Kamis, 22 Agustus 2019

TEMATIK

MUATAN IPS

Kerjasama dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Sebelum proklamasi kemerdekaan sifat perjuangan bangsa indonesia masih bersifat kedaerahan . kondisi tersebut merubah pemikiran para pejuang untuk bersatu meraih kemerdekaan . setelah kemerdekaan semangat persatuan dijaga untuk mempertahankan kemerdekaan dari bangsa asing. Para pejuang berkerjasama mengusir bangsa asing yang ingin menguasai Indonesia.
Kerjasama ini diwujudkan dengan pertempuran bersama yang melkibatkan bangsa Indonesia diberbagai wilayah seperti:
·         Pertempuran Surabaya
Bung tomo dan arek-arek suroboyo berkerjasama untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengusir tentara sekutu.
             
MUATAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
Memperaktikan pola lantai tari daerah

 Tari Tunggal 
Merupakan tari yang dilakukan satu orang penari pola lantai tari tunggal biasanya menggunakan pola vertical,horizontal, atau diagonal 

Contoh tari : tari jaipong dan tari topeng kelana
 
Tari Berpasangan 
Merupakan tari yang dilakukan oleh dua orang penari pola lantai yang biasa digunakan adalah pola horizontal, vertical dan diagonal.
Contoh tari : tari serampang duabelas dan tari payung 
 
·          
Tari Berkelompok
Merupakan tari yang di lakukan secara berkelompok pola lantai yang digunakan biasanya pola melingkar, melengkung, anggka delapan . 
Contoh tari : tari piring , tari lego-lego dan tari kecak
 



Contoh tari daerah beserta properti :
1. Tari Sekapur Sirih

Tari Sekapur Sirih.

Tarian ini merupakan tari persembahan. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu. Properti yang digunakan: cerano/wadah yang berisikan lembaran daun sirih, payung, keris.

Properti: baju kurung/adat Jambi, iringan musik langgam melayu dengan alat musik yang terdiri dari biola, gambus, akordion, rebana, gong dan gendang.

2. Tari Serimpi

Tari Serimpi.

Tarian ini adalah tarian klasik dari Yogyakarta. Tarian ini ditampilkan oleh empat orang penari wanita yang cantik dan anggun.

Kata serimpi itu sendiri berarti empat. Properti tari yang digunakan di antaranya adalah jebeng, cundrik atau keris kecil, pistol, jemparing, dan tombak pendek.

3. Tari Seudati

Tari Seudati.

Berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.

Selanjutnya siswa siswi kelas VI.D melakukan praktik tari daerah di kelas dengan secara berkelompok

0 komentar:

Posting Komentar