Jumat, 18 Oktober 2019

MATEMATIKA DAN TEMATIK

MUATAN MATEMATIKA

JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Andi berusia 12 tahun sedangkan usia ayahnya adalah 36 tahun. Berapakah perbandingan usia Andi dan usia ayahnya?
2. Perbandingan usia Rina dan Sila adalah 7 : 8. Jika usia Rina adalah 21 tahun, maka berapakah usia dari sila?
3. Reza memiliki permen berjumlah 36, Doni memiliki 48 permen dan Dino memiliki 72 permen. Berapakah perbandingan permen yang mereka bertiga?
4. Siska, Mala dan Dini memiliki perbandingan jumlah boneka 2 : 3 : 5. Jika Siska memiliki boneka sejumlah 16, maka berapa jumlah boneka yang dimiliki Mala dan Dini ?
5. Jumlah sapi, kerbau dan ayam dalam satu kandang adalah 450 ekor. Jika perbandingan sapi, kerbau dan ayam adalah 3 : 4 : 8. Maka jumlah masing-masing hewan dalam kandang adalah?
6. Di dalam kelas terdapat jumlah siswa sebanyak 48 anak. Jika perbandingan antara jumlah siswa yang suka pelajaran IPA, IPS dan Matematika adalah 2 : 3 : 1. Maka selisih banyak anak yang suka pelajaran IPS dan Matematika adalah ….
7. Bayu memiliki jumlah kelereng sebanyak 500 buah. Dengan perbandingan warna merah, kuning dan hijau adalah 6 : 7 : 12. Maka selisih kelereng warna kuning dan hijau adalah ….
8. Usia ayah dan ibu memiliki perbandingan 5 : 4. Jika selisih usia mereka berdua adalah 9 tahun, maka usia ayah dan ibu yang sebenarnya adalah ….
9. Selisih siswa kelas 5 dan kelas 6 SD Kusuma Jaya adalah 12 Anak. Jika perbandingan jumlah siswa antara kelas 5 dan kelas 6 adalah 6 : 8. Maka jumlah anak kelas 6 adalah ….
10. Jumlah bunga mawar dan angrek di sebuah taman adalah 140 buah. Jika bunga mawar dan manggrek mempunyai perbandingan 2 : 5 . Maka selisih bunga mawar dan anggrek adalah ….


MUATAN IPS
Tujuan dan manfaat kerjasama ASEAN

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations yang merupakan organisasi geo-politik regional yang terdiri dari negara-negara Asia Tenggara. Dalam bahasa Indonesia, biasanya dikenal dengan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Perbara. 
ASEAN merupakan wadah bagi negara-negara anggotanya untuk melakukan kerja sama sepuluh negara-negara yang berasal dari Asia Tenggara. Kerja sama para negara anggotanya termasuk mengenai ekonomi, politik, pendidikan, sosial dan budaya. Kerja sama yang terbaru adalah agenda ASEAN yang bernama MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN

Organisasi ini lahir pada tanggal 8 Agustus 1967 yang ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok (yang kini disebut Deklarasi ASEAN) di Thailand oleh lima negara pendiri Asean. Kelima negara tersebut adalah Indonesia yang diwakili oleh Adam Malik, Malaysia diwakili oleh Tun Abdul Razak, Filipina dengan perwakilan Narciso Ramos, Singapura diwakili oleh S. Rajaratnam dan Thailand yang diwakili oleh Thanat Khoman. Salah satu yang melatarbelakangi berdirinya ASEAN adalah karena persamaan geografis, nasib, dan budaya. 

Sebagai organisasi, semboyan ASEAN adalah Satu Visi, Satu Identitas, Satu Masyarakat. ASEAN juga memiliki struktur organisasi dengan KTT ASEAN sebagai pertemuan tertinggi kepala negara anggota ASEAN. Setiap tahunnya, ASEAN akan memilih ketua secara bergiliran. Tanggung jawab sebagai ketua ASEAN adalah meliputi penyelenggaraan KTT ASEAN, Dewan Koordinasi ASEAN, Badan Sektoral ASEAN dan Dewan Masyarakat ASEAN. 

Untuk mengoordinasi semua hal berkaitan dengan ASEAN, maka didirikanlah Sekretariat ASEAN yang berada di Jakarta. Sekretariat ASEAN berfungsi sebagai penghubung antar badan dan komite ASEAN, penghubung ASEAN dan pihak eksternal serta sebagai pendukung program dan kegiatan ASEAN 


Tujuan ASEAN

Tahukah kamu apa saja tujuan ASEAN secara umum? Di tulisan ini kamu akan dapatkan pembahasan lengkap tentang ASEAN mulai dari pengertian, negara anggota, prinsip dasar dan tujuan didirikannya ASEAN.

