Selasa, 22 September 2020

TEMA 3 SUBTEMA 3 (PB.1 )

 Tema 3 : Tokoh dan Penemuan 

Subtema 3 : Ayo, Menjadi Penemu  

Pembelajaran 1

 



BAHASA INDOENSIA (Kata Baku dalam Teks Eksplanasi)

Kata Baku

Kata baku merupakan sebuah kata yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman atau kaidah bahasa yang sudah di tentukan, Atau kata baku adalah kata yang sudah benar dengan aturan maupun ejaan kaidah bahasa Indonesia dan sumber utama dari bahasa baku yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata baku umumnya sering dipakai pada kalimat yang resmi, baik itu dalam suatu tulisan maupun dalam sebuah pengungkapan kata-kata. Kata baku adalah  kata  yang sesuai kaidah bahasa Indonesia yang tecantum dalam PUEBI dan mengunakan kata-kata yang sesuai.

 

Kata-kata baku yakni kata yang dipakai sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang sudah di tentukan sebelumnya dan suatu kata bisa disebut dengan kata tidak baku bila kata yang dipakai tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. ketidak bakuan suatu kata bukan hanya diakibatkan oleh salah penulisan saja, akan tetapi dapat juga disebabkan oleh pengucapan yang salah dan penyusunan suatu kalimat yang tidak benar. Biasanya kata tidak baku selalu muncul dalam percakapan kita sehari-hari.

Ciri-Ciri Kata Baku

·         Kata baku tidak di pengaruhi bahasa daerah

·         Kata baku idak di pengaruhi bahasa asing

·         Pada pemakaian imbuhan secara eksplisit

·         Buka adalah bahasa percakapan

·         Gunakan yang sesuai dengan konteks kalimat

·         Tidak terkontaminasi atau tidak rancu

·         Kata baku tidak mengandung arti pleonasme

·         Tidak mengandung hiperkorek

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Peran Teknologi dalam peruahan masyarakat dibidang ekonomi)

Saat ini kegiatan ekonomi yaitu produksi dan distribusi, sudah mengunakan teknologi yang maju. Teknologi yang maju memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan ekonom sehingga kebutuhan dapat terpenuhi dengan cepat.

Peran teknologi dalam perubahan masyarakat adalah sebagai berikut :

1.        Peran teknologi dalam kegiatan produksi

Sebelum adanya teknologi, masyarakat melakukan kegiatan produksi secara tradisional. Petani memanfaatkan tenaga kerbau atau cangkul untuk menggemburkan tanah. Kemudian setelah panen masyarakat menggunakan alu atau lesung untuk menjadikannya beras. Saat ini, sebagian besar petani sudah menggunakan teknologi dalam bertani, seperti peggunaan traktor dan mesin penggiling beras

2.        Peran teknologi dalam bidang distribusi

Kemajua teknologi juga berpengaruh dalam kegiatan distribusi yaitu dengan adanya kemajuan teknologi berupa kendaraan bermotor hasil panen dapat didistribusikan ke berbagai daerah.

ILMU PENGETAHUAN ALAM (Persamaan dan perbedaan rangkaian seri dan paralel)

1.        Pengertian Rangkaian Seri dan Pararel 

Oleh karena banyaknya manfaat listrik bagi manusia maka ada baiknya bila Anda mengetahui sedikit informasi mengenai rangkaian arus listrik, agar Anda bisa memahami bagaimana cara kerja listrik di rumah dan diberbagai alat dan fasilitas yang biasa digunakan sehari-hari. Rangkaian listrik secara garis besar dibagi menjadi 2 jenis yaitu rangkaian seri dan pararel, Rangkaian seri ialah sebuah rangkaian listrik yang tersusun dengan sejajar (seri) dimana peletakan resistornya berurutan. Rangkaian seri lebih menghemat biasa karena penggunaan kabel penghubung lebih sedikit, namun bila salah satu komponen kabel di cabut atau mengalami kerusakan maka secara otomatis komponen kabel yang lain tidak dapat lagi berfungsi.

Rangkaian seri bisa berisi lebih banyak beban listrik dalam satu rangkaian arus listrik. Dua elemen berada dalam sebuah susunan seri bila mereka hanya memiliki satu tutuk utama yang tidak saling terhubung mengarah kepada elemen pembawa arus pada sebuah jaringan. Semua elemen disusun seri, maka rangkaian tersebut di sebut rangkaian listrik. Dan dalam rangkaian seri arus yang lewat disetiap komponen dan elemen listrik sama besarnya.

