Selasa, 08 September 2020

TEMA 3 SUBTEMA 1 (PB.1 )

Tema 3 Tokoh dan Penemuan 

Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia 

Pb 1



Bahasa Indonesia 

Mengidentifikasi Informasi Penting dari Teks Eksplanasi 

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi informasi tentang suatu hal atau fenomena yang terjadi di masyarakat. Misalnya tentang budaya, gejala alam, dan proses terjadinya sesutu. Seperti teks pada umumnya, kita dapat menemukan topik permasalahan dan simpulan dari teks eksplanasi. Topik permasalahan dapat ditemukan pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Selain itu, kita juga dapat membuat simpulan dari sebuah teks eksplanasi. Kita dapat menuliskan simpulan dari sebuah teks eksplanasi dengan membaca keseluruhan isi teks. 

 

IPA

Rangkaian Listrik

Peralatan elektronik yang ada di rumah kita dapat menyala karena adanya arus listrik dan rangkaian listrik. Contoh peralatan elektronik yaitu, lampu, senter dan televisi. Rangkaian listrik tersusun dari komponen-komponen, yaitu sumber listrik, konduktor listrik, dan alat listrik. Selain itu, kita juga memerlukan sakelar, yaitu alat yang dapat menyambung dan memutus arus listrik dalam rangkaian listrik. Dalam rangkaian listrik sederhana, sumber listrik misalnya baterai. Komponen konduktor misalnya kabel listrik.

- Baterai berfungsi menghasilkan listrik. Arus listrik mengalir dari kutub negatif ke kutub positif baterai. 

- Kabel listrik berfungsi sebagai konduktor yang mengalirkan arus listrik 

- Lampu berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi cahaya 

 

Rangkaian listrik dibedakan menjadi rangkaian terbuka dan rangkaian tertutup. Pada rangkaian terbuka, salah satu komponen rangkaian tidak terhubung. Pada rangkaian tertutup, semua komponen terhubung. Rangkaian tertutup dapat dibedakan menjadi rangkaian seri dan rangkaian paralel. 

 

Rangkaian seri

Beberapa peralatan elektronik yang ada di rumah kita tersusun dalam rangkaian seri. Ciri-ciri rangkaian seri adalah sebagai berikut. 

- Rangkaian listrik dipasang secara berurutan (seri) dan tidak bercabang. 

- Jika salah satu padam, lampu lainnya ikut padam karena aliran listrik terputus. 

Contoh peralatan yang menggunakan rangkaian seri adalah senter. Berikut skema rangkaian seri pada senter beserta komponen-komponen penyusunnya. 

 

IPS 

Penemuan Baru Membawa Perubahan Sosial Budaya di Masyarakat 

Perubahan sosial budaya merupakan perubahan yang meliputi perilaku, Sikap,nilai, dan tata kehidupan masyarakat. Perubahan sosial budaya biasanya terjadinya dari kehidupan tradisional menuju kehidupan modern. Masyarakat modern memiliki cara berpikir, bertindak, dan bersikap yang sesuai dengan tuntutan zaman. salah satu penyebab terjadinya perubahan sosial adalah adanya penemuan baru di masyarakat. Penemuan baru tersebut membawa pengaruh besar terhadap perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Penemuan baru tersebut memudahkan kehidupan manusia.

Contohnya, sebelum ada listrik, manusia melakukan kegiatan sehari-hari dengan cara sederhana atau tradisional. Setelah listrik ditemukan, manusia dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih mudah dan cepat. Sebelum ada listrik, untuk penerangan manusia masih menggunakan lilin atau lampu teplok. Cahaya lilin atau lampu teplok kurang terang dan sangat terbatas. Setelah listrik ditemukan, manusia menggunakan bola lampu untuk menerangi ruangan. Cahaya bola lampu jauh lebih terang dan dapat menjangkau keseluruhruangan. Berkat penemuan listrik pula, banyak kegiatan hidup manusia yang berubah, di antaranya cara memasak, belajar, dan bekerja menjadi jauh lebih mudah dan cepat. 

Selain listrik, masih banyak contoh penemuan baru yang mengubah kehidupan masyarakat. Misalnya, penemuan baru dalam bidang komunikasi yang dapat menghubungkan antarmanusia di berbagai wilayah. Telepon atau smartphone memudahkan manusia dalam berkomunikasi tanpa dibatasi jarak dan waktu. Cara berkomunikasi antar manusia pun mengalami perubahan. Contoh lainnya adalah penemuan baru di bidang transportasi, seperti mobil, motor, bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang. Penemuan-penemuan tersebut membuat masyarakat dapat bepergian ke mana saja dan kapan saja.

Banyak perubahan cara hidup dan perilaku manusia dengan kehadiran penemuan baru. Perubahan yang terjadi adalah perubahan cara hidup tradisional kearah modern,sesuai tuntutan zaman. Perubahan ini membuat hidup manusia menjadi lebih mudah,cepat, dan lebih baik.

Untuk absensi dan latihan soal silakan klik link dibawah ini !!!

 

                       Absensi dan Tugas 




0 komentar:

Posting Komentar