Selasa, 20 Agustus 2019

TEMATIK

IPA

CARA HEWAN BERADAPTASI PADA LINGKUNGAN TERTENTU

A. UNTA

Unta hidup di gurun pasir yang tandus, tidak ada air dan tanaman. Lalu, bagaimana cara mereka bertahan hidup, ya...?

Hewan yang hebat
Hewan ini merupakan salah satu transportasi yang diandalkan di padang pasir. Selain itu, mereka juga dapat membawa beban berat. Tidak heran jika unta dijuluki ships of the desert atau kapal gurun. Padahal di habitat aslinya, persediaan air sangat sedikit. Selain itu, cuacanya panas dan kering. Tapi unta adalah hewan yang hebat. Mereka mampu bertahan di lingkungan seperti itu.

Kemampuan Beradaptasi
Unta nemang diciptakan sempurna untuk dapat bertahan hidup di padang pasir. Unta mempunyai bulu mata panjang dan tebal yang berfungsi untuk melindungi mata dari pasir. Unta memiliki kelopak mata ketiga yang dapat menyingkirkan pasir.

Telapak kaki yang luas membantu mereka berjalan diatas pasir tanpa tenggelam. Lutut unta memiliki lapisan yang keras.

Salah satu hal yang sangat unik dari bentuk adaptasi unta adalah mereka dapat berpergian selama seminggu atau lebih tanpa minum air, bahkan mereka dapat bertahan sebulan tanpa makan. Tahukah kamu ? Sekali minum unta bisa menghasilkan kira-kira 100 liter air. Wow... Hebat bukan?

Tidak seperti mamalia lain, suhu normal tubuh unta yang sehat bervariasi. Ya... Suhu tubuh unta itu berubah-ubah dalam rebtang 34 hingga 41.7 derajat celcius. Inilah yang membuat tubuh unta dapat menyimpan air lebih lama, walaupun unta kepanasan dia tidak akan keringat, wajar donk... Tidak kehausan layaknya manusia atau hewan lainnya ketika berada di lingkungan pasir.

Luar biasa bukan? Bentuk adaptasi unta dapat hidup di gurun dengan nyaman.

B. BERUANG KUTUB

Beruang kutub merupakan salah satu hewan karnivora yang terbesar di dunia, berat badannya bahkan bisa mencapai satu ton. Jika kita membayangkan, beruang kutub pasti terlihat sangat lucu karena tubuhnya yang besar itu diselimuti oleh rambut putih dan lembut. Namun hal yang kita ketahui mengenai rambut beruang kutub yang putih itu adalah salah.
Sebenarnya rambut beruang kutub berwarna bening atau tidak berwarna. Warna putih yang terlihat oleh mata manusia merupakan pantulan dari lingkungan tempat tinggal beruang kutub yang diselimuti oleh salju. Tentu saja ada banyak alasan mengapa beruang kutub diciptakan memiliki rambut yang bening. Selain untuk kamuflase, rambut bening beruang kutub berguna sebagai penyerapan radiasi matahari secara efisien. Lingkungan beruang kutub yang berada di Kutub Utara memiliki pancaran sinar matahari yang sedikit, oleh sebab itu rambut bening beruang kutub yang bersifat fiber optic akan sangat berguna sebagai keberlangsungan hidup beruang kutub. Fiber optic merupakan sifat yang mampu mentransmisikan radiasi matahari ke kulit beruang kutub.
Beruang kutub ternyata memiliki lapisan lemak bewarna cokelat kehitaman dibawah kulitnya. Hal tersebut ternyata berkaitan dengan prinsip benda hiam, dimana benda yang bewarna gelap akan lebih cepat menyerap radiasi dibandingkan warna terang. Sehingga kombinasi antara rambut beruang kutub yang bening serta warna lemak cokelat kehitaman yang dimiliki beruang kutub sangat menguntungkan beruang kutub agar bisa tetap menjaga kehangatan tubuhnya di lingkungan yang ekstrim.

