Selasa, 07 Januari 2020

TEMATIK

MUATAN PPKN
KEWAJIBAN MENGISI KEMERDEKAAN DI LINGKUNGAN RUMAH

Sebagai warga negara yag baik, seorang pelajar harus ikut serta mengisi kemerdekaan. Apalagi kemerdekaan Indonesia diraih dengan perjuangan yang panjang
Kegiatan kegiatan positif dalam mengisi kemerdekaan di rumah, di sekolah, dan di masyarakat adalah:
Di Rumah:
1.    Rajin membantu dan berbakti kepada orang tua
2.    Bersikap baik dan saling mernghormati kepada orang tua dan saudara
3.    Menjaga hubungan dengan tetangga
4.    Menjaga kebersihan rumah, misalnya dengan menaata barang dengan rapi
5.    Memanfaatkan waktu luang di rumah untuk belajar an kegiatan positif lainnya
6.     Kerja bakti membersihkan lingkungan


MUATAN IPS
UPAYA MENGISI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN PERILAKU POSITIF

Mengisi kemerdekaan dilakukan dalam berbagai bidang,salah satunya adalah bidang sosial yang bertujuan mempererat hubungan antar masyarakat.
Perilaku positif sebagai upaya mengisi kemerdekaan indonesia adalah sbb ;
1.aktif dalam kegiatan, karang taruna, kerja bakti, dll
2. belajar dengan baik dan tekun
3. beribadah kepada tuhan yang maha esa
4. memjaga toleransi antar umat
5. melerai orang bertengkar
6. berpartisipasi oleh acara yang dibuat/dilaksanakan
7. Saling menghormati dan menghargai antarsesama

MUATAN BAHASA INDONESIA
MEMPERKIRAKAN ISI TEKS BERDASARKAN KATA KUNCI DARI JUDULNYA

Kata kunci adalah sebuah kata yang mewakili informasi penting yang terdapat dalam sebuah kalimat, alinea, hingga teks. Dengan mendapatkan kata kunci, kita dapat memahami seluruh isi kalimat, alinea, hingga teks. Kata kunci berbeda dengan ide pokok, terutama dari segi letak. Jika ide pokok hanya dapat ditemukan pada bagian awal atau akhir paragraf, lokasi kata kunci relatif menyebar atau tidak terpaku di satu tempat tertentu.

Selain dapat ditemukan dalam isi kalimat, alinea, dan teks, kata kunci juga dapat ditemukan pada bagian lain. Pada teks, misalnya, kata kunci juga dapat ditemukan pada bagian judul. Dengan menemukan kata kunci pada bagian judul, kita dapat menemukan sari informasi yang akan disampaikan pada bagian isi oleh penulis. Judul yang telah disajikan singkat menjadi dapat diringkas berkat keberadaan kata kunci.

Selain kita menemukan kata kunci yang terdapat pada judul teks, kita dapat memperkirakan isi teks. Artinya sebelum membaca teks secara utuh,kita sudah memperoleh gambaran mengenai isi teks.

MUATAN SBDP
CARA MENGUBAH INTERVAL NADA PADA TANGGA NADA MAYOR LAINNYA

Interval (musik) adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. 
Interval nada D mayor sbb :
D - E - F - G - A -  B - C - D
Nada diatas dapat diubah menjadi
D - E - Fis - G - A - B - Cis - D

MUATAN BAHASA INDONESIA
MENJELASKAN ISI TEKS NONFIKSI BERDASARKAN JUDULNYA

Teks fiksi adalah teks karangan penulis yg tidak terjadi di dunia nyata contohnya : dongeng , legenda , mitos, cerita rakyat

teks nonfiksi adalah teks yg isinya benar-benar terjadi di kehidupan nyata atau bisa jadi pengalaman penulis . contohnya : sejarah , biografi , novel(nonfiksi) .
Setelah membaca judul,kita dapat menentukan kata kunci dari teks tersebut.
Judul teks Non-fiksi mengandung kata kunci yang menggambarkan isi teks. Kita dapat menemukan kata kunci tersebut pada judul teks Non-fiksi .
Kewajiban mengisi kemerdekaan di lingkungan rumah
Kata kunci yang terdapat pada judul teks tersebut adalah sebagai berikut :
1. Kewajiban
2. Mengisi kemerdekaan
3. Lingkungan rumah


MUATAN IPA
PUBERTAS PADA MASA REMAJA

Pubertas atau akil balig adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Masa pubertas dalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur 8 hingga 10 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun.

Dalam masa pubertas, baik remaja perempuan maupun laki-laki akan merasakan adanya perubahan dalam tubuhnya. Perubahan tubuh ini terjadi karena adanya perubahan hormon (salah satunya hormon pertumbuhan) di masa pubertas. Selain para remaja, orang tua juga sebaiknya memahami tanda-tanda pubertas
Penyebab munculnya pubertas ini adalah hormon yang dipengaruhi oleh hipofisis (pusat dari seluruh sistem kelenjar penghasil hormon tubuh). Berkat kerja hormon ini, remaja memasuki masa pubertas sehingga mulai muncul ciri-ciri kelamin sekunder yang dapat membedakan antara perempuan dan laki-laki. Dengan kata lain, pubertas terjadi karena tubuh mulai memproduksi hormon-hormon seks sehingga alat reproduksi telah berfungsi dan tubuh mengalami perubahan.

Hormon seks yang memengaruhi perempuan adalah estrogen dan progesteron yang diproduksi di indung telur, sedangkan pada laki-laki diproduksi oleh testis dan dinamakan testosteron. Hormon-hormon tersebut ada di dalam darah dan memengaruhi alat-alat dalam tubuh sehingga terjadilah beberapa pertumbuhan.













0 komentar:

Posting Komentar