Selasa, 12 November 2019

TEMATIK

Muatan IPS 
Posisi dan Peran Indonesia di Bidang Ketenagakerjaan dalam Lingkup ASEAN

Posisi dan peranan Indonesai dalam bidang ketenagakerjaan memiliki beragam aspek. Indonesia tidak hanya menjadi penyedia tenaga kerja tetapi Indonesia juga menjadi penerima tenaga kerja asing.
Indonesia sebagai salah satu negara di dunia dan ASEAN tidaklah dapat berdiri sendiri. Ini berarti Indonesia membutuhkan negara lain untuk berinteraksi dalam berbagai bidang.

Salah satu bidang di mana Indonesia berinteraksi dengan negara lain adalah bidang ekonomi. Indonesia membutuhkan negara lain dalam kegiatan ekspor impor baik barang maupun jasa.

Dalam hal jasa, Indonesia menyediakan beragam kebutuhan negara lain akan tenaga kerja Indonesia. Tenaga kerja yang dapat dipekerjakan dari Indonesia sangatlah beragam dari sisi keterampilan yang dimiliki. Indonesia menjadi sumber tenaga kerja dalam jumlah besar bagi negara lain. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia menjadi negara tujuan pencarian tenaga kerja oleh negara lain secara khusus ASEAN.

Indonesia tidak hanya menjadi negara sumber tenaga kerja, melainkan juga negara penyedia lapangan kerja bagi tenaga kerja asing. Terdapat beragam industri atau bidang kerja dimana tenaga kerja asing dipekerjakan di Indonesia. Umumnya tenaga kerja asing yang dipekerjakan di Indonesia adalah tenaga kerja ahli yang diperlukan oleh industri-industri lokal yang masih berkembang. Kondisi industri yang masih berkembang seringkali menyebabkan kekurangan tenaga ahli. Hal inilah yang mendorong industri-industri lokal untuk mendatangkan tenaga kerja ahli dari negara ASEAN lainnya.
Masyarakat Ekonomi ASEAN secara sederhana bisa diartikan sebagai pengintegrasian ekonomi negara-negara di Asia Tenggara yang bertujuan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan segala hambatan-hambatan dalam upaya untuk meningkatkan perekonomian, seperti dalam perdagangan barang, jasa, dan investasi.
Seperti yang kita ketahui, pasar Asia lebih banyak didominasi Cina dan India. Oleh karena itu, dibuatnya MEA diharapkan bisa meningkatkan daya saing ASEAN agar bisa menyaingi kedua negara tersebut dalam menarik investor asing. Daya saing yang baik bisa membuat masuknya modal asing di wilayah ASEAN yang ke depannya sangat berguna untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan.
Saat ini MEA sedang berjalan. Setiap negara ASEAN memungkinkan untuk menjual barang dan jasa ke negara lain dengan lebih mudah. Pada akhirnya akan ada persaingan yang berujung pada peningkatan kualitas barang dan jasa yang diperjualbelikan. Untuk mendapat info lebih jauh mengenai MEA yang meliputi peluang, hambatan, dan pengaruhnya dalam ketenagakerjaan di Indonesia, dapat diketahui melalui ulasan berikut ini.

Inilah 4 Tujuan yang Ingin Dicapai dalam MEA

MEA diadakan dengan tujuan untuk menghilangkan hambatan yang mengganggu kegiatan perekonomian lintas negara dalam kawasan ASEAN secara signifikan. Dalam praktiknya, MEA diimplementasikan ke dalam empat pilar utama, yaitu:
  1. Menjadikan ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi internasional (single market and production base). Single market ini meliputi elemen aliran bebas barang, jasa, investasi, tenaga kerja terdidik, dan aliran modal yang lebih bebas.
  2. Mewujudkan ASEAN sebagai kawasan dengan daya saing ekonomi yang tinggi (competitive economic region). Ekonomi daya saing tinggi ini harus memiliki peraturan kompetisi, perlindungan konsumen, hak atas kekayaan intelektual, pengembangan infrastruktur, perpajakan, dan e-commerce.
  3. Menciptakan ASEAN sebagai kawasan dengan pengembangan ekonomi yang merata (equitable economic development). Pengembangan ekonomi yang merata ini meliputi elemen pengembangan usaha kecil dan menengah.
  4. Menjadikan ASEAN sebagai kawasan yang terintegrasi secara penuh dengan perekonomian global (integration into the global economy). Integrasi ini meliputi elemen pendekatan yang koheren dalam hubungan ekonomi di luar kawasan dan meningkatkan peran serta dalam jejaring produksi global.

