Rabu, 02 September 2020

TEMA 2 SUBTEMA 3 ( PB. 2 dan 3 )

TEMA 2                        : PERSATUAN DALAM PERBEDAAN

SUBTEMA 3                : BERSATU KITA TEGUH

PEMBELAJARAN      : 2 DAN 3

 

PPKn


MENJELASKAN MANFAAT PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM KEHIDUPAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

 

Sejarah menunjukkan bahwa bangsa Indonesia berhasil meraih kemerdekaan karena adanya persatuan dan kesatuan. Meskipun terdiri atas beragam suku bangsa, budaya, dan agama, bangsa Indonesia mampu bersatu dan mengalahkan para penjajah. Untuk mencapai persatuan dan kesatuan tersebut diperlukan adanya kerukunan. Perbedaanyang disatukan dalam kerukunan dapat menjadi kekuatan sebuah bangsa. Jika seluruh bangsa Indonesia bersatu, kita akan semakin mudah untuk menjaga kekayaan sumber daya alam dan budaya yang kita miliki agar tidak diambil atau diakui negara lain.

Peribahasa yang berbunyi "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh" sangat sesuai dengan persatuan dalam perbedaan yang ada di Indonesia. Peribahasa tersebut memiliki arti suatu bangsa akan menjadi kuat dan semakin maju jika bersatu dan tidak terpecah belah. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah kewajiban setiap warga negara Indonesia. Jika persatuan dan kesatuan bangsa tidak dijaga, dapat terjadi perselisihan yang pada akhirnya akan memecah belah. Berikut manfaat persatuan dan kesatuan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

1.       Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan maju

2.       Pembangunan nasional akan berjalan dengan lancar, aman, dan cepat

3.       Kesejahteraan masyarakat akan tercapai secara adil dan seimbang

4.       Bangsa Indonesia terhindar dari perselisihan yang berakar pada perbedaan suku, budaya, serta agama

5.       Persaudaraan antarwarga negara terjalin semakin erat.

 

SBdP

 

POLA LANTAI DAN GERAK TARI MERAK

 

Tari merak merupakan tarian daerah yang berasal dari Jawa Barat. Gerakan dalam tari Merak termasuk gerak tari klasik, yaitu gerak tari yang menirukan kegiatan manusia atau hewan yang terpilih dan mempunyai pola-pola gerakan. Tari Merak biasanya diperagakan secara berkelompok. Saat melakukan tari secara berkelompok, para penari membuat bentuk atau formasi tertentu yang disebut pola lantai. Pola lantai merupakan garis yang dilalui penari saat melakukan gerak tari.

 


Perhatikan beberapa gerakan dan pola lantai dalam tari Merak berikut!

 

Gerakan 1

Pola lantai horizontal

Penari melakukan formasi bentuk garis lurus kea rah samping

Gerakan 2

Pola lantai garis lurus

Penari saling berhadapan

 

Gerakan 3

Pola lantai diagonal

Penari saling berlawanan arah

 

Gerakan 4

Pola lantai garis melingkar

Penari melakukan gerakan secara melingkar dan menghadap kea rah luar

 

 IPA

 

PELESTARIAN TUMBUHAN DAN HEWAN BERDASARKAN LINGKUNGAN HIDUPNYA

 

Tumbuhan dan hewan dapat mengalami penurunan populasi, misalnya karena habitatnya rusak atau karena banyak dimanfaatkan manusia. Jika tumbuhan dan hewan tersebut tidak dilestarikan, tumbuhan dan hewan tersebut akan meniadi langka. Terlebih jika tumbuhan dan hewan tersebut termasuk endemik, Artinva tumbuhan dan hewan tersebut hanya dapat ditemukan di satu tempat dan tidak dapat ditemukan di tempat lainnya. 

Berikut beberapa contoh tumbuhan dan hewan yang harus dilestarikan agar tidak punah.

