Kamis, 03 Oktober 2019

TEMATIK

MUATAN BAHASA INDONESIA
Menemukan informasi penting suatu teks dengan menjawab pertanyaan

Setiap teks eksplanasi memuat informasi penting.untuk menemukan informasi penting,kita harus dapat membaca dengan sungguh sungguh,kemudian mengajukan pertanyaan tentang teks,dengan menggunakan kata tanya apa,siapa,dimana,kapan,dan bagaimana.

MUATAN PPKn
Menghormati dan menghargai keberagaman kegiatan ekonomi

Menghargai keberagaman kegiatan ekonomi adalah kewajiban kita bersama terutama sebagai makhluk sosial yang memang kebutuhannya beragam. Keberagam kegiatan ekonomi akan membantu kita dalam memenuhi kebutuhan yang beragam dan tak terbatas tersebut.
Berikut adalah 5 sikap sebagai contoh penghargaan terhadap keberagaman kegiatan ekonomi:

1.Menghormati profesi seseorang apapun itu sekaligus menghargai diri pribadinya sebagai manusia yang bermartabat. Contohnya adalah saat melakukan transaksi dengan bahasa yang sopan, mengucapkan terima kasih dan lain sebagainya.
2.Tidak segan melakukan hubungan jual-beli jika memang barangnya berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kita.
3.Tidak segan menggunakan jasa pelaku kegiatan ekonomi tersebut dan memberikan penghargaan apabila pelayanannya bagus.
4.Tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang menciderai hak mereka sebagai pelaku usaha misalnya dengan menipu, menggunakan uang palsu saat transaksi dan lain sebagainya.
5.Menawar harga dengan sewajarnya sesuai dengan harga normal di pasaran.
Dan lain sebagainya.

Keberagaman kegiatan ekonomi sendiri adalah hal yang mutlak terjadi di lingkungan kita. Selain karena kebutuhan manusia memang beragam, juga karena faktor geografis dan SDM juga berpengaruh pada pilihan kegiatan ekonomi yang dilakukan seseorang.

MUATAN IPS
Peran Indonesia dalam kerjasama mengatasi peredaran obat-obatan terlarang

Kerjasama Indonesia dengan negara-negara ASEAN untuk menangani peredaran narkoba dilakukan dengan langkah mencapai adalah ASEAN Drug Free 2015.

ASEAN Drug Free 2015 adalah salah satu poin penting dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang ke-20, yaitu setiap negara-negara anggota ASEAN akan memperketat upaya demi mewujudkan tujuan dan visi Komunitas ASEAN bebas narkoba tahun 2015.

Adapun usaha Indonesia dalam mewujudkan tujuan dan visi tersebut adalah dengan membuat Kebijakan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). P4GN adalah kebijakan Indonesia untuk menjadikan wilayah Indonesia bebas dari narkoba. Tujuan P4GN adalah supaya penduduk Indonesia kebal terhadap peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Adapun usaha yang telah dilakukan Indonesia yang terkait kebijakan P4GN ini adalah :

1. Bidang Pencegahan

Melakukan penyuluhan kepada pelajar, mahasiswa, pegawai negeri, pegawai swasta, organisasi sosial kemasyarakatan, hingga kelompok masyarakat.

Mendirikan Forum Komunikasi Lembaga Swadaya Masyarakat Anti Narkoba sejak 26 Juni 2010 agar dapat meningkatkan keteampilan yang dimiliki oleh Kader Anti Narkoba.

Membuka Layanan Masyarakat guna meningkatkan komunikasi antara BNN dengan Masyarakat yang dapat di akses melalui website BNN (www.bnn.go.id)

2. Bidang Pemberdayaan Masyarakat

Melakukan tes urin (tes uji narkoba), di lingkungan sekolah, lingkunagn kampus, lingkungan kerja, dan lingkungan masyarakat.

3. Bidang Rehabilitasi

Mengusahakan agar pecandu dan para penyalahgunaan dapat mengikuti program rehabilitas medis, rehabilitas sosial, dan terapi.

Meningkatkan kapasitas (capacity building) terhadap Lembaga Rehabilitas milik pemerintah.

4. Bidang Pemberantasan

Pengungkapan mengenai pabrik gelap Narkoba yang ada di Indonesai

Pengungkapan jaringan sindikat local dan internasional yang melibatkan apparat keamanan.

Pengungkapan kasus hasil kejahatan narkoba, yaitu money laundering.

Melakukan operasi eradikasi lahan ganja.

MUATAN SBDP
Brosur dan ciri-ciri brosur

Brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk dapat menyampaikan promosi. Brosur ini berfungsi memberikan informasi produk yang di tawarkan kepada calon konsumen. Umumnya, brosur ini berbentuk selembaran kertas yang berisi barisan kata serta juga informasi suatu produk dan ditambah sedikit gambar pendukung. Biasanya brosur ini dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat umum dengan harapan masyarakat dapat mengetahui produk tersebut. Brosur yang sering ditemukan itu diantaranya brosur mengenai makanan, bahasa inggris, sekolah, serta juga lain sebagainya.
ciri-ciri atau karakteristik brosur, diantaranya sebagai berikut:
  • Umumnya mempunyai  pesan yang tunggal.
  • Bertujuan untuk dapat meniformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk atau juga mempengaruhi
  • orang/pelanggan untuk membeli maupun mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Hanya sekali diterbitkan.
  • Dibuat semenarik mungkin supaya menarik perhatian publik.
  • Didistribusikan dengan secara tersendiri oleh pembuat brosur tersebut.
  • Memiliki desain yang menarik serta juga  isinya jelas

0 komentar:

Posting Komentar