Beruang kutub memiliki mekanisme beradaptasi yang cukup unik, namun kita mengetahui bahwa perubahan iklim yang terjadi di bumi membuat populasi beruang kutub semakin lama akan semakin berkurang. Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan bahwaa dua per tiga populasi beruang Kutub akan punah pada pertengahan abad 21 dan dalam beberapa dekade Kutub Utara (Artik) akan kehilangan lapisan es yang sangat besar. Walaupun beruang kutub merupakan mamalia yang menghabiskan sebagian besar waktunya berenang di lautan, akan tetapi bongkahan es yang ada di Kutub Utara sangat dibutuhkan beruang kutub disaat melahirkan anak serta menjaga anak mereka sampai cukup kuat untuk hidup mandiri.

Oleh sebab itu, kita sebagai manusa harus berusaha melakukan tindakan yang berguna untuk mengurangi perubahan iklim yang sebagian bersumber dari emisi berlebihan dari pabrik, penebangan liar, serta ekstrasi bahan bakar fosil yang besar. Agar habitat beruang kutub tetap terjaga dan terlindungi.


C. KELELAWAR


Kelelawar merupakan satu-satunya jenis hewan mamalia yang dapat terbang dengan menggunakan sayapnya. Seperti yang kita ketahui, kelelawar mencari makan pada malam hari. Kelelawar mencari makan saat malam hari karena kelelawar sangat sensitif terhadap dehidrasi (kekurangan air). Oleh karena itu habitat atau tempat tinggal kelelawar biasanya di gua-gua, alam terbuka, atau di pepohonan. Jika siang hari kelelawar akan tidur dengan bergelantung terbalik. Bagaimana cara kelelawar melihat pada malam hari yang gelap? Mengapa kelelawar tidak menabrak benda-benda yang ada di depannya? Kelelawar mempunyai penglihatan yang baik. Selain itu kelelawar lebih mengandalkan pada suaranya yang nyaring untuk menuntunnya terbang. Ia mengeluarkan bunyi dengan frekuensi sangat tinggi, di atas frekuensi bunyi yang dapat didengar manusia. Bunyi ini tidak dapat didengar oleh manusia. Bunyi ini dinamakan ultrasonik. Getaran bunyi ini mempunyai frekuensi antara 25.000–50.000 Hz. Bunyi ultrasonik ini akan menabrak suatu objek atau benda. Kemudian getaran suara ini memantul kembali, dan ditangkap telinga kelelawar yang berfungsi sebagai radar. Proses ini hanya membutuhkan waktu sepersepuluh detik, cukup bagi kelelawar untuk mengetahui apa yang ada di depannya, ke mana arahnya dan berapa kecepatannya. Saat terbang, kelelawar mengeluarkan 5 sampai 20 getaran bunyi setiap detik. Namun, bila menemukan mangsa maka getaran bunyi yang dikeluarkan dapat mencapai 100 getaran setiap detik. Getaran yang dihasilkan itu untuk menentukan posisi mangsa atau makanannya. Oleh karena itu kelelawar dapat terbang dengan cepat dan lincah tanpa menabrak benda-benda di sekitarnya. Selain itu kelelawar juga dapat mendeteksi keberadaan mangsanya dengan cepat.

