Kamis, 30 Januari 2020

TEMATIK

MUATAN BAHASA INDONESIA
MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PENTING DALAM TEKS PIDATO

teks pidato adalah teks yang berisi ajakan. jika seseorang sedang berpidato, sebaiknya kita menyimak dengan baik. dengan menyimka secara seksama , kita dapat mengetahui hal-hal penting yang disampaikan dalam pidato. cara menyimak yang baika adalah sebagai berikut :
1. Fokus terhadap isi pidato.
2. Mendengarkan pidato yang disampaikan dengan baik.
3. Mencatat hal-hal penting dalam pidato
4. Menuliskan kesimpulan dari pidato
Hasil gambar untuk GAMBAR ORANG BERPIDATO
MUATAN PPKn
PENERAPAN NILAI-NILAI GOTONG ROYONG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agaer kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer, mudah dan ringan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan secara bergotong royong antara lain pembangunan fasilitas umum dan membersihkan lingkungan sekitar. Gotong royong ynag dilandasi oleh rasa kekeluargaan ini sesuai dengan butir-butir Pancasila sila kelima.

Sikap  gotong royong itu seharusnya dimiliki seluruh elemen atau lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Karena dengan adanya kesadaran setiap elemen atau lapisan masyarakat melakukan kegiatan dengan cara bergotong royong. Dengan demikian segala sesuatu yang akan dikerjakan dapat lebih mudah dancepat diselesaikan dan pastinya pembangunan di daerah tersebut akan semakin lancar dan maju. Bukan itu saja, tetapi dengan adanya kesadaran setiap elemen dan lapisan masyarakat dalam menerapkan perilaku gotong royong maka hubungan persaudaraan atau silaturahmi akan semakin erat.

Nilai-nilai budaya mulai dengan deras masuk dan menjadi bagian dari hidup masyarakat Indonesia. Kehidupan perekonomian masyarakat berangsur-angsur berubah dari ekonomi agraris ke industri. Industri berkembang maju dan pada zaman sekarang tatanan kehidupan lebih banyak didasarkan pada pertimbangan ekonomi sehingga bersifat materialistis. Maka nilai kegotong royongan pada masyarakat telah memudar.

Contoh – contoh kegiatan gotong royong
  1. Membersihkan jalan
  2. Membersihkan sampah
  3. Membersihkan masjid
  4. Membersihkan lingkungan sekitar
  5. Bersama-sama membangun jembatan
  6. bersama-sama menyiapkan acara peringatan hari kemerdekaan Indonesia





Gotong Royong

MUATAN IPS
KERJASAMA NEGARA-NEGRA DI ASIA TENGGARA DALAM BIDANG PENDIDIKAN

          Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah sebuah organisasi asia yang bergerak pada bidang geo-politik dan ekonomi dari negara–negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini dibentuk salah satunya guna meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan. 
Beberapa gerakan nyata yang dilakukan ASEAN dalam menjalin hubungan di bidang pendidikan diantaranya yaitu :
1. Dibentuknya The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) guna memajukan  bidang pendidikan terutama negara anggota ASEAN.
2. Pensinkronisasian standar ijasah antar negara anggota ASEAN.
3. Peningkatan ilmu pengetahuan kalangan pemuda ASEAN dalam proses integrasi regional.
4. Pembentukan kelompok peneliti antar negara.
5. Pertukaran pelajar antar negara anggota.
6. Peningkatan kualitas sumber daya manusia negara anggota ASEAN agar mampu bersaing baik di tingkat regional maupun internasional.
7. Pembentukan kurikulum sekolah di negara–negara ASEAN yang berprinsipkan demokrasi, berorientasi pada perdamaian, serta menghargai HAM.
8. Kerjasama dibidang IPTEK
9. Penawaran Beasiswa Pendidikan. contohnya Singapura memberikan beasiswa latihan pengolahan jasa pelabuhan udara,kesehatan dan keselamatan kerja industri,komunikasi bahari dan lain². Contoh lain: Indonesia memberikan beasiswa pendidikan kedokteran,bahasa dan seni kepada pelajar negara² anggota ASEAN dan kawasan negara berkembang.
10. Negara-negara ASEAN memanfaatkan beasiswa untuk belajar diberbagai universitas dinegara-negara ASEAN dan Jepang atas biaya yg diberikan oleh ASEAN-Japan Scholarship Fund (Dana Beasiswa ASEAN-Jepang)

MUATAN PPKn
PENERAPAN NILAI KEPEMIMPINAN SESUAI NILAI PANCASILA

Pemimpin dan kepemimpinan merupakan suatu kesatuan kata yang tidak dapat dipisahkan secara struktural maupun fungsional.
Kepemimpinan adalah sifat yang memiliki kemampuan untuk menghandle orang lain dalam suatu kelompok untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kepemimpinan juga merupakan kekuatan semangat yang kreatif dan terarah. Sedangkan Pemimpin adalah figur seseorang yang bijaksana, berani mengambil keputusan dan yang paling penting berwibawa dan bisa memimpin untuk mencapai tujuan bersama.  
Agar dapat menerapkan nilai kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari, kita harus menerapkan sikap-sikap sebagai berikut :
a. Bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan
b. Amanah dalam menjalankan tugas
c. Dapat dipercaya
d. Bekerjasama secara baik dengan orang lain
e. Mementingkan kepetingan bersama dibandingkan pribadai
f. Mampu membuat keputusan.
 jika kita sudah mampu menerapkan nilai kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari, akan banyak manfaat yang dapat kita peroleh,  yaitu jadi orang yang bertanggung jawab, disiplin dan memiliki nilai kepedulian yang tinggi. 
MUATAN SBdP
BAHAN DAN TEKNIK PEMBUATAN PATUNG
 Hasil gambar untuk GAMBAR PATUNG
Seni patung adalah suatu benda yang sengaja dipahat untuk meniru bentuk manusia dan hewan.  
Patung merupakan karya seni yang dibuat dengan sentuhan tangan-tangan terampil. Dalam proses pembuatannya, ada beberapa teknik pembuatan yang digunakan. Diantaranya adalah :

1. Teknik Butsir

Butsir merupakan salah satu teknik pembuatan patung dengan cara mengurangi bahan lunak seperti tanah liat,gips malam dan  bahan yang berstruktur lunak lainnya sehingga tercipta karya patung yang memiliki nilai estetika.

2. Teknik Modeling

Modeling merupakan teknik dalam membuat patung dengan cara membuat model terlebih dahulu dan setelah itu dibentuk patung sebenarnya.

3. Teknik Merakit Atau Cor

Teknik ini biasanya digunakan pada proses pembuatan patung dengan bahan dasar logam. Pembuatan diawali dengan memanaskan logam hingga mencair kemudian dituangkan dalam cetakan patung yang telah dibentuk rupa patungnya.

4. Teknik Merakit

Teknik ini hampir mirip dengan permainan puzzle, yaitu dengan cara merakit bahan dasar patung kemudian merangkainya.

5. Teknik Membentuk

Teknik ini merupakan teknik pembuatan patung dengan cara membentuk patung secara bertahap sehingga tercipta patung yang diinginkan. Dalam teknik ini lebih membutuhkan ketelitian dari senimannya. Tetapi kualitas patung yang diperoleh biasanya lebih bagus karena menggunakan perasaan atau feeling dalam membentuknya.

6. Teknik Pahat

Teknik pahat biasanya dilakukan pada proses pembuatan patung dengan bahan dasar keras seperti kayu, tulang, batu ganit, batu granit dan bahan dasar yang berstruktur keras lainnya dengan cara mengurangi bagian-bagian tertentu pada bahan dasar hingga membentuk patung yang diinginkan.
7. Teknik Cetak
Merupakan pembuatan patung dengan cara membuat cetakan, menuang bahan ke dalam cetakan, kemudian membuka cetakan. bahan yang digunkaan biasanya gips.

MUATAN PPKn
PENERAPAN NILAI KEKELUARGAAN SESUAI PANCASILA 

Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara tetapi juga sebagai nilai - nilai yang dapat dihidupi oleh masyarakat Indonesia.Setiap sila - sila yang terkandung dalam Pancasila,masing - masing memiliki makna sendiri dan dapat diterapkan di kehidupan sehari - hari sesuai yang terkandung dalam makna tersebut, berikut ini beberapa contoh sikap positif yang sesuai dengan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Semangat gotong royong dilandasi oleh semangat kekeluargaan. kekeluargaaan artinya suatu hubungan masyarakat yang menunjukkan keakraban dan kedekatan sehingga tercipta solidaritas seperti layaknya sebuah keluarga. semangat kekeluargaan sesuai dengan sila ke lima.
penerapan nilai kekeluargaan tercermin dari sikap-sikap sbb :
1. Saling menghormati dan toleransi antarumat beragama
2. Menjaga kerukunan dengan tetangga yang berbeda agama
3. Bersikap adil dan tenggang rasa kepada tetangga
4. Mengutamakan ke[pentingan bersama daripada pribadi
5. Menyeimbangkan hak dan kewajiban dalam bermasyarakat.
6. Membantu tetangga jika ada yang mengalami kesulitan
7. bekerjasama dan aktif dalam kegiatan sosial, seperti ronda malam dan kerja bakti.

MUATAN IPA
CARA MELINDUNGI DIRI DARI PENYAKIT PADA MASA PUBERTAS


Pubertas merupakan suatu tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara seksual. Pada perempuan, pubertas terjadi pada rentang usia 10-14 tahun dan pada laki-laki, pubertas terjadi pada kisaran usia 12-16 tahun.
Dalam masa pubertas, baik remaja perempuan maupun laki-laki akan merasakan adanya perubahan dalam tubuhnya. Perubahan tubuh ini terjadi karena adanya perubahan hormon (salah satunya hormon pertumbuhan) di masa pubertas.
Memasuki masa pubertas, kebersihan tubuh harus selalu diperhatikan, tujuannya agar trehindar dari penyakit seperti gonore, sifilis, kanker rahim dsb.
berikut bebarpa hal yang harus diperhatikan untuk melindungi tubuh dari penyakit :
1. Mandi dan membasuh wajah secara teratur.
2. Mencuci tangan
3. Mengganti pakaian ketika sudah lembab, terutama setelah berolahraga.
4. Tidak menggunkan handuk atau pakaian secara bergantian dengan orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar