Kamis, 17 Oktober 2019

TEMATIK

MUATAN BAHASA INDONESIA
Melengkapi teks rumpang

Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik dengan cara lisan maupun tulisan. Dalam wujud lisan, kalimat diucapkan dengan suara naik turun dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir yang diikuti oleh kesenyapan yang mencegah terjadinya perpaduan ataupun asimilasi bunyi atau pun proses fonologis lain. Dalam wujud tulisan, kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.), tanda tanya (?), atau tanda seru (!); dan di dalamnya dapat disertakan tanda baca seperti koma (,), titik dua (:), pisah (-), dan spasi. Tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru pada wujud tulisan sepadan dengan intonasi akhir pada wujud lisan sedangkan spasi yang mengikuti mereka melambangkan kesenyapan.Tanda baca sepadan dengan jeda.
Sedangkan rumpang adalah ketidak lengkapan atau tidak lengkap atau sempurna, jadi kalimat rumpang adalah kalimat yang belum sempurna atau lengkap dalam penjabaran nya dalam lisan maupun tulisan.
Jadi kalimat rumpang adalah kalimat yang belum selesai atau kalimat yang belum lengkap. Melengkapi bagian kalimat yang hilang (rumpang) merupakan bagian menulis cerita (narasi).
Adapun langkahnya :
1. Baca teks dengan cermat
2. Temukan topik yang dibahas dalam teks
3. Perhatikan sebelum dan sesuadah bagian yang rumpang
4. Lengkapi bagian rumpang tersebut dengan menghubungkan bagian sebelum dan sesudahnya
5. Menggunakan bahasa yang baik dan benar dengan memperhatikan PUEBI

MUATAN IPA
Memanfaatkan energi matahari dalam kegiatan sehari- hrai
Panel surya merupakan salah satu upaya memanfaatkan energi altetnatif yang berasal dari matahari
Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang dirangkai seri atau paralel sesuai kebutuhan yang berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi listrik. Panel surya memproses aktivitas energi matahari. Pemanfaatan panel surya memiliki jumlah energi yang tidak terbatas, tidak menimbulkan polusi yang membahayakan lingkungan, serta dapat diaplikasikan dari kapasitas kecil maupun besar.

Pemanfaatan Panel Surya

Pembangkit energi listrik

Pembangkit listrik tenaga surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkitan listrik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Fotovoltaik mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik.

Sistem ventilasi

Kipas-kipas ventilasi seperti exhaust fan kamar mandi atau dapur, kipas lantai, sampai kipas langit beroperasi hampir setiap kali. Gunanya ialah untuk mengontrol bau, kelembaban, dan membuang panas dalam ruangan.
Penggunaan energi surya dengan memanfaatkan panel surya dapat mengurangi tagihan listrik tanpa mengurangi fungsi tujuan ventilator.

Pompa air

Selain untuk membangkitkan listrik, pemanfaatan panel surya juga dapat diaplikasikan untuk menghidupkan sirkulasi air. Pompa air tenaga surya memanfaatkan sinar matahari sebagai tenaga penggeraknya. Kelebihannya adalah tidak ada biaya energi penggerak, tidak direpotkan oleh ketersediaan bahan bakar atau listrik, sehingga sangat cocok untuk daerah yang belum terjangkau listrik PLN atau daerah yang sulit diakses.

Lampu penerangan tenaga surya (PJU)

Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya  (PJUTS) adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Penerangan Jalan Umum  Tenaga Surya ( PJUTS ) sangat cocok untuk daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN dan daerah yang mengalami listrik terutama di daerah terpencil. Belakangan ini PJU Tenaga Surya juga marak digunakana di daerah perkotaan seperti di jalan utama, jalan perumahan, halte bis, tempat parkir, pompa bensin (SPBU) dan banyak lagi.

Apa keuntungan menggunakan listrik dengan panel surya?

  • Mengurangi biaya listrik jangka panjang
  • Mengurangi ketergantungan pada listrik dari batubara
  • Menghindari dampak pemadaman mendadak saat komputer atau alat elektronik tidak bisa dinyalakan
  • Turut mengurangi pemanasan global, karena sistem solar panel atau panel surya menghasilkan energi yang ramah lingkungan dan tidak menyebabkan polusi

MUATAN BAHASA INDONESIA
Menentukan kosakata tidak baku dalam teks

Kata tidak baku merupakan kata yang dipakai tidak sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa yang sudah ditentukan. Biasanya kata tidak baku sering dipakai pada saat percakapan sehari-hari 
Ciri-ciri Kata Tidak Baku
  • Kata tidak baku dapat terpengaruh bahasa daerah atau bahasa asing
  • Kata tidak baku dapat terpengaruh oleh perkembangan zaman
  • Kata tidak baku digunakan pada percakapan santai
  • Kata tidak baku dapat dibuat oleh siapa saja sesuai keinginannya
Contoh Kata Baku dan Tidak Baku                
No.
Kata Baku
Kata Tidak Baku
1
AbjadAbjat
2
Advokat
Adpokat
3
Kategori
Katagori
4
Konferensi
Konperensi
5
Konkret
Konkrit
6Kiai
Kyai
7
Praktik
Praktek
8
Provinsi
Propinsi
9
Risiko
Resiko
10
Rezeki
Rejeki
11
Izin
Ijin
12
Sekretaris
Sekertaris
13
Sistem
Sistim

MUATAN PPKN
Menceritakan pengalaman cinta barang buatan Indonesia

Salah satu wujud sikap positif terhadap keberagaman kegiatan ekonomi yaitu dengan cara rasa bangga menggunakan barang buatan dalam negeri
Jika kita telusuri lebih lanjut, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh ketika kita sudah mencintai produk Indonesia, diantaranya: 
1. Produksi dalam negeri meningkat
2. Menambah besar skala usaha dalam negeri
3. Menambah jumlah investasi di Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar