Senin, 20 Juli 2020

TEMA 1 SUB TEMA 1 ( PB.1 )

Satuan Pendidikan : SD Al – Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas / Semester   : VI / 1

Tema 1                    : Selamatkan Makhluk Hidup
Sub Tema 1            : Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran         : 1

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

BAHASA INDONESIA
1.       Setelah membaca teks tentang perkembangbiakan jagung, siswa mampu menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
2.       Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
3.       Setelah membaca teks tentang “Tumbuhan Sumber Kehidupan”, siswa mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram. 
4.       Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci
5.       Setelah membaca contoh beberapa kesimpulan, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri kesimpulan yang baik dengan benar.
6.       Setelah berdiskusi, siswa mampu merumuskan komponen kesimpulan yang baik dengan benar.
7.       Setelah membaca teks laporan, siswa mampu mengumpulkan ide pokok dengan benar.
8.       Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat kesimpulan dari suatu teks menggunakan kosakata baku.

ILMU PENGETAHUAN ALAM
1.       Setelah mengamati bunga, siswa mampu mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya dengan benar.
2.       Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya dengan benar.
3.       Setelah mengamati dan mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan manfaatnya dengan benar.
4.       Setelah berdiskusi, siswa mampu menyampaikan cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan manfaatnya melalui tabel dengan benar.

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.       Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
2.       Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang  perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
3.       Setelah membaca teks tentang ASEAN dan kondisi geografisnya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.
4.       Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang  perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

B.   RINGKASAN MATERI

BAHASA INDONESIA

Pengertian Teks Laporan Hasil Pengamatan

Teks laporan hasil pengamatan adalah teks yang berisi informasi berdasarkan pengamatan yang sudah dilakukan. Misalnya, pengamatan tentang perkembangan hewan, tumbuhan, atau keadaan di lingkungan sekitar.

Secara umum, teks laporan hasil pengamatan berisi :
1. Informasi umum, yaitu informasi yang disajikan secara menyeluruh,
2. Kumpulan fakta-fakta, dan
3. Simpulan.

Dalam teks laporan hasil pengamatan juga terdapat ide pokok. Ide pokok adalah gagasan utama atau masalah pokok yang dibahas dalam suatu paragraf. Pada umumnya, dalam satu paragraf terdapat satu ide pokok.

Perhatikan contoh berikut!

Selain nasi dan jagung sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, terdapat puyla singkong. Singkong termasuk tanaman umbi-umbian. Pada tanaman singkong, bagian yang dijadikan makanan pokok adalah umbi akar.

Ide pokok paragraf tersebut adalah Singkong sebagai salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia.

IPA
PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN

Perkembangbiakan Tumbuhan secara Generatif

Salah satu ciri makhluk hidup adalag dapat berkembangbiak. Berkembangbiak berarti menghasilkan keturunan. Tumbuhan juga dapat berkembangbiak. Salah satunya dengan cara generatif.

1.Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah terjadinya tumbuhan baru yang didahului dengan penyerbukan. Penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuk sari yang mengandung sel kelamin jantan ke kepala putik yang mengandung sel kelamin betina. 




Alat-alat perkembangbiakan generatif tumbuhan terdapat pada bunga. Bentuk dan susunan bunga setiap jenis tumbuhan berbeda-beda. Namun, secara umum bagian-bagian bunga yang lengkap dapat kamu lihat pada gambar berikut.



Alat perkembangiakan tumbuhan adalah benang sari dan putik. Benang sari merupakan alat kelamin jantan dan putik merupakan alat kelamin betina. Benang sari terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Pada kepala sari yang cukup tua terdapat kotak sari yang berisi serbuk sari. Di dalam setiap serbuk sari terdapat sel kelamin jantan atau spermatozoid.

