Selasa, 21 Januari 2020

TEMATIK

MUATAN BAHASA INDONESIA
PIDATO

Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal
Saat berpidato diperlukan adanya orator ( orang yg berpidato )  dan aidience ( orang yg mendengarkan pidato )

Jenis-jenis Pidato

Menurut ada tidaknya persiapan, sesuai dengan cara yang dilakukan waktu persiapan, dapat dikemukakan empat macam pidato : impromptu, manuskrip, memoriter, dan ekstrempore
a. Pidato Impromptu
Pidato yang dilakukan secara spontan atau tiba-tiba dipanggil untuk menyampaikan pidato dalam sebuah acara. Pidato yang ini dilakukan secara tiba-tiba, spontan, tanpa persiapan sebelumnya. Apabila Anda menghadiri sebuah acara pertemuan, tiba-tiba Anda dipanggil untuk menampaikan pidato, maka pidato yang Anda lakukan disebut impromtu.

b. Pidato Manuskrip
Di sebut juga pidato dengan naskah. Dalam hal ini tidak berlaku “menyampaikan pidato” tetapi “membacakan pidato”. Pidato dengan naskah. Juru pidato membacakan naskah pidato dari awal sampai akhir. Di sini lebih tepat jika kita menyebutnya”membacakan pidato” dan bukan “menyampaikan pidato”. Pidato manuskrip perlu dilakukan jika isi yang disampaikan tidak boleh ada kesalahan

c. Pidato Memoriter
Pidato yang ditulis dalam bentuk naskah kemudian dihapalkan kata demi kata. Pada pidato jenis ini, yang penting Anda memiliki kemampuan menghapalkan teks pidato dan mengingat kata-kata yang ada di dalamnya dengan baik. Keuntungannya (jika hapal), pidato Anda akan lancar, tetapi kerugiannya Anda akan berpidato secara datar dan monoton, sehingga tidak akan mampu menarik perhatian hadirin.

d. Pidato Ekstempore
Pidato yang paling baik dan paling sering digunakan oleh juru pidato yang berpengalaman dan mahir. Dalam menyampaikan pidato jenis ini, juru pidato hanya menyiapkan garis-garis besar (out-line) dan pokok-pokok bahasan penunjang (supporting points) saja.

Tetapi, pembicara tidak berusaha mengingat atau menghapalkannya kata demi kata. Out-line hanya merupakan pedoman untuk mengatur gagasan yang ada dalam pikiran kita. Keuntungan pidato ekstempore ialah komunikasi pendengar dan pembicara lebih baik karena pembicara berbicara langsung kepada pendengar atau khalayaknya, pesan dapat fleksibel untuk diubah sesuai dengan kebutuhan dan penyajiannya lebih spontan. Pidato jenis ini memerlukan latihan yang intensif bagi pelakunya.

MENANAM 1000 POHON BAKAU
Selamat pagi bapak, ibu, dan saudara-saudari sekalian. Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita menghaturkan syukur kepada Tuhan atas segala karunianya kepada kita. Teristimewa karena kita diberikan lingkungan yang begitu indah dan memiliki beragam fungsi. Tak hanya indah, lingkungan ternyata juga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita serta melindungi kita dari ancaman bencana alam.
Salah satu tanaman yang memiliki manfaat sedemikian besar adalah pohon bakau. Selain dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan, ternyata pohon bakau juga merupakan solusi tuntas dalam pelestarian lingkungan dan pengurangan dampak terjadinya bencana alam tsunami. Ketika sudah tumbuh dewasa, akar bakau dapat menciptakan ekosistem yang cocok bagi hewan-hewan air untuk bertumbuh. Selain itu, tanaman bakau juga dapat menghasilkan oksigen bersih dalam jumlah cukup besar. Fungsi lain yang tidak kalah penting adalah kepadatan ekosistem bakau di daerah pesisir pantai telah terbukti dapat mengurangi ketinggian serta ancaman gelombang tsunami yang dapat menyerang daerah daratan.
Oleh karena itu, belajar dari berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari tanaman ini, saya mengajak kita semua untuk ambil bagian dalam gerakan menanam 1000 pohon bakau. Mari kita mengambil bagian dalam perubahan dunia serta pelestarian lingkungan dengan menanam setidaknya satu bibit bakau. Pun jika kita tidak dapat menanam bakau dengan tangan kita sendiri, kini telah banyak para aktivis lingkungan dan komunitas pelestari hutan atau ekosistem bakau yang menawarkan alternatif berupa pemberian donasi dalam jumlah tertentu. Donasi tersebut kemudian akan digunakan tidak hanya untuk membeli dan menanam bibit bakau di tempat-tempat yang telah dipilih sebelumnya, tetpai juga merawatnya hingga tumbuh menjadi pohon bakau dewasa. Dengan langkah sederhana ini, kita sudah melindungi masa depan generasi penerus kita sendiri dan menghindari jatuhnya korban jiwa dalam jumlah banyak akibat bencana alam seperti tsunami yang menghantam wilayah Lampung dan Banten pada penghujung 2018 lalu.
Akhir kata, semoga segala perjuangan kita diberkati oleh Allah Yang Mahakuasa dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bukan hanya bagi manusia, tetapi terlebih pada alam dan bumi kita. Perubahan di masa depan tidak dapat terjadi jika kita memilih untuk bersikap diam. Tindakan sesederhana apapun akan berdampak pada kondisi kehidupan dan lingkungan kita di masa depan. Oleh karena itu, marilah kita bergerak bersama mulai dari sekarang agar kelak tidak menyesal ketika semuanya sudah terlambat.

