Selasa, 28 Juli 2020

TEMA 1 SUB TEMA 2 ( PB 3 DAN 4 )


Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup

Subtema 2 : Hewan Sahabatku

PB 3 dan 4



Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah mengamati dan mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan secara ovipar, vivipar, dan ovovivipar serta manfaatnya dengan benar.
2. Setelah membaca teks laporan, siswa mampu menyusun kesimpulan dari teks yang dibacakan berdasarkan ide pokok yang ditemukan.
3. Setelah membaca teks , siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
IPA
Perkembangbiakan Hewan 
Ayo, ingat kembali cara perkembangbiakan hewan! Cara perkembangbiakan ada berbagai macam, antara lain ovivar, vivivar dan ovovivivar.
BAHASA INDONESIA
Menemukan Fakta dan Ide Pokok serta membuat Kesimpulan dalam Teks Laporan 
Teks laporan memuat informasi penting yang disajikan dalam bentuk fakta atau data. Informasi penting tersebut dapat ditemukan dengan membaca teks secara utuh. Selain itu, kita dapat membuat pertanyaan menggunakan kata tanya apa, di mana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana untuk mencari fakta dalam laporan.
Simpulan merupakan pendapat yang dibuat berdasarkan ide pokok dari suatu uraian panjang. Untuk dapat membuat simpulan suatu teks, kita dapat membaca teks secara keseluruhan. 
PKN 
Penerapan Nilai-Nilai Sila Keempat Pancasila 
Sila keempat menjadi pedoman dalam menyelesaikan masalah yang menyangkut kepentingan bersama. Sesuai dengan sila ke empat Pancasila, penyelesain masalah sebaiknya dilakukan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat. Setelah mufakat tercapai, semua peserta musyawarah harus melaksanakan keputusan dengan penuh tanggung jawab. Kita juga tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain agar tidak terjadi konflik dan selalu mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.
Salah satu pengamalan sila keempat Pancasila adalah mengikuti pemilihan umum. Pemilihan umum adalah proses memilih seseorang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Pemilihan umum merupakan pengamalan demokrasi Pancasila.

Contoh pengamalan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 
 
1. Melakukan musyawarah untuk menentukan jadwal ronda di lingkungan.
2. Mengikuti pemilihan umum, misalnya pemilihan presiden atau pemilihan kepala daerah.
3. Mengikuti pemilihan ketua kelas dengan tertib.
4. Tidak memaksakan kehendak dalam suatu musyawarah yang diikuti. 



Untuk latihan soal terkait dengan materi di atas dapat dikerjakan melalui link dibawah ini.
dengan mengklik " MULAI LATIHAN SOAL " 

Link di atas merupakan Link Google Form, dapat dikerjakan sekali saja dengan cara :
1.       pilih kelas 
2.    isi kehadiran
3.       mengisi Nama Lengkap
4.       mengisi Nomor Absen (sesuai dengan nomor absen kehadiran yang dishare di grup WA ya, misalnya 29)


NOTE:

Pengerjaan Latihan Soal hanya dilakukan SATU kali saja ya, jika mengerjakan lebih dari 1 maka nilai  yang akan diambil tetap yang dikerjakan pertama kali.



0 komentar:

Posting Komentar