Kamis, 29 Agustus 2019

TEMATIK

Muatan Bahasa Indonesia
Melengkapi peta pikiran menggunakan kalimat efektif dan kata baku

 Kalimat efektif dapat diartikan sebagai susunan kata yang mengikuti kaidah kebahasaan secara baik dan benar. Tentu saja karena kita berbicara tentang bahasa Indonesia, kaidah yang menjadi patokan kalimat efektif dalam bahasan ini adalah kaidah bahasa Indonesia menurut ejaan yang disempurnakan (EYD).
Pada dasarnya, ada empat syarat utama sebuah kalimat dapat dikatakan efektif atau tidak.

1. Sesuai EYD

Sebuah kalimat efektif haruslah menggunakan ejaan maupun tanda baca yang tepat. Kata baku pun mesti menjadi perhatian agar tidak sampai kata yang kamu tulis ternyata tidak tepat ejaannya.

2. Sistematis

Sebuah kalimat paling sederhana adalah yang memiliki susunan subjek dan predikat, kemudian ditambahkan dengan objek, pelengkap, hingga keterangan. Sebisa mungkin guna mengefektifkan kalimat, buatlah kalimat yang urutannya tidak memusingkan. Jika memang tidak ada penegasan, subjek dan predikat diharapkan selalu berada di awal kalimat.

3. Tidak Boros dan Bertele-tele

Jangan sampai kalimat yang kalian buat terlalu banyak menghambur-hamburkan kata dan terkesan bertele-tele. Pastikan susunan kalimat yang kalian rumuskan pasti dan ringkas agar orang yang membacanya mudah menangkah gagasan yang kalian tuangkan.

4. Tidak Ambigu

Syarat kalimat efektif yang terakhir, kalimat efektif menjadi sangat penting untuk menghindari pembaca dari multiftafsir. Dengan susunan kata yang ringkas, sistemastis, dan sesuai kaidah kebahasaan; pembaca tidak akan kesulitan mengartikan ide dari kalimat kalian sehingga tidak ada kesan ambigu.
Contoh 

 Hasil gambar untuk Menuliskan informasi penting suatu teks sejarah menggunakan kata baku kelas 6 SD

Muatan PPKn

Pentingnya persatuan dan kesatuan demi kesejahteraan rakyat

Berdasarkan istilah persatuan dan kesatuan sendiri berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan dapat diartikan sebagai perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu. Sedangkan Kesatuan merupakan hasil perkumpulan tersebut yang telah menjadi satu dan utuh. Sehingga kesatuan erat hubungannya dengan keutuhan. Dengan demikian  persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.
 Untuk mencapai persatuan dan kesatuan kita perlu memiliki sikap peduli, rela berkorban, mendahulukan kepentingan bersama, dan toleransi. dan persatuan dan kesatuan perlu dipupuk dalam berbagai tingkat kehidupan baik di rumah, sekolah, masyarakat, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Contoh penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan demi mencapai kesejahteraan rakyat,yaitu :
1. Mencintai dan menggunakan produk indonesia
2. Rajin belajar untuk membangun bangsa
3. Mempererat kerjasama

Muatan IPS
Upaya meningkatkan kesejahteraan pada masa awal kemerdekaan

Pada masa awal kemerdekaan ,perekonomian indonesia mengalami keterpurukan. Untuk mengatasi masalah perekonomian,pemerintah menerapkan kebijakan sebagai berikut :
1. Kebijakan oeang republik indonesia ( ORI )
2. Konferensi ekonomi
3. Pinjaman nasional
4. Badan perancang ekonomi
5. Rencana kasimo

Muatan SBdP
Mempraktikan gerakan dan pola lantai tari merak

Pada tari merak,salah satu properti yang digunakan adalah selendang yang ujungnya dikaitkan ke salah satu jari.









0 komentar:

Posting Komentar