Senin, 02 November 2020

TEMA 4 SUBTEMA 3( PB 4,5,6 )

 Assalamamualaikum,

Selamat pagi anak soleh dan soleha, apa kabar? 

Semoga kita sehat dan selalu dalam lindungan alloh SWT, amin amin ya robbal alamin. Anak - anak sebelum kita memulai pembelajaran kita mendengarkan tausiyah dulu ya, setelah itu kita melaksanakan sholat duha dan murojaah surat pendek. Tidak lupa membaca do'a untuk memulai pembelajaran.          Ayo kita simak pembelajarannya!

Tema  4           : Globalisasi

Sub tema 3      : Globalisasi dan Cinta Tanah Air

Pembelajaran   : 4, 5 dan 6

 

 

Bahasa Indonesia KD. 3.2

Menentukan  kosakata tidak baku dalam teks

 

Kata tidak baku adalah kata yang digunakan tidak sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa sudah ditentukan. Biasanya kata tidak baku sering digunakan saat percakapan sehari-hari atau dalam bahasa tutur. Adapun faktor-faktor yang dapat menyebabkan munculnya kata tidak baku, yang diantaranya sebagai berikut ini:

Yang menggunakan bahasa tidak mengetahui bentuk penulisan dari kata yang dia maksud.

Yang menggunakan bahasa tidak memperbaiki kesalahan dari penggunaan suatu kata, itulah yang menyebabkan kata tidak baku selalu ada.

Yang menggunakan bahasa sudah terpengaruh oleh orang-orang yang terbiasa menggunakan kata yang tidak baku.

Dan yang terakhir, yang menggunakan bahasa sudah terbiasa memakai kata tidak baku.

Membuat gambar seri berdasarkan informasi teks

gambar seri berasal dari gambar dan seri, gambar berarti tiruan barang yang berupa orang, binatang, tumbuh-tumbuhan, dan sebagainya. Sedangkan seri berarti rangkaian cerita yang berturut-turut. Jadi gambar seri berarti gambar turut-turut. media gambar seri disebut juga flow chart atau gambar susun. Media ini terbuat dari kertas manila berukuran lebar yang berisi beberapa gambar.

 

 PPKN KD. 3.3

Menceritakan pengalaman cinta barang buatan Indonesia

 Cinta terhadap buatan Indonesia diwujudkan dalam berbagai tindakan,antara lain :

lebih senang membeli barang  buatan Indonesia.

mengurangi pengunaan barang buatan asing.

Mengenalkan barang buatan Indonesia kepada masyarakat asing

Memberikan npenghargaan terhadap barang buatan Indonesia

  

Mengampanyekan ajakan bangga menggunakan barang buatan Indonesia melalui poster

Ajak teman atau lingkungan di sekitar untuk membeli produk dalam negeri. Misalnya, memilih kafe atau tempat kongko usaha lokal, waralaba asal Indonesia. Menumbuhkan kebiasaan cinta produk dalam negeri juga bisa dilakukan sejak dini. Tidak membawa adik untuk makan makanan cepat saji di usaha franchise luar negeri, misalnya. Agar tidak akrab dengan menu makanan di sana. Sehingga adik tidak akrab dengan produk luar tersebut.

Banyak produk Indonesia yang kualitasnya diakui dunia. Kebanggaan tersebut yang harus ada di diri setiap anak muda. Manfaatkan gadget dengan mengunggah produk-produk dalam negeri kesukaanmu. Bangga menggunakannya sekaligus mengenalkan.pengenalan tersebut bisa dengan kita membuat poster yg bertemakan barang buatan dalam negeri.

 

IPSKD. 3.3

Tujuan dan manfaat kerjasama ASEAN:

 1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan ini melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan persahabatan untuk memperkokoh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.

 2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan tertib hukum di dalam hubungan antara negaranegara di kawasan ini serta mematuhi prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa;

 3. Meningkatkan kerjasama yang aktif dan saling membantu dalam masalahmasalah yang menjadi kepentingan bersama di bidang-bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi;

 4. Saling memberikan bantuan dalam bentuk saran-sarana pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, profesi, teknik, dan admistrasi;

 5. Bekerjasama secara lebih efektif guna meningkatkan pemanfaatan pertanian dan industri mereka, memperluas perdagangan dan pengkajian masalah-masalah komoditi internsional, memperbaiki sarana-sarana pengangkutan dan komunikasi, serta meningkatkan taraf hidup rakyat mereka;

 6. Memajukan pengkajian mengenai Asia Tenggara; dan

 7. Memelihara kerjasama yang erat dan berguna dengan berbagai onrganisasi internasional dan regional yang mempunyai tujuan yang serupa, dan untuk menjajagi segala kemungkinan untuk saling bekerjasama secara erat di antara mereka sendiri.

 

SBDP  KD.3.1

Membuat brosur

Cara membuat brosur

Mementukan tema atau ide

Memilih jenis brosur

Memilih judul yang menarik

Mengatur tulisan pada informasi agar lebih mudah dibaca

Menyesuaikan ukuran gambar dan tulisan

 

 ABSENSI DAN TUGAS 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Iffah amaliyah d
kelas 6a hadir bu

MAYA SHANTIE mengatakan...

iya syng....., tetap semangat ya belajarnya !

Posting Komentar