Tujuan Utama Dibentuknya ASEAN


Tujuan awal didirikannya ASEAN adalah untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi dan perdagangan serta meningkatkan stabilitas dan keamanan di kawasan Asia Tenggara. Namun kini tujuan ASEAN diperjelas dalam Deklarasi ASEAN. Ada sebanyak tujuh tujuan ASEAN sesuai deklarasi. 
  1. Menyelaraskan pertumbuhan ekonomi, sosial dan perkembangan budaya di seluruh anggota ASEAN melalui kerja sama dalam semangat kesetaraan dan kemitraan untuk memperkuat ASEAN.
  2. Mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional dengan menghormati keadilan dan supremasi hukum antar anggota ASEAN sesuai prinsip Piagam PBB.
  3. Mempromosikan kerja sama yang aktif dan saling menguntungkan dalam berbagai bidang yang menjadi fokus utama, yaitu ekonomi, sosial, budaya, teknologi, sains dan bidang administrasi lainnya.
  4. Memberikan bantuan antar anggota dalam bentuk fasilitas pelatihan dan penelitian di berbagai bidang. Diantaranya adalah bidang pendidikan, profesi, teknis dan administrasi.
  5. Melakukan kerja sama yang lebih efektif serta memperluas perdagangan komoditas pertanian dan industri. Hal ini termasuk mempelajari masalah perdagangan internasional, meningkatkan fasilitas komunikasi, hingga meningkatkan sarana transportasi dengan tujuan meningkatkan standar hidup masyarakat ASEAN.
  6. Meningkatkan pendidikan di kawasan Asia Tenggara.
  7. Mempertahankan dan mempererat kerja sama yang menguntungkan dengan organisasi lainnya baik regional maupun internasional yang memiliki visi dan misi yang serupa.

Manfaat kerja sama ASEAN

Kerja sama yang dijalankan oleh ASEAN memiliki manfaat dan keuntungan baik bagi anggotanya maupun bagi partner kerja sama. manfaat yang di dapatkan antara lain:
  1. Memperkecil hambatan dalam melakukan perdagangan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, ekonomi negara akan meningkat.
  2. Kunjungan wisatawan yang meningkat. Karena adanya promosi wisata, maka kunjungan wisatawan akan meningkat yang berpengaruh pada cadangan devisa negara.
  3. Bagi negara-negara ASEAN, tujuan-tujuan dan misi ASEAN akan terus menunjukkan peningkatan yang berarti negara berkembang ke arah yang lebih baik.
  4. Khusus bagi Indonesia, ASEAN bisa menjadi sarana untuk memperjuangkan kepentingan nasional dan kepentingan Asia Tenggara di forum internasional yang lebih besar.

MUATAN SBDP
Membuat Brosur

brosur adalah sebuah booklet atau pamflet yang berisi gambaran mengenai produk atau jasa. Di dalamnya juga terdapat penjelasan mengenai kualitas dan karakter produk atau jasa untuk membantu penjualannya.

Secara umum brosur berfungsi sebagai media informatif dan persuasif. Sebagai media informatif, brosur bertujuan untuk menyampaikan informasi sehingga khalayak dapat bertambah pengetahuan dan wawasannya. Misalnya, mengenai jenis produk, harga produk, dan dimana produk tersbut dapat diperoleh. Bahkan, tak jarang ada brosur yang menyampaikan informasi mengenai seluk beluk produk, mulai dari pemilihan bahan baku hingga pemasaran.

Contoh Brosur Sekolah

Brosur sekolah biasanya berisi informasi tentang jadwal penerimaan siswa baru, berikut ini contoh brosur sekolah:





Contoh Brosur Sekolah
Contoh Brosur Sekolah 1







Contoh Brosur Sekolah
Contoh Brosur Sekolah 2







Contoh Brosur Sekolah
Contoh Brosur Sekolah 3







Contoh Brosur Sekolah
Contoh Brosur Sekolah 4






MUATAN BAHASA INDONESIA
Membuat gambar seri berdasarkan informasi suatu teks

Informasi dari suatu teks dapat kita sajikan dalam bentuk gambar seri. Gambar seri memudahkan kita untuk memehami isi suatu informasi dari teks. Gambar seri harus disajikan berututan sesuai isi urutan informasi suatu teks,apabila diperlukan dapat ditambahkan balon kata pada gambar seri.

MUATAN PPKN
Mengampanyekan ajakan bangga menggunakan barang buatan Indonesia melalui poster

Teknologi menjadi cara paling mudah dan ampuh serta berdampak saat menerapkan gaya hidup cinta produk dalam negeri. Sebab hal tersebut lekat dengan kehidupan generasi millennial.
Dengan menerapkan gaya hidup mendukung produk dalam negeri, akan banyak efek yang mengikuti. Tentu saja membuat produksi dalam negeri meningkat yang akhirnya menambah besar skala usaha dalam negeri. Menekan jumlah pengangguran dan kemiskinan. Sampai menambah pendapatan nasional dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi negara.
Dengan gaya hidup mendukung produk negeri sendiri, secara otomatis tergerak untuk mencintai hal-hal yang berkaitan dengan negeri ini. Bangga menjadi Indonesia dengan menggunakan barang hasil “tangan dan pemikiran” masyarakatnya. Langkah kecil sebagai kaum muda untuk mewujudkan sikap bangga tanah air.



0 komentar:

Posting Komentar