SELASA, 30 NOVEMBER 2021
Kompetensi Dasar :
IPA 3.1
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Setelah mengamati dan mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi cara perkembangbiakan vegetatif dan generatif pada tumbuhan serta hewan dan manfaatnya dengan benar.
2.Setelah berdiskusi, siswa mampu menyampaikan cara perkembangbiakan vegetatif dan genartif pada tumbuhan serta hewan dan manfaatnya melalui tabel dengan benar.
MATERI AJAR
MEMBANDINGKAN CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN
Salah satu ciri mahluk hidup adalah berkembangbiak. Berkembangbiak diperlukan mahluk hidup untuk menghasilkan keturunan. Dengan berkembangbiak mahluk hidup terhindar dari kepunahan. Perkembanfbiakan makhluk hidup dibagi menjadi 2 yaitu secara generatif dan vegetatif.
No | Cara | Penjelasan |
1 | Spora | Spora adalah butiran seperti biji tetapi berukuran sangat kecil. Contoh: tumbuhan paku, lumut, |
2 | Tunas | Tunas muncul dari pangkal batang tumbuhan. Tunas tumbuh menjadi individu baru. Contoh: pisang, bambu, nanas, palem |
3 | Umbi batang | Mata tunas muncul pada umbi batang, dan tumbuh menjadi individu baru. Contoh: kentang, ubi jalar |
4 | Umbi lapis | Berupa kumpulan daun yang berlapis-lapis membentuk siung. Setiap siung tumbuh menjadi individu baru. Contoh: bakung, bawang merah |
5 | Umbi akar | Mata tunas muncul pada pangkal batang dan tumbuh menjadi individu baru. Contoh: dahlia, wortel, lobak, singkong |
6 | Geragih/ Stolon | Batang yang menjalar dipermukaan/dalam tanah membentuk ruas/buku. Tunas pada buku batang tumbuh menjadi individu baru. Contoh: pegagan, arbei, rumput teki, stroberi |
7 | Akar tinggal/ rhizoma | Batang yang tumbuh di dalam tanah. Dari batang tersebut muncul tunas yang tumbuh menjadi individu baru. Contoh: jahe, kunyit, lengkuas |
8 | Tunas adventif | Mata tunas muncul di bagian ujung daun dan akar Contoh: cocor bebek |
No | Cara | Penjelasan |
1 | Bertelur (ovipar) | Pembuahan terjadi ketika sel jantan (sperma) membuahi sel telur (ovum). Ovum dihasilkan induk betina dalam ovarium, sedangkan sperma dihasilkan induk jantan dalam testis. Contoh: unggas (ayam, burung), ikan, serangga, amfibi (katak), sebagian reptil (komodo, kura-kura, penyu) Pembuahan ada 2 macam: Pembuahan internal (dalam tubuh) Contoh: burung, serangga, ayam, bebek, angsa Pembuahan eksternal (luar tubuh) Contoh: ikan, katak |
2 | Beranak (Vivipar/ melahirkan) | Terjadi pada hewan mamalia (memiliki kelenjar susu) Contoh: kucing, anjing, sapi, kambing, lumba-lumba, paus, pesut, anjing laut, kelelawar |
3 | Bertelur dan beranak (ovovivipar) | Embrio (calon individu) mengalami pertumbuhan di dalam telur yang ada dalam tubuh induknya. Setelah cukup umur, anak menetas dan keluar dari tubuh induknya. Contoh: Kadal, ular boa |
No | Cara | Penjelasan |
1 | Membelah diri | Terjadi dengan dengan membagi tubuhnya menjadi dua bagian yang sama atau lebih secara langsung Contoh: amoeba |
2 | Tunas | Hewan ini bertunas saat dewasa. Tunas tersebut tumbuh sebagai individu baru dan memisahkan diri dari induknya. Contoh: Hydra, ubur-ubur, porifera, coelenterata |
3 | Fragmentasi | Individu baru terbentuk dari potongan-potongan tubuh induknya. Setiap potongan tubuh akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru. Contoh: cacing pita, cacing planaria |
Sebelum Memulai mengerjakan soal ada beberapa hal yang harus anak-anak perhatikan:
1. Setiap siswa hanya boleh 1 kali mengerjakan dari setiap soal yang diberikan.
2. Kerjakan setiap soal tepat waktu (Sesuai dengan jadwal Pelajaran), apabila sangat terpaksa tidak bisa mengerjakan soal sesuai jadwal silahkan konfirmasi kepada guru yan bersangkutan
3. Dokumentasikan saat siswa mengerjakan soal (Foto siswa saat mengerjakan soal atau screenshoot setelah mengirim jawaban sebagai bukti bahwa siswa telah mengerjakan soal)
4. Sebelum mengerjakan soal jangan lupa Berdo'a terlebih dahulu agar diberikan kemudahan dan kelancaran saat mengerjakan soal.
0 komentar:
Posting Komentar