1. Pelestarian Tumbuhan Berdasarkan Lingkungan Hidupnya

a.       Bunga padma raksasa

Tumbuhan bunga padma raksasa atau raflesia memiliki mahkota berwarna merah. Raflesia mengeluarkan aroma busuk seperti bangkai untuk mengundang hewan penyerbuk seperti lalat agar hinggap dan menyerbuki bunganya. Raflesia membutuhkan waktu hingga sembilan bulan untuk tumbuh. Masa mekar bunga raflesia hanya 5-7 hari. Raflesia merupakan tumbuhan langka. Oleh karena itu, peran pemerintah sangat diperlukan dalam pelestarian tumbuhan tersebut. Misalnya, menetapkan taman nasional atau mendirikan taman konservasi untuk melindungi tumbuhan raflesia.

 

Bunga Padma raksasa yang sedang mekar

 

Kita juga dapat turut serta melestarikan raflesia. Misalnya, dengan mencari informasi tentang tumbuhan tersebut untuk kita pelajari. Kita juga tidak boleh merusak bunga tersebut beserta lingkungan hidupnya.

b.      Cendana 

Tumbuhan Cendana

 

Cendana merupakan tumbuhan berkayu yang mengeluarkan aroma khas wangi. Cendana banyak dimanfaatkan dalam keseharian masyarakat Indonesia. Aromanya yang khas dan wangi membuat tumbuhan cendana dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan parfum dan aromaterapi. Namun, tumbuhan cendana termasuk tumbuhan langka karena sulit untuk dibudidayakan. Kecambah dari pohon cendana merupakan tumbuhan parasit sehingga harus menumpang tumbuhan lain. Oleh karena itu, peran pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk menjaga kelestarian tumbuhan cendana. Peran kita sebagai masyarakat dengan mengurangi penggunaan minyak cendana. Peran pemerintah misalnya menetapkan kawasan konservasi bagi tumbuhan tersebut.

 

2. Pelestarian Hewan Berdasarkan Lingkungan Hidupnya

a.       Orang utan

Orang Utan


Orang utan merupakan hewan endemik yang hidup tersebar di hutan tropis Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Orang utan menghabiskan sebagian besar hidupnya di kanopi pohon. Saat ini, ancaman kelangsungan hidup orang utan mencakup berubahnya fungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit, pertambangan, dan pembukaan jalan. Upaya pelestarian terhadap orang utan pun dilakukan, seperti kerja sama WWF-Indonesia dengan pemerintah dalam mengembangkan rencana tata ruang ekosistem sebagai upaya pengembalian hutan sebagai habitat orang utan. Selain itu, sebagian besar orang utan yang selamat dilindungi di tempat penangkaran-penangkaran khusus. Sebagai contoh, penangkaran orang utan di Bukit Lawang, Sumatra dan di Tanjung Puting, Kalimantan.

 

b.      Gajah Sumatra

Gajah Sumatra

 

Gajah sumatra merupakan hewan endemik di Pulau Sumatra. Gajah sumatra menyukai hutan yang ditumbuhi oleh pohon-pohon lebat dan berada dekat dengan sumber air. Gajah sumatra termasuk hewan langka karena jumlahnya semakin menurun. Faktor penyebabnya, antara lain perburuan dan berubahnya fungsi hutan menjadi permukiman dan perkebunan. Sebagai langkah pencegahan dari kepunahan, pemerintah menetapkan beberapa wilayah sebagai Pusat Konservasi Gajah Sumatra. Misalnya, Taman Nasional Way Kambas Lampung dan Taman Nasional Tesso Nilo di Riau.

 

BAHASA INDONESIA


MENULISKAN INFORMASI PENTING SUATU TEKS SEJARAH MENGGUNAKAN KATA BAKU


at kembali cara menemukan informasi penting suatu teks!

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kata tanya apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Informasi yang sudah ditemukan, akan lebih mudah diingat apabila disajikan dalm bentuk diagram dan dituliskan menggunakan kata baku.

 



Untuk absensi silakan klik link dibawah ini !!!

 

ABSENSI

0 komentar:

Posting Komentar