MUATAN IPA
PERBANDINGAN FISIK SEBELUM,SAAT, DAN SETELAH MASA PUBERTAS


Laki-laki dan perempuan sebagai manusia memiliki ciri fisik secara umum yang sama, baik mata, bentuk tubuh, rambut, paras atau wajah dan lain-lain. Karena ciri fisik masih dapat diciptakan oleh manusia itu sendiri dengan perubahan yang sedemikian rupa. Hal yang membedakannya adalah organ reroduksi. Pada laki-laki, organ reproduksi nya adalah penis (tampak luar), sedangkan pada perempuan adalah vagina.
Ciri fisik pada laki-laki dan perempuan akan nampak berbeda setelah memasuki masa pubertas atau disebut juga masa remaja yaitu masa peralihan dari masa anak-anak mejadi dewasa. Masa ini ditandai dengan perubahan-perubahan baik secara fisik, sifat maupun organ reproduksi yang matang.  

Perubahan yang menyertai masa pubertas antara laki-laki dan perempuan berbeda. Masa pubertas yang dialami oleh perempuan biasanya lebih cepat dibandingkan dengan laki-laki. Masa pubertas umumnya terjadi pada rentang usia 10-16 tahun.  

Anak-anak masih sering atau suka bermain belum punya rasa malu mudah mengingat bahasa masih sederhana masih polos belum terlalu memperhatikan penampilan umur dibawah 12 tahun reproduksi belum matang
Seperti :
1. Peningkatan berat badan akibat bertambahnya ukuran ranka, otot, dan organ lainnya, tapi cendrung lambat
2. Sudah mampu membaca, berhitung, memiliki rasa malu
3. Mulai melakukan prkerjaan ringan dengan pendampingan orang tua

Perkembangan fisik laki-laki dan perempuan saat pubertas

1. Perkembangan fisik perempuan

Selama masa pubertas, organ-organ seksual perempuan akan tumbuh dan menstruasi dimulai. Tanda-tanda perkembangan fisik tersebut, antara lain:
  • Kulit menjadi berminyak
  • Keringat lebih banyak diproduksi
  • Muncul jerawat
  • Payudara mulai berkembang, kadang bisa terjadi pada satu bagian terlebih dahulu
  • Keluarnya cairan bening dari vagina
  • Panggul mulai membesar
  • Pinggang terlihat mengecil dengan lemak yang bertambah di area perut dan pantat
  • Perubahan emosional yang terasa tidak nyaman (perubahan suasana hati) sehingga mudah tersinggung, terutama pada periode menstruasi

2. Perkembangan fisik laki-laki

Saat seorang laki-laki memasuki masa pubertas, perkembangan fisik mereka mulai terjadi dengan beberapa ciri, di antaranya:
  • Bertambahnya ukuran pada testikel dan penis, disertai perubahan warna menjadi lebih gelap pada skrotum.
  • Suara mulai serak kemudian membesar
  • “Mimpi basah” yaitu ejakulasi pertama kali yang biasanya terjadi pada saat tidur
  • Kulit menjadi lebih berminyak
  • Ukuran tubuh berubah menjadi lebih berotot dan tumbuh menjadi lebih tinggi setidaknya selama dua tahun
  • Tumbuh rambut pada bagian wajah, kemaluan, tangan, dan kaki
  • Perubahan emosional yang menyebabkan perasaan gembira, sedih dan marah pada waktu yang berdekatan. Hal ini diakibatkan karena adanya perubahan hormon
Masa dewasa adalah masa manusia yang melewati pubertas. Dengan ditandai melambatnya pertumbuhan dan perkembangan manusia. Manusia dewasa sudah dapat berpikir secara natang. 

MUATAN SBDP
TANGGA NADA DAN INTERVAL NADA

Mengetahui Jenis-Jenis Tangga Nada
Tangga nada adalah  susunan nada yang disusun dengan menggunakan rumus interval nada tertentu. Interval nada adalah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. Ada yang jaraknya ½, 1, 1 ½ dan 2. Jarak inilah yang menentukan variasi nada dan jenis tangga nada. Dalam tangga nada, terdapat 3 jenis tangga nada; tangga nada diatonis, tangga nada pentatonis, dan tangga nada kromatis. Di bawah ini adalah penjelasan tentang ketiganya
Tangga Nada Diatonis
Yaitu tangga nada yang mempunyai 7 nada dan mempunyai 2 macam interval nada yaitu 1 (satu) dan ½ (setengah). Tangga nada diatonis dibagi menjadi 2 macam. Berikut ini adalah penjelasannya.
  • Tangga Nada Mayor
Tangga nada ini sangat umum digunakan untuk lagu-lagu pop yang bernuansa ceria, semangat dan bahagia.
  • Tangga Nada Minor
Tangga nada minor dibagi menjadi tiga jenis, yaitu; tangga nada minor asli, tangga nada minor harmonis, dan tangga nada minor melodis. Berikut ini adalah penjelasannya.
1. Tangga Nada Minor Asli
Yaitu tangga nada minor yang hanya memiliki nada-nada pokok dan tanpa adanya nada sisipan. Misalnya A-B-C-D-E-F-G-A (tidak menggunakan tanda kromatis).
2. Tangga Nada Minor Harmonis
Tangga nada minor ini pada dasarnya adalah tangga nada minor yang nada ke-7 nya dinaikkan ½ nada, pada saat naik dan turun nadanya tetap sama.
3. Tangga Nada Minor Melodis
Tangga nada minor ini pada dasarnya adalah tangga nada minor yang nada ke-6 dan ke-7 nya dinaikkan ½ nada pada saat naik (menggunakan simbol kres). Kemudian, diturunkan ½ (menggunakan simbol mol) nada  pada saat turun.
Tangga Nada Pentatonis
Sesuai namanya, tangga nada pentatonis, penta (lima), dan tone (nada) adalah tangga nada yang hanya menggunakan 5 nada pokok. Tangga nada ini populer dikalangan musik bluesrock n’ roll, dan variasi lagu-lagu pop. Tangga nada pentatonis dibagi menjadi 2 yaitu, slendro; dapat dilakukan dengan menyusun nada ke 1 – 2 – 3 – 5 – 6, dan pelog; dapat dilakukan dengan menyusun nada ke 1 – 3 – 4 – 5 – 7.
Tangga Nada Kromatis
Tangga nada ini menggunakan 12 nada yang berjarak 1/2. Kemudian, tangga nada kromatis ini dipengaruhi oleh tanda kromatis, yaitu tanda # (kruis) dan b (mol ).
Contoh lagu :
Not Angka Ibu Kita Kartini Untuk Pianika Piano
Not Angka lagu Ibu Kita Kartini 

MUATAN BAHASA INDONESIA
ISI TEKS PIDATO
Teks pidato adalah bentuk komunikasi satu arah yang berupa pengungkapan pikiran dan gagasan dari pembicara tentang suatu hal kepada banyak orang.
Orang yang melakukan pidato disebut dengan Orator.
Struktur teks pidato adalah sebagai berikut:

1. Salam Pembuka

Struktur yang pertama dari teks naskah pidato yaitu salam pembuka. Salam pembuka terletak pada bagian awal dan menjadi pembukaan dalam suatu pidato.
Contoh dari salam pembuka naskah pidato yaitu seperti Assalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua, selamat pagi, dan lain sebagainya.

2. Kalimat pembuka

Struktur kedua teks pidato adalah ucapan penghormatan. Ucapan penghormatan tersebut biasanya diberikan kepada bejabat tinggi yang telah hadir dalam acara yang ada dalam pidato tersebut.
Contohnya seperti yang dilakukan pada acara sekola, maka ada beberapa ucapan penghormatan yang diberikan kepada kepala sekolah dan juga bapak ibu guru.
Contoh ucapan penghormatan sebagai berikut:
Yang saya hormati , Bapak Kepala Sekolah SMA negeri 1 Banjarnegara, Bapak Siswanto, M.Pd. yang saya hormati , bapak dan ibu guru serta semua staf SMA Negeri 1 Banjarnegara dan seluruh teman-teman yang saya cintai.
Tentu saja ucapan penghormatan akan berbeda-beda. Semakin banyak pejabat atau orang penting lainya yang datang, maka akan semakin banyak juga ucapan penghormatan yang akan diberikan.
Tetapi ucapan penghormatan harus dipahami yaitu penghormatan yang diberikan diurutkan dari pangkat yang paling tinggi terlebih dahulu.

