Selasa, 22 Oktober 2019

Selasa

MUATAN IPS
Posisi dan peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN

ASEAN adalah sebuah organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang dibentuk guna menjalin kerjasama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.  

 Indonesia selaku pelopor organisasi ASEAN, memiliki peran penting di dalam organisasi ini, salah satunya dalam bidang ekonomi.
Berbagai peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN, antara lain
1.Mendukung terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
2.Ikut serta berperan dalam lumbung padi ASEAN.
3.Ikut serta dalam melakukan kerjasama di sektor Industri, salah satunya ASEAN Aceh Fertilizer Project.
4.Indonesia sebagai salah satu pelopor dan pendiri Organisasi kerja sama ekonomi antarnegara.
5.Tuan rumah KTT ASEAN.
6.Berperan aktif dalam AFTA (ASEAN Free Trade Area).

MUATAN IPA
Pengertian magnet dan bentuk magnet

Magnet adalah suatu benda yang mampu menarik benda lain di sekitarnya yang memiliki sifat khusus. Setiap magnet mempunyai sifat kemagnetan,yaitu kemampuan benda dalam menarik benda-benda lain di sekitarnya.


Macam-macam Bentuk Magnet

  • Magnet batang bentuknya menyerupai batang atau balok atau kubus.
  • Magnet silinder, menyerupai tabung panjang.
  • Magnet jarum menyerupai jarum kompas dengan kedua ujung atau kutub magnet yang runcing.
  • Magnet U (magnet ladam) berbentuk seperti tapal kuda atau serupa dengan huruf U.
  • Magnet cincin, magnet ini memiliki bentuk bulat menyerupai cincin.
  • Magnet keping, magnet ini memiliki bentuk menyerupai kepingan logam.
Bentuk-bentuk magnet

Bentuk-bentuk Magnet

MUATAN BAHASA INDONESIA
Mengenal formulir kegiatan


Formulir adalah secarik kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang data diri.Formulir diisi sesuai dengan data diri yang sebenarnya. Contoh formulir pendaftaran.
Contoh Formulir Pendaftaran Anggota Baru Organisasi
Gambar: Contoh Formulir Pendaftaran

MUATAN SBDP
Macam macam reklame

Reklame adalah suatu cara untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk tertentu kepada orang banyak. Reklame dibuat untuk menarik perhatian orang agar membaca atau membeli produk yang ditawarkan

Jenis-jenis reklame :
1. Iklan
Iklan adalah jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual(tulisan dan gambar) pada media cetak atau elektronik. Berikut ini contoh reklame iklan.
reklame-iklan-koran
Contoh Reklame "Iklan"
2. Spanduk
Spanduk adalah reklame yang memuat informasi reklame komersial atau non komersial yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang di tempat strategis dan ramai. Berikut ini contoh reklame spanduk.
Reklame-spanduk
Contoh Reklame "Spanduk"
3. Brosur
Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame brosur.
reklame-brosur
Contoh Reklame "Brosur"
4. Embalase
Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.
reklame-embalase
Contoh Reklame "Embalase"
5. Poster
Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis. Berikut ini contoh reklame poster.
reklame-poster
Contoh Reklame "Poster"
6. Baliho
Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/ tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen. Berikut ini contoh reklame baliho.
reklame-baliho
Contoh Reklame "Baliho"
7. Billboard
Billboard adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan pada atap dinding pertokoan atau instansi tertentu dengan sifat permanen.
reklame-billboard
Contoh Reklame "Billboard"
8. Banner
Banner adalah jenis reklame dengan bentuk kotak (potrait) biasanya dicetak dengan digital printing menggunakan MMT ditempatkan depan toko atau instansi menggunakan penyangga.
reklame-banner
Contoh Reklame "Banner"
9. Leaflet
Leaflet adalah jenis reklame yang berupa lembaran kecil yang dilipat lipat, berisi informasi lengkap dan rinci. Penyampaiannya dilakukan dengan cara diletakkan ditempat yang mudah diambil, disebarkan atau diberikan langsung kepada konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame leaflet.
reklame-leaflet
Contoh Reklame "Leaflet"

10. Kalender
Kalender adalah pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang divisualisasikan pada media cetak atau elektronik. Kalender dalam bentuk media cetak dapat digunakan sebagai reklame dengan memberikan tambahan gambar dan tulisan sebagai reklame visual pada bagian depan atau bagian atas kalender. Berikut ini contoh reklame kalender.
reklame-kalender
Contoh Reklame "Kalender"
MUATAN PPKN
Keberagaman wirausaha di lingkungan sekitar

Beragam barang yang dibutuhkan oleh masyarakat mempengaruhi keberagaman kegiatan ekonomi yang ada. Mendirikan usaha sendiri disebut sebagai kegiatan berwirausaha. Wirausaha adalah sebuah kegiatan ekonomi yang didirikan oleh seseorang dengan modal dan kemampuan yang dimiliki oleh pemiliknya.
Kegiatan wirausaha menghasilkan beragam kebutuhan masyarakat. Ada yang menghasilkan barang dan juga jasa.
Perbedaan kegiatan wirausaha bukanlah penghalang untuk saling menghormati dan menghargai.keberagaman tersebut bermanfaat karena dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar