Satuan
Pendidikan : SD Al – Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas /
Semester : VI / 1
Materi : Bilangan Bulat
Materi : Bilangan Bulat
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Siswa mampu membilang dan menulis lambang bilangan bulat.
2. Siswa mampu menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
1. Siswa mampu membilang dan menulis lambang bilangan bulat.
2. Siswa mampu menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
3. Siswa mampu mengurutkan bilangan bulat.
4. Siswa mampu menggunakan konsep bilangan bulat
negatif dalam kehidupan sehari-hari.
B. MATERI PEMBELAJARAN : BILANGAN
BULAT
1. Membaca dan menulis lambang
bilangan bulat
Banyak hal di sekitar kita yang berhubungan
dengan bilangan bulat. Seperti menuliskan ketinggian, suatu tempat, suhu,
keuntungan atau kerugian dalam berdagang. Ini semua berkaiatan dengan bilangan
bukat. Bilangan bulat sendiri merupakan bilangan yang terdiri dari bilangan
negatif (Bilangan bulat negatif adalah bilangan yang dimulai dari bilangan
negatif satu ke bawah yaitu : -1, -2, -3, -4, -5, dan seterusnya.) , nol, dan
bilangan positif (Bilangan bulat positif adalah bilangan yang dimulai dari
bilangan satu ke atas yaitu 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. ).
Pengamatan :
Perhatikan gambar dan bacaa
berikut dengan cermat !
Makanan dan minuman disimpan
dalam lemari pendingin dengan suhu tertentu. Beberapa saat, suhu makanan dan
minuman dalam lemari pendingin mencapai 30C di bawah 00C.
suhu ini dpat dituliskan -30C atau dibaca negatif tiga derajat celcius. Kemudian
makanan dan minuman dikeluarkan dari lemari pendingin, suhu makanan dan minuman
menjadi 120C, maka dapat ditulis sebagai bilangan bulat 12 dan
dibaca positif 12 atau cukup dibaca 12
Pada garis bilangan, bilangan bulat digambarkan
sebagai berikut :
Contoh :
Tentukan bilangan bulat yang lebih dari -5 dan kurang dari 5 ?
Tentukan bilangan bulat yang lebih dari -5 dan kurang dari 5 ?
Penyelesaian :
Bilangan tersebut adalah :-4, -3,
-2, -1, 0, 1, 2, 3, dan 4
2. Mengurutkan dan membandingkan
bilangan bulat
a. Jika yang dibandingkan sama-sama positif, maka langsung dapat dibandingkan mana yang lebih besr dan yang lebih kecil.
b. Jika yang
dibandingkan berlawanan tanda, maka bilangan bertanda positif lebih besar dari
bilangan yang bertanda negative. ( tanpa menghiraukan nilai bilangannya ).
c. Jika yang
dibandingkan sama-sama negative, maka semakin besar bilangannya nilainya
semakin kecil
Penyelesaian :
Letakan bilangan-bilangan tersebut pada garis bilangan :
Lambang-lambang untuk membandingkan dua bilangan bulat sebagai berikut:
- a lebih dari b, ditulis a > b
- a kurang dari b, ditulis a < b
- a lebih dari atau sama dengan b, ditulis a ≥ b
- a kurang dari atau sama dengan b, ditulis a ≤ b
Contoh:
873 lebih dari -945, ditulis dengan
873 > -945
-9.569 kurang dari 1.089, ditulis dengan -9.569 < 1.089
873 > -945
3. Menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan
bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari.
Persoalan yang
berkaitan dengan bilangan bulat sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bilangan bulat selalu digunakan dalam berbagai bidang seperti
perdagangan, jual-beli, perhitungan suhu dan cuaca, pengukuran, perhitungan
data statistik, dan bidang-bidang lainnya. Dengan demikian, keberadaan bilangan
bulat sangat penting dalam kehidupan kita.
Penerapan
pada Termometer
Termometer merupakan suatu alat yang
dipergunakan untuk mengukur suhu suatu zat. Pada saat melakukan pengukuran,
termometer menyatakan suhu yang berada dibawah 0° C dengan menggunakan tanda –
(negatif).
Coba Perhatikan Uraian berikut!
Untuk suhu 2° C di atas titik
beku (0° C) kita bisa menuliskannya dengan +2° C atau 2° C, sedangkan
untuk suhu 3° C dibawah titik beku (0° C) kita bisa menuliskannya dengan -3° C.
Penerapan Pada Kapal Selam
Selain pada termometer dan Tes Ujian
(SPMB), ternyata bilangan bulat juga bisa kita jumpai pada kapal selam. Kapal
selam Umumnya digunakan untuk keperluan pengaman atau pengawasan, perang, dan
bisa juga digunakan untuk operasi penyelamatan.
Oleh Sebab itu penting bagi para
penyelam dan kapal selam untuk mengetahui tingkat kedalaman air laut. Jika
permukaan air laut di nyatakan dengan 0 meter, maka tinggi yang berada diatas
permukaan air laut dinyatakan dengan bilangan positif, dan untuk kedalaman
dibawah permukaan air laut dapat dinyatakan dengan bilangan negatif.Contohnya
jika kedalaman 15 m dibawah permukaan air laut maka ditulis -15 m.
Contoh Soal !
Suatu Ruangan Laboratorium diketahui
memiliki suhu 17° C, Untuk Suatu Penelitian Suhu Tersebut diturunkan kembali sebanyak
25° C lebih rendah dari suhu mula mula, berapakah suhu ruangan pada
laboratorium sekarang?
Penyelesaian;
Suhu awal 17 ° C, diturunkan
sebanyak 25° C,
maka 17° C – 25° C = -8° C
Jadi Suhu ruangan dalam laboratorium
tersebut sekarang yaitu -8° C (dibawah titik 0° C)
MULAI LATIHAN SOALhttps://forms.gle/KwafvqnoFZEDcvTV6
Link di atas merupakan Link Google Form, dapat dikerjakan sekali saja dengan cara :
1. pilih kelas
2. isi kehadiran
3. mengisi Nama Lengkap
4. mengisi Nomor Absen (sesuai dengan nomor absen kehadiran yang dishare di grup WA ya, misalnya 29)
0 komentar:
Posting Komentar