Putik terdiri kepala putik, tangkai putik,dan bakal buah. Di dalam bakal buah terdapat satu atau lebih bakal biji. Di dalam setiap bakal biji terdapat kantung lembaga yang mengandung beberapa inti. Salah satu inti itu merupakan sel kelamin betina atau sel telur (ovum).

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin atau spermatozoid dengan sel kelamin betina atau sel telur. Hasil dari pembuahan adalah zigot. Zigot berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah berkembang menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru. Tumbuhan akan tumbuh jika biji itu ditanam atau berada pada lingkungan yang cocok.


Macam – macam Penyerbukan

Seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya, perkembangbiakan generatif pada tumbuhan didahului dengan peristiwa penyerbukan.
Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dibedakan menjadi empat macam.

a. Penyerbukan sendiri, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri.
b. Penyerbukan tetangga, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain tetapi kedua bunga itu masih satu pohon.
c. Penyerbukan silang, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon tetapi masih satu jenis.
d. Penyerbukan bastar, yaitu serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda pohon dan tidak sejenis tetapi masih satu famili. Contoh penyerbukan antara cabe merah dengan cabe rawit.

Penyerbukan pada tumbuhan dapat dibantu oleh perantara, seperti serangga, burung, manusia, air, dan angin.




Penyerbukan berdasarkan perantaranya,antara lain :
  1. Penyerbukan oleh angin, yaitu penyerbukan yang dilakukan pada bunga yang tidak berwarna, tidak memiliki kelenjar madu, memiliki serbuk sari yang banyak juga mudah diterbangkan oleh angin. Contoh tumbuhan yang dibantu penyerbukannya oleh angin adalah rerumputan, jagung, kelapa.

  1. Penyerbukan oleh Hewan, dilakukan pada jenis bunga yang memiliki daya tarik oleh hewan seperti memiliki mahkota bunga yang berwarna – warni hingga mencolok, mengeluarkan bau harum yang khas dan berukuran besar. Contoh tumbuhan yang dibantu penyerbukannya oleh hewan adalah bunga kamboja. Hewan yang membantu penyerbukan antara lain : serangga (kumbang, lebah, kupu-kupu), burung penghisap madu (kolibri), kelelawar.


  1. Penyerbukan oleh Air, biasanya oenyerbukan yang umumnya terjadi pada tumbuhan habitat air. Proses penyerbukannya terjadi ketika hujan maka air hujan akan turun dan mengenai serbuk sari, Contoh tumbuhan penyerbukannya dibantu oleh air adalah Hydrill dan Elodia.




  1. Penyerbukan oleh Manusia, atau penyerbukan buatan yang membutuhkan bantuan penyerbukan manusia, seperti pada tumbuhan bunga anggrek, vanili, salak. Penyerbukan oleh manusia biasanya dilakukan dengan menempelkan bunga jantan dengan serbuk sari yang telah dipetik dengan bunga betina yang sudah matang atau masak.

