Jumat, 08 November 2019

MATEMATIKA DAN TEMATIK

MUATAN MATEMATIKA
Keliling lingkaran

Rumus mencari keliling lingkaran jika jari-jari diketahui. Jika jari-jari lingkaran diketahui maka untuk mencari keliling lingkaran yaitu:
Keliling Lingkaran = π × d
Atau bisa juga jika diameternya tidak disetujui maka kita menggunakan jari-jari untuk menghitung keliling lingkaran. Rumus yang digunakan adalah sebagai = 2 × π × r .
Sementara rumus diameter adalah sebagai berikut:  Diameter = 2 × r .
Keterangan:
  • π = phi = 22/7 atau 3,14
  • d = diameter, satuannya tergantung soal, biasanya menggunakan meter (m)
  • r = jari-jari, satuannya tergantung soal, biasanya menggunakan meter (m).
Perlu diketahui, jika jari-jari lingkaran yang diketahui merupakan kelipatan dari 7 maka gunakan π = 22/7, sedangkan jika jari-jari lingkaran yang diketahui merupakan bukan kelipatan dari 7 maka gunakan π = 3,14. Nah, agar kita lebih cepat dalam menghafal rumus keliling lingkaran di atas , mari kita coba lengkapi beberapa soal keliling lingkaran di atas ini.

Contoh Soal Menghitung Keliling Lingkaran

Contoh soal 1:
Berapa keliling lingkaran jika diameternya 40 cm?
Jawaban:
  • Keliling = π xd
  • = 3,14 x 40
  • = 125,66
Jadi keliling lingkaran tersebut adalah 125,66 cm.
Contoh Soal 2:
Hitunglah keliling lingkaran dengan jari-jari 20 cm.
Penyelesaian:
Diketahui:
  • r = 20 cm
  • π = 3,14
Ditanyakan: Keliling lingkaran?
Jawab:
  • Keliling = 2 × π × r
  • Keliling = 2 × 3,14 × 20
  • Keliling = 125,6 cm
Jadi, keliling lingkaran tersebut adalah 125,6 cm.>
Contoh Soal 3:
hitunglah keliling lingkaran dengan diameter 20 cm?
Penyelesaian:
Diketahui:
  • d = 20 cm
  • π = 3,14
Ditanyakan: Keliling lingkaran?
Jawab:
  • Keliling = π × d
  • Keliling = 3,14 × 20
  • Keliling = 62,8 cm
Jadi, keliling lingkaran tersebut adalah 62,8 cm.

MUATAN PPKN
Pentingnya kerjasama dalam memajukan sebuah wirausaha


Kerjasama adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih supaya dapat mencapai suatu tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan serta sudah disepakati secara bersama.
Biasanya dalam suatu perusahaan atau juga lembaga-lembaga, kerjasama tim pasti sudah menjadi suatu kebutuhan agar bisa mewujudkan keberhasilan di dalam mencapai tujuan. Kerjasama sebuah tim ini akan menjadi suatu dorongan sebagai energi ataupun motivasi bagi setiap individu yang juga tergabung di dalam sebuah tim kerja. Bilamana kerjasama tim ini dapat berjalan secara baik, maka suatu kelancaran di dalam berkomunikasi ataupun rasa bertanggung jawab kepada setiap individu yang ada di dalam sebuah tim kerja akan dapat terbentuk.
MANFAAT KERJASAMA DALAM TIM
1. Bisa Meningkatkan Efisiensi Kerja
efisiensi kerja
Setiap orang dalam tim mungkin memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Tetapi setiap orang harus sepakat dalam hubungan kerja, bukan ?. Nah Tim kerja ini harus memahami target dalam kelompok dan memiliki satu visi yang sama dalam bekerja.
Intinya Jika terjalin kerjasama yang baik, maka efisiensi kerja jadi meningkat. Setiap orang  pasti akan menjalankan fungsinya secara bersamaan sesuai tanggung jawab masing-masing, sehingga pekerjaan yang menumpuk dapat cepat diselesaikan.
2. Banyak Sekali Ide Kreatif Bermunculan
kreatif
Jika Anda selalu bekerja sendirian, maka pikiran Anda juga akan lama berkembang. Saat pikiran Anda buntu/ mentok, Anda pasti tidak akan bisa menemukan ide yang kreatif dan inovatif. Beda lagi jika Anda bekerja dalam team dan bekerjasama dalam tim, Anda dapat saling berkomunikasi untuk bertukar pikiran.
Disini Kreativitas pun akan dilatih karena terdapat diskusi untuk membahas berbagai gagasan yang menarik nantinya. Anda juga bisa mendapatkan ide terbaik yang pada akhirnya menciptakan solusi yang optimal secara bersama-sama.
3. Beban Kerja Menjadi Lebih Ringan
beban kerja
Banyak hal yang dapat dikerjakan jika dilakukan bersama-sama. Suatu pekerjaan besar pasti akan terasa mudah jika dikerjakan oleh beberapa orang. Meski setiap orang memiliki tugas masing-masing sesuai jobdesk yang dibagikan oleh atasan, semuanya akan saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama.
Enaknya memiliki tim, Anda juga bisa membagikan beban kerja Anda dan juga memberikan bantuan pada anggota tim lainnya. Semua orang pasti akan saling tolong-menolong dan belajar untuk tidak memperhatikan kepentingan pribadi, tetapi juga mengutamakan kepentingan bersama.
4. Stress atau beban kerja berkurang
stress

Jika Anda mengerjakan semuanya sendirian, beda halnya jika Anda membentuk team di bisnis Anda. Karena hal ini akan mengurangi tingkat stress Anda serta beban kerja berkurang karena didelegasikan kepada team Anda.
MUATAN BAHASA INDONESIA
Mengisi formulir LJK
LJK merupakan lembar jawaban peserta ujian yang hasilnya akan diperiksa oleh alat pemindai. 
LJK biasanya digunakan untuk formulir yang berbentuk ujian pilihan ganda, kuesioner, formulir registrasi dan pendataan
Langkah-langkah mengisi LJK :
1. Menggunakan pensil 2B
2. Periksa,apakah ljk ada yang rusak
3. Isi identitas diri dan mata ujian
4. Mengerjakan soal ujian


0 komentar:

Posting Komentar