D. ELANG


Pernahkah kamu melihat elang? Mungkin kamu belum pernah melihatnya secara langsung atau kamu hanya melihatnya di televisi atau gambar. Elang memiliki ciri khusus. Apakah ciri khusus yang dimiliki elang? Elang adalah salah satu burung pemakan daging. ciri khusus burung elang yaitu memiliki indra penglihatan yang tajam dan mampu terbang hingga ribuan meter. Menurutmu, apakah fungsi utama indra penglihatan yang tajam dari burung elang tersebut? Dan bagaimana hal ini bisa terjadi? Elang dapat melihat benda secara rinci di tanah yang jauh di bawah. Elang juga mampu terbang hingga ketinggian ribuan meter. Mata elang bersudut pandang 300 derajat dan mampu memperbesar penampakan benda enam hingga delapan kali dari penampakan awalnya. Pada ketinggian 4.300 meter, elang dapat melihat 30.000 hektar daerah di sekelilingnya. Pada ketinggian 1.500 meter, elang dapat melihat gerakan atau perbedaan warna benda untuk menentu-kan letak mangsanya. Nah bagaimana hal ini dapat terjadi? Elang memiliki banyak sekali sel kerucut yang peka cahaya pada retina matanya. Sel-sel tersebut mengumpulkan cahaya dan mengirimkannya ke otak. Sebagai perbandingan, jumlah sel kerucut mata manusia tidak sebanyak yang dimiliki elang.

E. LABA-LABA

Berjalan pada permukaan langit-langit merupakan keahlian hebat yang dimiliki seekor laba-laba. Para ahli telah meneliti bahwa pada bagian bawah telapak kaki laba-laba terdapat serangkaian rambut-rambut panjang (setae). Di bagian permukaan ujung bawah atau bagian telapak dari masing-masing rambut ini tertutupi oleh rambut-rambut yang jauh lebih kecil lagi (setule) dengan ujung berbentuk segitiga. Adanya rambut pada telapak kaki ini menyebabkan gaya tarik-menarik dengan Dinding. Umumnya laba-laba mempunyai bisa atau racun untuk melumpuhkan mangsanya. Letak sepasang kelenjar bisa di depan thoraks dan disuntikkan melalui ujung cakarnya. Kekuatan bisa laba-laba tergantung pada jenis dan ukuran laba-laba. Umumnya, bisa laba-laba hanya mematikan serangga dan hewan vertebrata kecil.

F. ULAR




Ular merupakan jenis hewan reptil yang memiliki kepekaan dalam mencium bau. Dengan kemampuan penciumannya yang tajam, ular mampu mendeteksi letak mangsanya. Hal ini disebabkan oleh organ khusus penciuman yang dimilikinya, yaitu organ Jacobson. Namun organ ini disesuaikan dengan nama penemu organ ini yaitu L.L. Jacobson, ilmuwan asal Denmark). Organ Jacobson terdiri atas dua lubang di langit-langit mulutnya dan dilapisi reseptor kimia yang mampu mendeteksi bau. Pada saat melacak seekor mangsa, ular mencari bau mangsanya (berupa gas). Ini dilakukan dengan cara menjulurkan lidahnya keluar masuk dengan cepat. Nah, gas tersebut akan larut dalam air liur ular dan akan dibawa ke organ Jacobson. Dengan demikian ular dapat mengenali arah dan letak mangsanya dengan mengikuti baunya.
5Pernahkah kamu melihat bebek? Bebek tergolong unggas. Bebek memiliki kelebihan yaitu dapat berenang. Hal ini karena bebek memiliki selaput pada jari-jari kakinya. Jika kamu mempunyai bebek di rumah, coba perhatikan kakinya dan bandingkan dengan kaki ayam. Bebek juga memilik ciri khusus lainnya, yaitu bentuk paruhnya. Bentuk paruh ini memungkinkan bebek dapat mencari makan di tempat berlumpur. Coba perhatikan bulu bebek. Bulu bebek tidak basah saat terkena air. Hal ini karena bulu bebek dilapisi zat lilin.

Hewan-hewan yang beradaptasi dengan unik dalam melindungi diri

1. Belalang daun


Contoh-contoh Adaptasi Hewan Untuk Melindungi Diri
Hewan ini akan hinggap di pohon atau daun untuk kamuflase (suatu kemamuan hewan untuk menyamarkan diri sehingga kehadiran hewan tersebut di lingkungan tidak jelas) dan untuk melindungi dirinya dari hewan pemangsanya seperti burung dan musuh-mueuh berbahaya lainnya.

2. Bunglon


Contoh-contoh Adaptasi Hewan Untuk Melindungi Diri
Hewan ini akan melindungi dirinya dengan cara mengubah warna tubuhnya, sesuai dengan lingkungan yang ditempatinya. Jika hewan ini berada di tanah, maka warna tubuhnya akan seperti warna tanah tersebut. Perubahan warna bunglon ini disebut dengan mimikri (salah satu cara dari makhluk hidup untuk berkamuflase).

3. Cecak dan kadal


Contoh-contoh Adaptasi Hewan Untuk Melindungi Diri
Kedua hewan ini akan memutuskan sebagian ujung ekornya untuk melindungi diri. Jika ada hewan yang akan memangsa cecak maupun kadal atau kedua jenis hewan ini merasa terancam, maka kedua hewan tersebut akan segera memutuskan ekornya. Bagian ekor yang putus akan bergerak-gerak untuk beberapa menit. Hal ini akan mengalihkan perhatian hewan pemangsanya. Dan pada saat itu, cecak atau kadal akan segera menjauhi hewan pemangsanya. Ekor cecak dan kadal akan tumbuh lagi seperti semula dalam beberapa bulan.

4. Cumi-cumi


Contoh-contoh Adaptasi Hewan Untuk Melindungi Diri
Hewan ini akan melindungi dirinya dengan cara mengeluarkan tinta hitam yang terdapat pada tubuhnya. Hewan ini akan segera mengeluarkan tinta hitam untuk mengaburkan pandangan musuhnya.

5. Kalajengking


Contoh-contoh Adaptasi Hewan Untuk Melindungi Diri
Hewan ini akan mengeluarkan racun atau bisa untuk melindungi diri dari musuhnya. Hewan ini akan mengeluarkan racun menggunakan ekornya, dengan dilengkungkannya ke atas, kemudian ekornya akan langsung menyengat musuhnya.

6. Ular berbisa


Contoh-contoh Adaptasi Hewan Untuk Melindungi Diri
Hewan ini akan melindungi dirinya dari musuh yang dianggapnya berbahaya dengan menggunakan 'bisa' (zat racun yang dapat mematikan musuh) yang keluar dari dalam mulutnya



BAHASA INDONESIA 


Membuat peta pikiran dari teks sejarah

Sejarah Linggarjati

Perjanjian Linggarjati merupakan suatu perjanjian bersejarah yang berisi kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Belanda yang disepakati dalam sebuah perundingan.
Perjanjian Linggarjati juga merupakan upaya diplomatik pemerintah Indonesia untuk memperjuangkan wilayah kesatuan Republik Indonesia dari cengkraman penjajah Belanda.
Para tokoh dari Indonesia dan Belanda duduk bersama untuk membuat kesepakatan yang dirangkum dalam beberapa poin persetujuan. Peristiwa ini kelak dikenal dengan nama perjanjian Linggarjati.
Perjanjian ini telah berhasil mengangkat permasalahan antara Indonesia dan Belanda ke ranah international dengan melibatkan PBB (persatuan bangsa bangsa).
Perjanjian ini disebut dengan perjanjian Linggarjati karena lokasi terjadinya ialah di Desa Linggarjati yang terletak di sebelah selatan kota Cirebon, Jawa Barat pada tanggal 10 November 1946.

Sejarah Dan Latar Belakang Perjanjian Linggarjati

perjanjian linggarjati diadakan puluhan tahun lalu dirumah ini
www.pintuwisata.com
Konflik yang terus terjadi antara Indonesia dan Belanda menjadi alasan terjadinya Perjanjian Linggarjati. Konflik ini terjadi karena Belanda belum mau mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia yang baru saja dideklarasikan.
Para pemimpin negara menyadari bahwa untuk menyelesaikan konflik dengan peperangan hanya akan menimbulkan korban dari kedua belah pihak.
Untuk itu, Inggris berusaha mempertemukan Indonesia dengan Belanda di meja perundingan guna membuat sebuah kesepakatan.
Perjanjian bersejarah antara Indonesia dan Belanda ini akhirnya terlaksana di Linggarjati, Cirebon pada tanggal 10 November 1946.

Tokoh Yang Terlibat Dalam Perjanjian Linggarjati

Perjanjian Linggarjati ini dihadiri oleh beberapa tokoh perwakilan dari 3 Negara, yaitu Indonesia, Belanda dan Inggris.
Berikut tokoh-tokoh yang hadir dalam Perjanjian Linggarjati
proses menandatangani perjanjian linggarjati

Isi Perjanjian Linggarjati

Belanda membatalkan perjanjian linggarjati dengan sepihak
id.wikipedia.org/wiki/Agresi_Militer_Belanda_I
Karena terjadinya ketidak sepahaman antara Indonesia dan Belanda, maka perjanjian Linggarjati baru ditanda tangani oleh Indonesia pada tanggal 25 Maret 1947,
Perjanjian Linggarjati Resmi ditanda tangani oleh kedua belah pihak pada tanggal 25 Maret 1947 dalam upacara kenegaraan yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta.
Berikut ini merupakan isi dari Perjanjian Linggarjati:
  • Belanda mau mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan daerah kekuasaan meliputi Madura, Sumatera, dan Jawa. Belanda sudah harus pergi meninggalkan daerah de facto tersebut paling lambat pada tanggal 1 Januari 1949.
  • Belanda dan Republik Indonesia telah sepakat untuk membentuk Negara serikat dengan nama RIS.
    Negara Indonesia Serikat akan terdiri dari RI, Timur Besar, dan Kalimantan.
    Pembentukan RIS akan dijadwalkan sebelum tanggal 1 Januari 1949.
  • Belanda dan RIS sepakat untuk membentuk Uni Indonesia-Belanda dengan Ratu Belanda sebagai ketua.
Perjanjian Linggarjati ini memiliki dampak positif maupun negatif bagi Negara Indonesia.
Dampak Positifnya: Indonesia sebagai negara yang baru saja merdeka mendapatkan pengakuan secara de facto oleh Belanda.
Dampak Negatifnya: Wilayah indonesia semakin sempit karena Belanda tidak mengakui seluruh wilayah Indonesia. Belanda hanya mau mengakui wilayah Indonesia pada pulau Jawa, Madura dan Sumatera.

Pro Dan Kontra Perjanjian Linggarjati

Terjadi pro dan kontra dalam penandatangan perjanjian Linggarjati, namun akhirnya Indonesia setuju untuk menandatangani perjanjian ini pada tanggal 25 Maret 1947, ini terjadi karena:
  1. Cara damai merupakan cara terbaik demi menghindari jatuhnya korban jiwa, ini dikarenakan kemampuan militer Indonesia masih jauh dibawah militer Belanda.
  2. Cara damai dapat mengundang simpati dari dunia international.
  3. Perdamaian dengan gencatan sejata dapat memberi peluang bagi pasukan militer Indonesia untuk melakukan berbagai hal diantaranya dalah konsolidasi.
Pasca terjadinya perjanjian ini hubungan kedua negara tidaklah menjadi baik, ini dikarenakan adanya perbedaan dalam menafsirkan isi dari perjanjian.
Belanda menganggap Republik Indonesia sebagai bagian dari Belanda, sehingga semua urusan eksternal diurus oleh Belanda.
Belanda juga menuntut untuk dibuatnya pasukan keamanan gabungan. Karena hal inilah Belanda melakukan aksi bersenjata yang disebut dengan Agresi Militer Belanda, aksi ini sekaligus membatalkan perjanjian Linggarjati.
Begitulah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.
Pertanyaan 
1. Temukan informasi penting pada setiap paragraf ?
2. Sajikan informasi penting tersebut dalam bentuk peta pikiran 
3. Tuliskan peta pikiran tersebut 

0 komentar:

Posting Komentar