IPS


Kondisi Geografis dan Kehidupan Sosial Budaya Negara-Negara di Asia Tenggara




Negara-negara di Asia Tenggara umumnya memiliki kondisi geografis yang sama. Akan tetapi, kesanmaan kondisi geograhs tersebut tidak menjamin kehidupan sosial budayanya pun sama. Berikut penjabaran mengenai kondisi geografis dan kehidupan sosial budaya negara-negara di Asia Tenggara.
1.         Indonesia
v Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan. Wilayahnya terdiri atas pulau-pulau yang dilikelilingi lautan. indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dan di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Australia. Indonesia juga terletak di antara dua sabuk pegunungan yaitu, Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Akibatnya, Indonesia memiliki banyak gunung dan pegunungan. Selain lautan yang luas, indonesia juga mempunyai banyak sungai besar dan kecil, serta danau.
v Penduduk Indonesia berjumlah 270.054.853 juta jiwa (sensus 2018). Penduduknya menganut agama Islam (terbesar), Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Penduduk Indonesia terdiri atas lebih dari 300 kelompok etnis. Kelompok terbanyak antara lain etnis Jawa, Sunda, Madura, Batak, dan Minangkabau. Setiap etnis memiliki warisan budaya masing-masing. Bahasa resmi negara adalah Bahasa Indonesia. Namun, Indonesia mempunyai 721 bahasa daerah sebagai bahasa ibu dan bahasa sehari-hari.
2.         Malaysia
v Wilayah Malaysia dipisahkan oleh Laut Tiongkok Selatan dan Selat Karimata. Wilayah barat terletak di Semenanjung Malaya, sedangkan wilayah timur teletak di Pulau Kalimantan. Wilayah Malaysia bagian timur sebagian besar berupa pegunungan. Wilayah Malaysia bagian barat relatif beragam kenampakan alamnya, yaitu dataran, rawa, pantai, perbukitan, dan pegunungan. Sungai yang mengalir di Malaysia Barat adalah Sungai Pahang dan sungai Perak, sedangkan Sungai Rajang mengalir Malaysia Timur.
v Jumlah penduduk Malaysia sebanyak 29.628.392 jiwa (2013) yang terdiri atas etnis Melayu, Tionghoa, dan India. Sebagian besar penduduk menganut agama Islam. Bahasa resmi Malaysia adalah bahasa Melayu. Ada juga bahasa Inggris, India, dan Mandarin yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari.
3.         Singapura
v Hampir sebagian besar wilayah Singapura berupa dataran rendah. Sebelah barat merupakan daerah rawa dan perbukitan. Perbukitan dengan puncak Bukit Timah berada di bagian tengah. Bukit-bukit rendah berada di bagian barat laut dan selatan. Beberapa sungai kecil mengalir di daratan Singapura, seperti Sungai Kranji dan Sungai Kallang.
v Jumiah penduduk Singapura adalah 5.460.302 jiwa (2013). Sebagian besar penduduk merupakan keturunan Tionghoa. Ada juga etnis Melayu, india, dan bangsa Eropa, Sebagian Desar penduduk beragama Buddha. Ada pula umat agama islam, Taoisme, Katolik, dan Hindu. Bahasa yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari, antara lain bahasa Mandarin, Melayu, Hokkien, dan lndia.
4.         Thailand
v Pegunungan dan perbukitan berada di sebelah tenggara, di bagian selatan terdapat Semenanjung Malaka, di sebelah selatan pegunungan utara juga terdapat dataran rendah. Sungai Chao Praya terletak di bagian tengah Thailand yang merupakan dataran rendah yang subur. Di bagian timur terdapat Sungai Mekong yang menjadi pembatas dengan Laos Di bagian timur laut terdapat Plato Korat yang merupakan wilayah yang kurang subur.
v Jumlah penduduk Thailand adalah 67.448.120 jivwa (2013). Sebagian besar penduduk merupakan etnis Thai. Sebagian besar masyarakat beragama Buddha. Bahasa resminya adalah bahasa Thai
5.         Filipina
v Sebagian wilayah terdiri atas rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik yang membagi Filipina menjadi dataran pantai barat dan timur yang sempit. Sungai di Filipina pendek berarus deras yang berkelok-kelok sehingga tidak dapat dilayari oleh manusia.
