Selasa, 27 Juli 2021
MUATAN TEMATIK KELAS VI.C
GURU KELAS : MAYA SHANTIE, S. Pd.
Selamat pagi anak soleh dan soleha, semoga kita sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT. Anak - anak sebelum mulai pembelajaran sebaiknya kita mendengarkan tausiyah dahulu, berdo'a sebelum belajar, melaksanakan sholat duha, dan muroja'ah surat-surat pendek. Tak lupa ibu mengingatkan, selalu laksanakan sholat wajib tepat pada waktunya. TETAP SEMANGAT !
TEMA 1. SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
SUBTEMA 2. HEWAN SAHABATKU (PB1-2)
A. Muatan Pembelajaran :
- PPKn KD 3.1 dan 4.1
- IPA KD 3.1 dan 4.1
- IPS KD 3.1 dan 4.1
- SBdP KD 3.4 dan 4.4
B. Tujuan Pembelajaran:
-Peserta didik mampu mengklasifikasi hewan berdasarkan cara perkembangbiakannya.
- Peserta didik mampu membedakan kehidupan ekonomi dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.
- Peserta didik mampu menemukan memecahkan masalah terkait pelaksanaan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
-
Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau adonan, peserta
didik mampu mencoba membuat patung dengan lebih terampil.
- Peserta didikk mampu merencanakan desain patung dan maknanya secara rinci.
B. RINGKASAN MATERI
IPA
Perkembangbiakan Hewan
Hewan berkembang biak untuk melestarikan jenisnya. Ada berbagai macam cara perkembangbiakan hewan.
1. ovivar
Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovivar.
Ciri-ciri hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur :
Contoh hewan bertelur: burung, ikan, reptilia dan katak.
2. vivivar
Perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan disebut juga dengan vivivar.
Ciri-ciri hewan yang melahirkan:
Contoh hewan yang melahirkan : sapi, kucing, kambing, lumba-lumba dan landak.
3. Perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur dan melahirkan (ovovivivar).
Perkembangbiakan
hewan dengan cara bertelur dan melahirkan disebut juga dengan
ovovivivar. Hewan yang bertelur dan melahirkan tidak memiliki ciri
khusus.
untuk pemahaman, tuliskan jawabanmu pada kolom komentar bogger bu guru!
Dari gambar berikut, tentukan hewan mana sajakah yang termasuk ovipar, vivipar dan ovovivipar!
MATERI IPS
Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Potensi Ekonomi Negara-Negara di Asia Tenggara, simaklah video berikut!
Kegiatan
ekonomi suatu masyarakat biasanya dipengaruhi oleh kondisi geografis
lingkungan sekitar. Mereka menyesuaikan mata pencaharian dengan alam
sekitar. Oleh karena itu, kegiatan ekonomi masyarakat di suatu daerah
dapat berbeda dengan daerah lain. Berikut kegiatan ekonomi negara-negara
Asia Tenggara.
SBDP
Pembuatan patung
Teknik-Teknik Pembuatan Patung
Pembuatan
patung disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Ada bahan berupa batu,
kayu, dan tanah liat. Setiap bahan memiliki teknik pembuatan yang
berbeda-beda. Berikut beberapa teknik pembuatan patung.
1. Teknik membutsir
Teknik membuat patung dengan cara memijit, menambah, atau mengurangi bahan yang dibentuk.
Alat : butsir atau pisau sudip
Bahan: tanah liat atau plastisin
2. Teknik memahat
Teknik mengurangi bahan dengan cara dipahat pada bahan yang digunakan.
Alat : pahat dan palu
Bahan: kayu atau batu
3. Teknik mencetak
Teknik
mencetak dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tenik cetak tuang dan cetak
tekan. Pembuatan patung dengan teknik mencetak biasanya menggunakan
cetak tuang (cor).
Alat : cetakan sesuai bentuk yang diinginkan
Bahan : semen, gips, fiberglass, atau emas cair.
4. Teknik konstruksi
Teknik
yang digunakan dengan cara menyusun atau membangun bahan. Cara
menyusunnya dapat dilakukan dengan membuat kerangka terlebih dahulu,
lalu direkatkan dengan lem.
Alat : rangka bangunan atau meja putar
Bahan : tanah liat, plastisin, semen atau gips
MATERI PKn
Penerapan Nilai-Nilai Sila Keempat Pancasila
Sila
keempat pancasila mengandung makna pemerintahan dari rakyat, oleh
rakyat dan untuk rakyat dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat.
Musyawarah adalah suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk
memecahkan persoalan guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian
masalah.
Nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila, antara lain :
1. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat,
2. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain,
3. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama,
4. Menerima dan melaksanakan hasil musyawarah dengan rasa tanggung jawab, serta
5. Melaksanakan musyawarah dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
SETELAH
KALIAN MENYIMAK MATERI DI ATAS SILAHKAN KERJAKAN TUGAS YANG DIBERIKAN,
KEMUDIAN KIRIM HASIL KERJA KEPADA IBU GURU SAMPAI JAM 12.00 WIB !!!
MOHON UNTUK MENGUMPULKAN TEPAT WAKTU YA NAK!
TUGASMU HARI INI!
Tulislah pertanyaan dan jawaban di buku tulis latihan tema dengan tulisan tegak bersambung yang rapi! (teks tidak perlu ditulis).
Pahami peristiwa pada teks berikut!
1. Berdasarkan teks bacaan, apa saja sikap yang menceriminkan pengamalan sila keempat pancasila?
2. Apa yang terjadi jika Jonas dan kakaknya tetap memaksakan kehendak masing-masing?
3. Bagaimana pendapatmu tentang sikap ayah?
4. Mengapa kita perlu melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat?
5. Tuliskan contoh pengalamanmu dalam menerapkan sila keempat pancasila di rumah!
3 komentar:
Ayam,ular,buaya,burung,ikan
Assalamualaikum
Nama : Ushe Mulia Arani
Kelas : 6C
No absen : 24
1. Hewan ovipar : burung, ikan, buaya, ayam, kura-kura
2. Hewan vivipar : sapi, kucing, lumba-lumba
3. Hewan ovovivipar : ular
Assalamualaikum..
Samy mufidi
Kls 6 C
Absen 22
Hadir
Terimakasih materinya bu..
Posting Komentar