3. Ucapan Syukur

Bagian teks pidato selanjutnya adalah ucapan syukur. Bagian tersebut biasanya berisi tentang rasa syukur karena bisa berkumpul bersama dengan para hadirin.
Contohnya adalah sebagai berikut:
Puji syukur selalu terucap kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yang telah memberikan rahmat kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul didalam acara ini.
Tidak lupa sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kepada baginda nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasalam, Rasul akhir zamn yang kita nantikan syafaatnya kelak.

4. Isi Pidato

Isi dari pidato adalah bagian yang paling pentingdalam pidato. Bagian tersebut berisikan tentang gagasan, informasi, ide atau hal lainnyayang disampaikan kepada orang yang hadir.
Tentu saja isi dari teks pidato sangat berkaitan dengan tema pidato.
Contoh isi teks pidato:
Bapak ibu guru dan teman-teman tidak terasa waktu begitu berlalu dengan cepat.
Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu disekolah yang indah ini, sehingga kami bisa mendapatkan ilmu yang tak terhingga.
Semuanya berkat dari bapak ibu guru yang telah mengajar kami. kini pada akhirnya hari kelulusan itu tiba, Setelah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu disekolah ini.
Kami semua sudah mendapatkan ilmu yang sangat banyak sekali.
Semua itu berkat bapak ibu guru yang sudah mengajar kami semua. akhirnya hari kelulusanpun tiba setelah enam tahun kami semua belajar bersama bapak dan ibu guru.
Selaku dari perwakilan kelas enammengucapkan terima kasih dan kami juga ingin meminta maaf atas perbuatan salah kami semuanya.
Tidak lupa juga kami sampaikan terima kasih kepada orang tuakita semua yang sudah memberikan motivasi dan juga dukungan semua.

5. Penutup Pidato

Struktur terakhir dari pidato adalah penutup pidato. Penutup biasanya berisikan kesimpulan dan diikuti dengan salam penutup.
Adapun contoh penutup pidato sebagai berikut:
Untuk teman-teman semua yang saya cintai, meskipun sudah lulus tetapi kita harus lebih giat lagi belajarnya karena perjalanan kita masih sangat panjang dan untuk menggapai cita-cita kalian semua.
Akhir kata saya mau mengucapkan sukses selalu untuk teman-teman doa saya menyertai teman-teman semuanya amin
Wassalamualaikum warakhmatullahi wabarakatuh
MUATAN IPA
PERAN ORANG TUA PADA MASA PUBERTAS
Saat memasuki masa pubertas, manusia akan mengalami perubahan fisik, pola pikir, dan tingkah laku. Perubahan tersebut dapat disingkapi dengan tepat. Oleh karena itu kita memerlukan bimbingan dan pendampingan dari orang tua.
Peran Orang Tua dalam Perkembangan Remaja.
1. Informasi
Orang tua mempunyai peranan yang besar dalam memberikan informasi tentang pergaulan pada remaja, oleh sebab itu, orang tua diharapkan dapat memberikan dukungan emosi sehingga remaja merasa nyaman dan tidak salah dalam bergaul. Informasi yang dapat diberikan kepada remaja tentang pergaulan diantaranya dapat berupa pergaulan yang baik dan tidak baik dan menanamkan cara bergaul denga etika
2. Komunikasi
Orang tua merupakan orang terdekat bagi remaja untuk melakukan komunikasi dan orang tua juga merupakan orang terdekat utama, orang yang pertama dan yang terakhir bagi remaja remaja untuk memahami komunikasi. Agar remaja tidak mendapatkan informasi yang keliru mengenai bagaimana berkomunikasi yang baik maka peran orang tua sangat diharapkan. 
3. Memberi Pengetahuan

