Rabu, 11 November 2020

TEMA 5 SUBTEMA 2 (PB.1 )

 Assalamu'alaikum wr.wb.. 

Anak-anak Bu Guru yang Soleh dan Solehah, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.
Aamiin...Bu Guru Ingatkan Untuk selalu mengerjakan ibadah harian nya ya ! Sholat wajib, Sholat Dhuha, dan Murajaahnya. dan jangan lupa berdo'a terlebih dahulu sebelum memulai belajar. tetap semangaaaat !!
 
Apabila ada materi yg belum dipahami silahkan tulis di kolom komentar ya nak...
 
MATERI AJAR  
 

 
 

TEMA 5 : KEWIRAUSAHAAN 

SUBTEMA 2 :  USAHA DI SEKITARKU 

PEMBELAJARAN 1 


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Komoditas Impor Indonesia

1.       Barang Konsumsi, terdiri atas makanan dan minuman untuk rumah tangga, bahan bakarm alat angkutan, dan lain lain

2.       Barang baku dan penolong, meiputi makanan dan minuman untuk industri, bahan baku industri, bahan bakar dan pelumas, suku cadang dan lain lain

3.       Barang modal, meliputi mesin mesin pabrik, traktor, dan kendaraan bermotor.

 

Komoditas Ekspor Indonesia

1.       Hasil Pertanian dan hasil laut : getah karet, teh, lada hitam, lada putih, kopi, rotan, udang , ikan tuna, dan lainya.

2.       Hasil Industri : Kayu lapis pakaian jadi, timah, alumunium, minyak kelapa sawit.

3.       Hasil tambang diluar migas : Biji tembaga, biji nikel, bauksit, batubara.

4.       Hasil hutan : kayu, rotan, kemenyan, dammar, barang anyaman, mebel, dan lainya.

 

ILMU PENGETAHUAN ALAM

Magnet adalah salah satu benda yang banyak di gunakan dalam kehidupan manusia saat ini, karena sifatnya yang mampu menarik logam sehingga dapat dimanfaatkan dalam kehiduopan sehari-hari. Magnet dapat di gunakan dalam membuat motor listrik, pembangkit listrik dan sebagainya. Tidak semua benda dapat di tarik oleh magnet, benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda magnetik dan yang tidak dapat di tarik disebut dengan non magnetik. Kebanyakan benda magnetic adalah logam, namun tidak semua logam dapat di tarik oleh magnet. Saat logan di tarik oleh magnet, maka logam tersebut akan di pertahankan oleh magnet agar terus menempel padanya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa benda atau bahan-bahan yang dapat di tarik atau ditolak oleh magnet disebut sebagai bahan magnetik atau magnetis dan yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut bahan non magnetik atau non magnetis.

1.       Benda magnetik

Benda magnetik adalah benda-benda yang terbuat dari bahan-bahan yang mengandung unsur magnet atau logam yang dapat berinteraksi dengan magnet. Bahan – bahan magnetik memiliki kekuatan menempel yang berbeda – beda, sehingga dapat di kelompokkan menjadi tiga. Kebanyakan bahan ini adalah logam. Berikut adalah klasifikasi bahan magnetik :

Bahan ferromagnetik

bahan ini adalah bahan yang ditarik kuat oleh magnet, sehingga biasanya digunakan sebagai pasangan magnet dalam berbagai keperluan. Contoh bahan ferromagnetik adalah besi, baja, kobalt, dan nikel.

Bahan paramagnetik

bahan ini adalah bahan yang ditarik lemah oleh magnet dan tidak sekuat ferromagnetik. Contoh bahan paramagnetik adalah alumunium dan platina.

Bahan diamagnetik

bahan ini adalah bahan yang ditolak lemah oleh magnet. Contohnya adalah seng, bismuth, dan natrium klorida.

2.       Benda non magnetic

Benda non magnetik / magnetis adalah benda yang sebagian besar mengandung bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Bahan non magnetik tidak dapat di tarik atau ditolak oleh magnet, sehingga biasanya hanya menjadi pembungkus untuk alat –alat yang berhubungan dengan magnet. Kebanyakan bahan ini adalah bahan non logam, contohnya adalah plastik.

 

Contoh bahan magnetik dan bahan non magnetik

Setiap bahan jika dikaitkan dengan kemampuannya menarik benda atau memiliki gaya magnet atau tidak pasti akan terbagi dua yaitu benda atau bahan magnetik dan yang tidak magnetik. Berikut adalah contohnya :

Contoh bahan magnetik

Berikut adalah beberapa contoh bahan yang dapat ditarik oleh magnet :

1.       BesiBesi atau fe (ferrum) adalah logam yang paling umum digunakan di bumi karena merupakan unsur keempat terbesar pada kerak bumi. Besi dapat di tarik oleh magnet karena termasuk kedalam bahan ferromagnetik.

2.       Baja, Selain besi, baja juga merupakan bahan ferromagnetik yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Tentu saja baja yang ditarik kuat adalah baja murni.

3.       Kobalt, Elemen yang biasanya ditemukan dalam bentuk campuran di ala mini juga merupakan bahan yang dapat ditarik kuat oleh magnet.

4.       Nikel, Tidak seperti besi, nikel adalah salah satu logam yang tahan terhadap karat. Namun sayangnya nikel bersifat lembek dan biasanya dijadikan sebagai campuran pembuat bahan baja yang keras dan tahan karat.

 

Contoh bahan non magnetik

Berikut adalah beberapa contoh bahan yang tidak dapat ditarik maupun ditolah oleh magnet :

1.       KayuKayu adalah bahan yang berasal dari tumbuhan, biasanya digunakan sebagai bahan pembuat perabot hingga membuat rumah. Karena kayu bukanlah sejenis logam maka ia tidak dapat ditarik oleh magnet.

2.       Plastik, Plastik adalah bahan yang terbentuk oleh kondensasi organik atau penambahan polimer. Kita pasti telah kenal betul dengan plastik karena banyak perlengkapan yang terbuat dari plastik.

 

BAHASA INDONESIA

Pengertian Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup adalah tulisan yang berisi informasi diri, meliputi identitas diri serta kegiatan yang telah dilakukan. Informasi diri yang ditulis dalam Riwayat hidup harus didasarkan pada fakta dan disajikan dengan sangat rinci. Hal tersebut bertujuan untuk menjelaskan tentang jati diri kita kepada orang lain. Riwayat hidup dapat ditulis dengan dua bentuk, yaitu bentuk singkat dan bentuk narasi. Penulisan Riwayat hidup dalam bentuk singkat biasanya tampak seperti formulir. Informasi disusun dalam bentuk poin-poin, dan disusun secara berderet dari atas ke bawah dengan berurutan. Penulisan Riwayat hidup seperti ini lebih sering disebut daftar Riwayat hidup.

 

Berikut hal-hal yang biasanya ditulis dalam Riwayat hidup.

1.       Identitas diri, meliputi nama, usia, alamat, tempat, dan tanggal lahir, serta kontak yang dapat dihubungi.

2.       Riwayat Pendidikan, merupakan daftar yang berisi informasi Pendidikan yang pernah atau sedang ditempuh.

3.       Pengalaman berorganisasi atau kepanitiaan, meliputi kegiatan atau organisasi yang pernah diikuti semasa sekolah hingga saat ini, seperti ekstrakulikuler, komunitas dan seminar.

4.       Prestasi, meliputi berbagai penghargaan yang pernah diraih dari dahulu hingga sekarang.

5.       Keterampilan atau kemahiran, berisi daftar keterampilan yang dimiliki, seperti keterampilan berbahasa asing, keterampilan bermusik, keterampilan berolahraga, atau keterampilan dalam bidang teknologi. 

 

UNTUK ABSENSI SILAKAN KLIK LINK DIBAWAH INI !!!

 


 

ABSENSI 

4 komentar:

Rendy Cahya Andriyansyach mengatakan...

Rendy Cahya.A Hadir Bu

Anonim mengatakan...

Erlangga Ghazian Pratama
Hadir Bu Maya

Ambar Kenzie mengatakan...

Assalamualaikum Bu Maya, KENZIE AF, hadir bu

MAYA SHANTIE mengatakan...

Waalaikumussalam sayang.....,bagaimana ada kesulitan dalam materi cikgu ...,pabila ada yang kurang paham, bisa tanya ama cikgu ya....

Posting Komentar