Jumat, 28 Agustus 2020

TEMA 2 SUBTEMA 2 ( PB. 5 dan 6 )

 Tema 2                        : Persatuan dalam Perbedaan

Subtema 2                   : Bekerja sama Mencapai Tujuan

Pembelajaran 5 dan 6  : Jumat, 28 Agustus 2020

 

IPS

Kerja Sama dalam Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Sebelum proklamasi kemerdekaan, perjuangan bangsa Indonesia sering kali mengalami kegagalan. Hal itu disebabkan oleh perjuangan yang masihbersifatKedaerahan. Kondisi tersebut mengubah pemikiran para pejuang untuk bersatu meraih kemerdekaan. Setelah proklamasi kemerdekaan,semangat persatuan terus terjaga. Bangsa Indonesia kembali bersatu untuk mempertahankan kemerdekaan dari ancaman bangsa asing. Mereka bekerja sama mengusir bangsa asing yang kembali inginmenguasai Indonesia.

Kerja sama ini diwujudkan dengan pertempuran yang melibatkan bangsa Indonesia di berbagai wilayah. Misalnya, Pertempuran Surabaya. Bung Tomo dan arek-arek Surabaya bekerja sama untuk meraih sebuah tujuan, yaitu mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan mengusir sekutu dari Surabaya. Tujuan ini dapat tercapai karena kerja sama yang berlandaskan semangat persatuan. Melakukan suatu kegiatan dengan cara bekerja sama memudahkan kita dalam meraih sebuah tujuan.Begitupun ketika kamu belajar di sekolah. Kamu dan kelompokmu bekerja sama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh gurumu. Kerja sama membuat pekerjaan menjadi ringan dan cepat selesai. Sama halnya dengan kerja sama mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

 

SBDP

Mempraktikan Pola Lantai Tari Daerah

Pola lantai berfungsi untuk mengatur posisi penari dalam ruang gerak ketika menari. Gerakan dalam tari dapat memiliki pola lantai yang berbeda. Setiap pola lantai juga dapat dikembangkan menjadi beberapa pola lantai lainnya. Perhatikan contoh tarian berikut ini.

 



 

PKN

Sikap Pantang Menyerah sebagai Penerapan Nilai Persatuan dan Kesatuan

Kamu telah memahami makna nilai persatuan dankesatuan. Salah satu contoh penerapan nilai persatuan dan kesatuan adalah kerja sama. Dalam bekerja sama mencapai tujuan, kita perlu rela berkorban. Selain rela berkorban, sikap pantang menyerah juga dibutuhkan dalam bekerja sama.

Para pahlawan kita mengalami banyak rintangan dalam memperjuangkan kemerdekaan, akan tetapi mereka tidak menyerah begitu saja. Setiap kali menghadapi rintangan, mereka berusaha lebih kerasuntuk menaklukkan rintangan tersebut. Mereka mengeluarkan segenap kemampuan yang dimiliki untuk mencapai tujuan. Kemampuan tersebut disatukan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.Giat belajar termasuk contoh sikap pantang menyerah.

Untuk absensi silakan klik lin dibawah ini !!!


ABSEN

SI 

0 komentar:

Posting Komentar