Orang tua merupakan orang yang lebih tua, di masyarakat orang tua itu adalah orang yang telah melahirkan sobat yaitu Ibu dan Bapak. Ibu dan bapak selain telah melahirkan sobat ke dunia ini, ibu dan bapak juga yang mengasuh dan yang telah membimbing sobat dengan cara memberikan contoh yang baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari,
selain itu orang tua juga telah memperkenalkan sobat ke dalam hal hal yang terdapat di dunia ini dan menjawab secara jelas tentang sesuatu yang tidak dimengerti oleh sobat. Maka pengetahuan yang pertama diterima oleh remaja adalah dari orang tuanya. 
4. Bimbingan Rohani
Orang tua juga adalah pusat penegtahuan rohani si remaja dan sebagai penyebab berkenalnya dengan alam luar, maka setiap reaksi emosi remaja dan pemikirannya dikemudian hari terpengaruh oleh sikapnya terhadap orang tuanya di permulaan hidupnya dahulu. 
5. Tuntunan Perangai
Sejak seorang remaja lahir, ibunyalah yang selalu ada di sampingnya. Oleh karena itu ia meniru perangai ibunya dan biasanya seorang remaja lebih cinta kepada ibunya, apabila ibu itu menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh kasih sayang. Ibu merupakan orang yang mula mula dikenal remaja yang menjadi temanya dan yang pertama untuk dipercayainya serta ditiru perangainya. 
6. Pemberian Pertimbangan
Orang tua yang tidak mendukung remaja dalam memperkembangkan keinginan bertindak sendiri, atau mungkin sama sekali menentang keinginan remaja untuk bertindak sendiri, maka perkembangan perubahan  peranan sosial tidak dapat diharapkan mencapai hasil yang  baik sebab remaja tidak belajar cara mempertimbangkan sesuatu.
7. Pelajaran tentang Emosi
Dukungan emosional, mencakup ungkapan empati, kepedulian dan perhatian remaja yang bersangkutan kepada anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan, misalnya respon dan dari anggota keluarga. Keluarga merupakan tempat yang aman untuk istirahat serta pemulihan penguasaan emosi.
8. Rasa Pengertian
Remaja membutuhkan dukungan yang berbeda dari masa sebelumnya, karena pada saat ini remaja sedang mencari dalam mengeksplorasi diri sehingga dengan sendirinya keterikatan dengan orang tua berkurang. Pengertian dan dukungan orang tua, sangat bermanfaat bagi perkembangan remaja yakni mengerti bahwa remaja mulai suka bergaul dengan mengarahkan tanpa terkesan membatasi.
9. Cara Berperilaku
Bimbingan orang tua merupakan faktor penguat yang memberikan peran untuk mempertahankan perilaku. Faktor penguat yang mencakup peran sosial, peran orang tua, serta saran dan umpan balik dari orang tua mengenai pergaulan yang baik pada diri remaja. Penguatan mungkin juga berasal dari individu maupun kelompok atau institusi di lingkungan atau masyarakat, naun cara berperilaku jelas akan lebih kuat dengan ajaran dari orang tua.
10. Informasi Hubungan dengan Lawan Jenis
Maraknya perilaku pacaran berlebihan di kalangan remaja seringkali karena alasan, “pacaran adalah penyemangat belajar”. Sebenarnya itu suatu pergaulan yang salah, sebab tidak ada riwayat “remaja sukses berkat pacaran di sekolah”, mungkin yang lebih tepat karena sering terjadi asalah “remaja stress berkat pacaran di sekolah”.
Pacaran di sekolah bukannya membuat semangat si remaja, hal itu malah justru akan membuat remaja tidak fokus pelajaran karena terlalu memikirkan si pacar.  Apalagi jika keduanya pada suatu saat memutuskan hubungan, semua bisa menjadi berantakan.
11. Mengenalkan pada Etika
Memperkenalkan norma dan nilai agama menjadi hal penting dalam membentengi remaja dari pergaulan yang melampaui batas. Sebab dalam agama, ada batasan-batasan yang mengatur bagaimana etika bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain, terutama lawan jenis.
Memperkenalkan remaja pada ajaran agama dapat memberikan kesibukan positif bagi mereka seperti rajin salat, mengaji dan berorganisasi sosial keagamaan. Sedangkan memperkenalkan mereka pada norma dan nilai agama dapat membatasi mereka dalam berperilaku.
12. Mengarahkan dalam Penggunaan Media Sosial
Maraknya acara TV yang tidak mendidik menjadi tantangan besar bagi orang tua. Ditambah lagi dengan kemudahan akses dunia maya yang memberikan peluang besar bagi para remaja untuk mempunyai alat komunikasi canggih (smartphone) sehingga orang tua harus mencegah agar remaja tidak melihat content dewasa yang seharusnya bukan konsumsi mereka.
13. Tempat Bercerita

Sebagai orang tua, tidak selamanya tahu apa yang remaja inginkan dan lakukan pada pergaulannya. Apalagi sebagai remaja awal yang memiliki banyak keinginan. Namun tidak usah hawatir tentang hal tersebut, menjalin komunikasi dua arah sebagai tempat bercerita yang baik adalah solusi terbaik untuk mengetahui sebagian besar hal tentang mereka.

0 komentar:

Posting Komentar