Jumat, 11 September 2020

TEMA 3 SUBTEMA 1 ( PB.4,5,dan 6 )

 Tema 3 Tokoh dan Penemuan

Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia

PB 4,5 dan 6

 

Ppkn 


 

Penggunaan Hak yang Bertanggung Jawab

Tahukah kamu, konsep dan penerapan pembangkit tenaga listrik beserta pendistribusiannya kerumah merupakan ide dari Thomas Alva Edison?

Pendistribusian listrik dari pembangkit listrik sampai kerumah memerlukan perjalanan panjang dan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, listrik yang kita gunakan sehari-hari umumnya berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus bertanggung jawab terhadap penggunaan hak kita dalam memanfaatkan listrik di rumah.

Berikut contoh-contoh penggunaan hak yang bertanggung jawab beserta manfaatnya.Mematikan lampu ketika berada diruangan cukup cahaya merupakan penggunaan hak yang bertanggung jawab.

1. Di Rumah

a. Bermain dengan nyaman, lalu merapikan mainan selesai bermain.

b. Menonton film kesukaan di televise dengan jarak yang benar dan tidak terlalu malam. Hal itu dilakukan agar mata tidak rusak dan tidak bangun kesiangan.

c. Makan makanan sehat dan bergizi, lalu mencuci piring kotor yang telah

digunakan. Hal itu dilakukan agar rumah tidak berantakan dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.

2. Di Sekolah

a. Merdapat pengajaran dengan mendengarkan penjelasan guru.

Hal itu dilakukan agar dapat memahami ilmu yang diajarkan.

b. Membaca buku di perpustakaan dengan tenang.

Hal itu dilakukan agar dapat membaca dengan fokus.

c. Bermain saat jam istirahat tanpa menimbulkan kegaduhan.

Hal itu dilakukan agar situasi sekolah tetap kondusif.

3. Di Masyarakat

a. Bermain di taman tanpa menginjak rumput.

Hal itu dilakukan agar rumput tidak mati dan tetap hijau.

b. Diperbolehkan ikut kerja bakti sesuai kemampuan.

Hal itu dilakukn agar pekerjaan yang dikerjakan dapat diselesaikan dengan baik.

c. Bermain sepeda tidak di jalan raya.

Hal itu dilakukan agar selamat dan tidak terluka.

IPS

Pengaruh Kemajuan Transportasi terhadap Perubahan Sosial Budaya

 

Lampu dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satunya sebagai bagian dari alat transportasi. Alat transportasi, seperti motor, mobil, bus, dan pesawat

Menggunakan lampu untuk penerangan saat berkendara di tempat gelap. Tahukah kamu bahwa transportasi merupakan contoh perubahan sosial di masyarakat? Sejak dahulu hingga sekarang, sarana transportasi selalu mengalami perubahan. Zaman dahulu, masyarakat menggunakan pedati,rakit, perahu dayung, dan becak sebagai sarana transportasi. Alat-alat transportasi tersebut masih sangat sederhana dan memiliki daya jelajah terbatas sehingga memerlukan waktu lama untuk menempuh jarak jauh. Seiring perkembangan zaman, perkembangan alat transportasi pun semakin maju. Misalnya, mobil, sepeda motor, kereta api, pesawat terbang, dan kapal laut. Alat transportasi tersebut mampu menempuh jarak jauh dalam waktu cepat. Dahulu, alat transportasi hanya membawa manusia dan beberapa barang kecil. Kini, alat transportasi seperti kapal api dan pesawat barang mampu mengangkut barang berukuran besar dan menempuh jarak jauh.

 

SBDP


 

Menyanyikan Lagu dengan Memperhatikan Interval Nada

Dalam kegiatan bernyanyi, nada mempunyai peran yang sangat penting. Nada merupakan unsur utama terciptanya lagu yang indah. Pengetahuan tentang nada sangat diperlukan agar kamu dapat menyanyikan lagu dengan tepat dan indah didengar. Antara nada yang satu dengan lainnya terdapat jarak tertentu yang disebut interval nada. Ada nada yang jaraknya 1/2, 1, 11/2, dan 2. Jarak tersebut menentukan kemungkinan variasi nada dalam lagu.




Bahasa Indonesia

Membuat Simpulan dari Sebuah Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu. Struktur teks eksplanasi terdiri atas : pernyataan umum (pembukaan), deretan perjelas (isi), dan penutup (kesimpulan). Kita dapat menuliskan simpulan dari teks eksplanasi dengan membaca terlebih dahulu teks tersebut secara keseluruhan. Setelah itu, kita dapat mencatat pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bentuk kata atau kalimat. Setelah itu, kita dapat menyusun kata/kalimat tersebut menjadi paragraf yang padu.

Untuk absensi silakan klik link di bawah ini !!!

ABSENSI dan TUGAS


0 komentar:

Posting Komentar