersama), gerak yang sederhana dan sering diulang, serta pola lantai sederhana. Contoh tari rakyat adalah tari Kuda Kepang dan tari Topeng Babakan. (Seni Tari Atang dan Rama)
c. Tari Klasik
    Tari klasik adalah tarian yang mempunyai nilai artistik tinggi dan dijadikan tolak ukur bagi karya seni zaman kuno. Oleh karena itu, tari bersifat klasik langgeng (abadi) dan bernilai kekal (tetap atau tidak berubah). Namun, gerak tari klasik sederhana, serasi, dan tidak berlebihan. Gaya tari klasik berasal dari keraton atau istana. Bentuk, gaya, dan gerakan tari klasik gemulai dan kalem.
d. Tari Kreasi
    Tari kreasi adalah tarian yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Pola-pola tarian tradisional dikembangkan menjadi bentuk tari kreasi. Dengan demikian, pola-pola tarian pada tari kreasi masih bertolak dari tari tradisional.

MUATAN IPA
MEMBANDINGKAN MASA ANAK-ANAK DAN MASA REMAJA

Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 11 tahun sampai 21 tahun.
Seiring proses pertumbuhan dan perkembangan manusia, organ-organ tubuh kita semakin matang dan berfungsi dengan baik.ciri-ciri fisik pada masa anak- anak secara perlahan akan menghilang dan ciri fisik pada masa pubertas akan mulai tampak.
Ciri-Ciri Pada  Anak-Anak :
- Perkembangan fisik dan mental mulai meningkat.
- Tinggi dan berat badan telah mengalami pertumbuhan.
- Kemampuan menulis, membaca, dan beralasan telah berkembang.

Ciri-Ciri Pada  Remaja :
- Emosi masih labil.
- Perubahan Kepribadian
- Awal masa-masa pubertas.








0 komentar:

Posting Komentar