Rangkaian arus pararel merupakan sebuah rangkaian arus listrik yang semua input komponen listrinya berasal dari sumber yang sama. hampir semua komponan tersusun secara pararel, dimana hal tersebut menyebabkan sususan pararel lebih membutuhkan banyak dana karena penggunaan kabel penghubung yang lebih banyak. Namun salah satu kelebihan rangkaian pararel dibandingkan dengan rangkaian seri adalah saat komponen kabel dicabut atau mengalami kerusakan, maka komponen listrik yang lain masih bisa berfungsi seperti biasanya.

2.        Persamaan dan Perbedaan Rangkaian Seri dan Pararel

Ada beberapa persamaan antara rangkaian seri dan pararel yaitu :

a. Daya dan arus listrik rangkaian seri dan pararel memiliki kesamaan pada kebutuhan sumber tegangan listrik 

b. Sama-sama memiliki daya listrik yang cukup besar.   

 c. Kedua rangkaian bisa digunakan secara bersama-sama atau di campur (mix), 

d. Memiliki kesamaan hambatan, dimana semakin panjang kabel yang digunakan maka hambatan listrik bisa jadi semakin besar pula.  

Setelah mengetahui beberapa persamaan rangkaian seri dan pararel diatas maka ada baiknya bila Anda juga mengetahui perbedaanya, terdapat beberapa perbedaan sifat dari rangkaian seri dan pararel, antara lain :

Sifat khas dari rangkaian seri 

 

1. Arus dan nilai tegangan arus listrik yang mengalir pada masing-masing beban adalah sama 

2. Arus tegangan sumber dibagi dalam jumlah seri bila besar tahanannya sama. jumlah penururan arus pada rangkaian seri dari setiap tahanan seri adalah sama dengan nilai total sumber tegangan. Arus dan nilai tegangan yang dialirkan tergantung pada seberapa besar tahanan beban dalam sebuah rangkaian listrik. Besar arus listrik yang dihubungan dalam sebuah rangkaian listrik seri, dimana tahanan rangkaian total tegangan dapat menyebabkan naik dan turunnya tegangan yang mengalir dalam rangkaian.

3. Bila salah satu komponen atau bagian dari rangkaian arus putus atau rusak maka seluruh aliran dan arus listrik secara otomatis akan terhenti.

Sifat khas dari rangkaian seri diatas sangat berbeda dengan sifat khas dari rangkaian pararel. 

Sifat khas dari rangkaian seri

Berikut ini beberapa sifat khas dari rangkaian pararel :

1. Sumber tegangan listrik sama dengan tegangan pada setiap beban listrik yang ada 

2. Pada setiap cabang dalam rangkaian pararel merupakan sebuah rangkaian individu. Dimana arus dan tegangan setiap cabang tergantung pada besarnya tahanan cabang. 

3. Hampir semua tahanan dirangkai dalam sebuah rangkaian pararel, dimana tahanan total rangkaian mengecil yang menyebabkan tegangan total menjadi lebih besar. 

4.  Bila salah satu komponen arus pararel terputus, maka arus yang terputus hanyalah pada komponen tersebut, sedangkan komponen  arus listrik yang lain dapat bekerja seperti biasa tanpa adanya gangguan dari rangkaian arus yang terputus tersebut.

Contoh rangkaian listrik seri, antara lain :

Rangkaian lampu hias pada pohon natal merupakan rangkaian seri dari beberapa lampu. Dimana setiap lampu menerima tegangan atau arus listrik sesuai dengan kabel jalanya, umumnya 220V.

1.        Kulkas dan setrika listrik merupakan rangkaian seri dengan temperature kontrol.

2.        Senter dan lampu neon merupakan peralatan listrik yang menerapkan rangkaian seri.

3.        Sakelar merupakan salah satu alat yang menerapkan rangkaian seri pada beban arusnya.

Berikut beberapa contoh rangkain pararel, antara lain :

1.   Stop kontak adalah salah satu alat listrik yang menerapkan rangkaian pararel, dimana bila salah satu alat dicabun dari stop kontak maka alat yang lain tidak akan mengalami gangguan.

2.      Hampir sebaian besar listrik di rumah menerapkan distribusi listrik dengan rangkaian pararel, dimana pada waktu yang bersamaan lampu dan televisi dirumah Anda dapat menyala. Sedangkan bila televisi dimatikan maka maka lampu tetap menyala.

3.    PLN melakukan pendistribusian listrik dari masing-masing rumah dapat dikategorikan sebagai rangkaian pararel. Dimana bila ada salah satu rumah diputuskan aliran listriknya karena lalai dalam membayar iuran bulanan listrik, maka rumah-rumah yang berada disampingnya tidak akan merasakan dampak apa-apa atau dapat berjalan seperti biasa.

Untuk Absensi dan Tugas silakan klik link dibawah ini !!!

 

Absensi dan Tugas

 

0 komentar:

Posting Komentar