v Jumlah penduduk Filipina adalah 102.624.209 jiwa (2016) yang terdiri atas etnis Tagalog9 lokano, Cebuana, Hiligaynon llonggo, Bikol, Waray, dan Bisaya. Sebagian besar penduduk beragama Katolik. Bahasa resmi adalah bahasa Tagalog dan bahasa Inggris.
6.         Brunei Darussalam
v Seluruh daratan Brunei Darussalam dikelilingi oleh wilayah Serawak (Malaysia Timur). Wilayahnya memiliki dataran rendah dan pantai berawa di bagian barat dan perbukitan di bagian timur. Sungai terpanjang di Brunei Darussalam adalah Sungai Belait.
v Jumlah penduduk Brunei adalah 436.620 jiwa (2016) yang terdiri atas etnis Melayu, Tionghoa, dan sebagian suku Dayak. Sebagian besar penduduk menganut agama Islam. Bahasa resminya adalah bahasa Melayu. Bahasa Inggris dan Mandarin juga digunakan sebagai bahasa sehari-hari.
7.         Vietnam
v Keadaan alam Vietnam bervariasi, antara lain terdiri atas bukit, gunung, hutan lebat, dan dataran rendah. Di sebelah tenggara terdapat Dataran Tinggi Yunan dan Dataran Tinggi Annam. Delta Sungai Merah berada di sebelah utara.
v Jumlah penduduk Vietnam adalah 92.477.857 jiwa (2013). Sebagian besar penduduk merupakan etnis Kinh. Sebagian besar penduduk menganut agama Buddha. Bahasa resminya adalah bahasa Vietnam.
8.         Laos
v Wilayah Laos tidak mempunyai batas laut dan garis pantai karena Laos dikelilingi daratan negara Tiongkok, Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Secara umum, wilayah Laos bergunung gunung dengan hutan tropis yang lebat. Sebagian besar wilayah Laos merupakan dataran tinggi dan pegunungan Kordellera Annam di bagian utara. Dataran rendah hanya berada di bagian selatan dan barat daya. Sungai Mekong mengalir dari wilayah Barat daya sampai ke arah tenggara. Daerah sekitar Sungai Mekong adalah daerah tersubur sekaligus terpadat di
v Jumlah penduduk Laos adalah 6.695.166 jiwa (2013). Sebagian besar penduduk adalah etnis Lao dan menganut agama Buddha. Bahasa resminya adalah bahasa Lao. Bahasa lain yang dipergunakan penduduk Laos adalah bahasa Prancis, Inggris, dan Thai.
9.         Myanmar
v Keadaan alam Myanmar berupa dataran rendah hingga pegunungan. Pegunungan di bagian barat Myanmar adalah Pegunungan Arakan. Dataran rendahnya merupakan bagian dari delta Sungai lrawadi-Sitang di bagian tengah. Di bagian selatan, pesisir pantai berupa pantai berbatu karang.
v Jumlah pendudiuk Myanmar adalah 55.167.330 jiwa (2013) yang terdiri atas etnis Myanmar, Shan, Karen, Rakhine, Tionghoa, India, dan Mon. Sebagian besar penduduk beragama Buddha. Bahasa res minya adalah bahasa Myanmar.
10.     Kamboja
v Sebagian besar wilayah Kamboja merupakan dataran rendah dan dataran tinggi yang bergelombang di bagian timur. Di bagian barat laut terdapat Dataran Lacustrine. Dataran ini terbentuk akibat banjir di sekitar Danau Tonle Sap. Sungai Mekong adalah sungai terbesar yang melewati negara Kamboja.
v Jumlah penduduk Kamboja adalah 15.205.539 jiwa (2013). Sebagian besar penduduknya merupakan suku bangsa Khmer. Ada juga suku bangsa Vietnam dan Tiongh0a. Sebagian besar penduduk Kamboja beragama Buddha. Bahasa resminya adalah bahasa Khmer




================================================================================


Untuk latihan soal terkait dengan materi di atas dapat dikerjakan melalui link dibawah ini 

Link di atas merupakan Link Google Form, dapat dikerjakan sekali saja dengan cara :
1.       pilih kelas
2.       mengisi Nama Lengkap
3.       mengisi Nomor Absen (sesuai dengan nomor absen kehadiran yang dishare di grup WA ya, misalnya 29)

NOTE:

Pengerjaan Latihan Soal hanya dilakukan SATU kali saja ya, jika mengerjakan lebih dari 1 maka nilai  yang akan diambil tetap yang dikerjakan pertama kali.

0 komentar:

Posting Komentar