Selasa, 01 September 2020

TEMA 2 SUBTEMA 3 ( PB.1 )

 

TEMA 2                        : PERSATUAN DALAM PERBEDAAN

SUBTEMA 3                    : BERSATU KITA TEGUH

PEMBELAJARAN                : 1


BAHASA INDONESIA

 

KATA BAKU DAN KATA TIDAK BAKU

Kata baku adalah kata yang ditulis dan disusun sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

Ciri-ciri kata baku yaitu bentuknya tidak mudah berubah, memiliki arti yang tidak rancu dan tidak dipengaruhi oleh zaman.

Contoh:


IPA

MANFAAT ADAPTASI MAKHLUK HIDUP BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN

Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan beradaptasi untuk bertahan hidup. Kemampuan itu ditandai dengan bentuk atau struktur khusus dari makhluk hidup tersebut. Bentuk atau struktur khusus tersebut juga bermanfaat bagi manusia  dan lingkungannya. Berikut adalah beberapa pemanfaatan tumbuhan dan hewan bagi manusia dan lingkungan.

 A.     Manfaat Tumbuhan bagi Manusia dan Lingkungan

 1.       Lidah Buaya



Lidah buaya memiliki habitat di darat dan mampu bertahan di lingkungan kering. Tumbuhan ini memiliki daun berduri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan, daun yang tebal untuk menyimpan air, dan akar yang panjang dan menyebar agar lebih mudah mencari air.

Lidah buaya dapat menyerap polusi udara disekitarnya. Daging lidah buaya sering dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya, untuk menyembuhkan luka luar.

2.       Tumbuhan Bakau

 


Tumbuhan bakau hidup di pantai. Tumbuhan bakau memiliki akar tunjang yang berfungsi menahan tumbuhan dari terjangan ombak. Tumbuhan bakau bermanfaat bagi lingkungan dan makhluk hidup lain. Akar bakau berfungsi mencegah abrasi di pantai. Perairan di sekitar akar pohon bakau menjadi tempat hidup dan menjadi sumber makanan bagi beberapa jenis hewan laut, misalnya ikan dan udang.

 



B.     Manfaat Hewan bagi Manusia dan Lingkungan

 

1.       Cacing Tanah


Cacing tanah hidup di dalam tanah yang lembap. Cacing bergerak dan mencari makan di dalam tanah. Cacing menghasilkan kotoran yang dapat membuat tanah menjadi subur. Gerakan cacing di dalam tanah juga membuat tanah berpori. Tanah yang berpori membuat tanah mampu menyerap air dan nutrisi sehingga tanaman yang hidup di tanah tersebut menjadi subur.

 

2.       Domba



Domba merupakan hewan yang memiliki ciri khusus berupa rambut tebal. Rambut itu berfungsi untuk menghangatkan tubuh saat suhu di lingkungan rendah. Rambut domba dimanfaatkan manusia sebagai bahan pembuat kain wol. Kain wol biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan pakaian hangat. Selain itu, kotoran domba juga dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

 

IPS

 

MANFAAT KEMERDEKAAN BAGI KESEJAHTERAAN BANGSA INDONESIA

 

Pada masa penjajahan, bangsa Indonesia tidak mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara. Bangsa Indonesia juga mengalami kesengsaraan. Setelah kemerdekaan diproklamasikan, kehidupan bangsa Indonesia berangsur membaik. Bangsa Indonesia memulai pembangunan dalam berbagai bidang.

 

1.       Pendidikan

 

Bangsa Indonesia melaksanakan pembvangunan di bidang pendidikan. Pada masa penjajahan, pendidikan hanya dimiliki oleh golongan bangsawan. Selain itu, hanya kaum laki-laki saja yang berhak memperoleh pendidikan. Setelah kemerdekaan, seluruh rakyat Indonesia berhak memp[eroleh pendidikan yang layak. Pria dan wanita memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Mereka dapat bersekolah dan memperoleh ilmu pengetahuan sebagai bekal masa depan. Pendidikan yang layak bagi semua golongan merupakan salah satu tujuan bangsa Indonesia. Hal tersebut tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Rakyat Indonesia berhak memperoleh pendidikan

 

2.       Perekonomian

 

Sebelum merdeka, sebagian besar rakyat Indonesia hidup dalam perekonomian yang sulit. Kebijakan para amat menyengsarakan rakyat. Bahkan, beberapa kebijakan seperti tanam paksa, kerja rodi, atau romusha menyebabkan kematian rakyat Indonesia. Setelah merdeka, perekonomian Indonesia berhasil dikuasai oleh negara. Pemerintah mulai memperbaiki perekonomian bangsa Indonesia. Rakyat Indonesia dibebaskan untuk melakukan kegiatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraannya. Hal ini sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea kedua, yaitu kemerdekaan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Rakyat Indonesia berhak melakukan kegiatan ekonomi

 

3.       Sosial

 

Setelah proklamasi kemerdekaan, setiap rakyat Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama. Tidak ada lagi pengelompokan rakyat Indonesia seperti pada masa penjajahan. Setiap suku memiliki derajat yang sama. Keberagaman budaya pun mulai terlihat dan dilestarikan sebagai kekayaan bangsa.

Meningkatkan kesejahteraan rakyat merupakan tanggung jawab pemerintah. Akan tetapi, sebagai warga negara kita dapat ikut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Misalnya dengan membuka lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran dan mendukung program pemerintah. Kesejahteraan juga dapat terwujud jika warganya hidup rukun. Kerukunan membuat rakyat dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan, yaitu meningkatkan kesejahteraan bersama.

Lapangan pekerjaan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraaan masyarakat.

 

Untuk absensi dan tugas silakan klik link dibawah ini !!!

 

ABSENSI DAN TUGAS

0 komentar:

Posting Komentar