MEA adalah Peluang Indonesia untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas

MEA 2017
Tenaga Kerja yang Berkualitas Jadi Hal Penting dalam MEA via adb.org

Hadirnya MEA sesungguhnya bisa menjadi babak awal bagi Indonesia untuk mengembangkan berbagai kualitas yang terkait dengan perekonomian di kawasan Asia Tenggara. Namun, dalam implementasinya, MEA bisa menjadi dua sisi mata uang yang bisa memberikan efek positif atau justru akan membuat perekonomian Indonesia terpuruk. Di satu sisi, para tenaga kerja dan produk buatan Indonesia mempunyai kesempatan untuk unjuk diri. Namun, di sisi lain, akan menjadi dampak negatif jika Indonesia gagal memanfaatkannya dengan baik.

MUATAN IPA
Tentang Medan Magnet

Medan magnet dalam ilmu Fisika, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. (Putaran mekanika kuantum dari satu partikel membentuk medan magnet dan putaran itu dipengaruhi oleh dirinya sendiri seperti arus listrik; inilah yang menyebabkan medan magnet dari ferromagnet “permanen”). Sebuah medan magnet adalah medan vektor: yaitu berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang dapat berubah menurut waktu. Arah dari medan ini adalah seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan di dalam medan tersebut.

Medan magnet adalah ruangan di sekitar kutub magnet, yang gaya tarik/tolaknya masih dirasakan oleh magnet lain. Dalam arti luas Medanmagnet, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. (Putaran mekanika kuantum dari satu partikel membentuk medan magnet dan putaran itu dipengaruhi oleh dirinya sendiri seperti arus listrik; inilah yang menyebabkan medan magnet dari ferromagnet “permanen”). Sebuah medan magnet adalah medan vektor: yaitu berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang dapat berubah menurut waktu. Arah dari medan ini adalah seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan di dalam medan tersebut.

Sifat Medan Magnet

Hasil kerja Maxwell telah banyak menyatukan listrik statis dengan kemagnetan, yang menghasilkan sekumpulan empat persamaan mengenai kedua medan tersebut. Namun, berdasarkan rumus Maxwell, masih terdapat dua medan yang berbeda yang menjelaskan gejala yang berbeda. Einsteinlah yang berhasil menunjukkannya dengan relativitas khusus, bahwa medan listrik dan medan magnet adalah dua aspek dari hal yang sama (tensor tingkat 2), dan seorang pengamat bisa merasakan gaya magnet di mana seorang pengamat bergerak hanya merasakan gaya elektrostatik. Jadi, dengan menggunakan relativitas khusus, gaya magnet adalah wujud gaya elektrostatik dari muatan listrik yang bergerak, dan bisa diprakirakan dari pengetahuan tentang gaya elektrostatik dan gerakan muatan tersebut (relatif terhadap seorang pengamat).
seorang pengamat).

Sifat Medan MagnetArus mengalir melalui sepotong kawat membentuk suatu medan magnet (M) disekeliling kawat. Medan tersebut terorientasi menurut aturan tangan kanan.

Magnet terdiri dari magnet-magnet kecil yang mengarah kearah yang sama (magnet elementer).Setiap magnet memiliki 2 kutub magnet, yaitu kutub utara dan selatan. Sifat dari kedua kutub itu adalah:
  • Jika kutub yang sejenis didekatkan akan saling tolak-menolak
  • Jika kutub yang tidak sejenis didekatkan akan saling tarik-menarik.
  • sifat magnet dapat menarik logam (seperti baja ataupun besi) atau benda sesama magnet.
  • sifat magnet memiliki dua kutub yang sudah saya jelaskan di atas. Yaitu kutub utara dan kutub selatan. Magnet selalu berpasangan kutubnya. Jika dipecah-pecah sampai kecil, magnet tetap memiliki dua kutub.
  • kutub magnet yang senama atau satu jenis akan tolak menolak. Sedangkan kutub yang tidak sejenis senantiasa akan tarik-menarik. Contohnya adalah jika ujung kutub utara magnet A didekatkan dengan kutub utara magnet B maka kedua magnet tersebut akan tolak-menolak. Akan tetapi jika kutub utara magnet A di dekatkan kutub utara magnet B maka akan tarik-menarik. Hal ini seperti cowok suka sama cewek. Artinya normal bukan?
  • magnet memiliki daerah di sekitarnya yang masih dipengaruhi magnet itu sendiri yang disebut dengan medan magnet. Misalnya jika kamu meletakkan sebuah jarum pentul pada dekat magnet, maka jarum pentul tersebut akan ketarik oleh magnet dan menempel.

MUATAN BAHASA INDONESIA
Mengidentifikasi Jenis Teks Formulir



Formulir diartikan sebagai sebuah lembar atau pun surat yang harus diisi. Formulir ini tersedia dalam beragam jenis, antara lain sebagai  berikut:



●  FORMULIR PENDAFTARAN

●  KARTU ANGGOTA

●  WESEL POS

●  KARTU POS

●  DAFTAR RIWAYAT HIDUP

●  SLIP MENABUNG BANK


Dan lain lain.

Masing-masing jenis forumulir di atas memiliki fungsi spesifik yang berbeda. Misalnya formulir berupa Kartu Pos yang fungsinya adalah untuk berkirim kabar. Sementara jenis Daftar Riwayat Hidup fungsinya sebagai dokumen yang memuat informasi hidup seseorang.
Salah satu contoh formulir  yaitu formulir wesel pos.
Blangko wesel pos ada dua macam, yaitu Wesel Pos Dalam Negeri dan Wesel Pos Luar Negeri. Wesel Pos Dalam Negeri digunakan untuk mengirim uang kepada seorang/instansi yang tinggal di wilayah Indonesia.
Sedangkan Wesel Pos Luar Negeri digunakan untuk mengirim uang kepada seseorang/instansi yang berada di luar negeri.
wesel

Langkah – Langkah Mengirim Uang Dengan Wesel Pos

Langkah-langkah untuk mengirim uang dengan wesel pos sebagai berikut.
1. Ambil blangko wesel pos yang tersedia di kantor-kantor pos.
2. Isilah secara lengkap. Yang perlu diisi adalah:
  • Tanggal pengiriman uang
  • Besarnya uang yang dikirim (Ditulis dalam bentuk angka dan bilangan)
  • Nama dan alamat lengkap pengirim
  • Nama dan alamat lengkap yang dikirimi
  • Isi pesan (maksimal 20 kata)
  • Tanda tangan dan nama terang pengirim
3. Serahkan blangko wesel pos kepada petugas pos. Petugas pos akan memeriksanya dan menentukan biaya pengirimannya.
4. Serahkan uang yang akan dikirim ditambah dengan biaya pengirimannya.
5. Petugas akan memberi selembar kertas sebagai bukti pengiriman. Simpanlah, kelak jika uang kiriman tidak sampai ke alamat, kamu dapat mempertanyakannya kepada petugas pos dengan memperlihatkan bukti pengiriman tersebut. Selanjutnya, petugas pos akan menelusurinya kembali.
MUATAN SBDP
Mengidentifikasi ciri-ciri embalase

Embalase adalah jenis reklame visual yang terdapat pada kemasan atau pembungkus hasil produk yang diperdagangkan. Kemasan suatu produk mempunyai dua fungsi: sebagai pembungkus atau pelindung barang produk dan sebagai daya tarik dan pemberitahuan kepada konsumen.
Tujuan penggunaan embalase,yaitu untuk melindungi produk agar tidak rusak, menarik perhatian pembeli, membuat produk lebih menarik, dan memberikan informasi tentang produk. Bahan yang digunakan untuk membuat embalase, yaitu plastik, kertas, kaca, atau kaleng.

reklame-embalase
MUATAN PPKN
Manfaat berwirausaha sejak kecil.
Anak-anak yang mengenal dunia wirausaha sejak dini, akan mendapati manfaat untuk bekal masa depan kelak. Pada tahapan usia yang terbilang belia, anak-anak yang belajar menumbuhkan jiwa wirausaha, akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif.
Kreativitas yang terlatih sejak dini, termasuk melalui berbagai ajang dan kegiatan kewirausahaan, menjadi modal utama produktivitas dan kemandirian anak kala ia dewasa.

Memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar berbisnis (berwirausaha) sejak kecil bukan berorientasi mencari uangMelainkan lebih untuk melatih kemandirian, dengan mengandalkan kreativitasnyaTujuan melatih kewirausahaan sejak dini lebih untuk memberikan kesempatan pada anak untuk tumbuh menjadi pribadi kreatif.
Manfaat berwirausaha sejak kecil :
1. Melatih jiwa wirausaha sejak kecil
2. Mengembangkan kreativitas yang dimiliki
3. Melatih diri untuk menghemat uang yang diperoleh
4. Memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang layak untuk dijual kembali
5. Mengasah potensi yang dimiliki
6. Meningkatkan persatuan dengan keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar