Karangan adalah karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. Berbagai bentuk / jenis karangan diantaranya karangan narasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi, dan persuasi. Karangan-karangan tersebut merupakan contoh karangan non ilmiah.

1.Karangan Narasi
Karangan narasi adalah satu jenis karangan/karya tulis yang berupa rangkaian peristiwa baik fiksi maupun non fiksi yang disampaikan sesuai dengan urutan waktu yang sistematis dan logis. Pada karangan narasi terdapat tahapan-tahapan peristiwa yang jelas, dimulai dari perkenalan, timbul masalah, konflik, penyelesaian dan penutup.
Ciri-ciri karangan narasi:
  1. Menyajikan suatu cerita yang berupa berita, peristiwa, pengalaman yang menarik kepada pembaca;
  2. Cerita-cerita tersebut disajikan dengan urutan kronologis yang jelas;
  3. Ada konflik dan tokoh yang menjadi inti dari sebuah karangan;
  4. Memiliki setting yang disampaikan dengan jelas;
  5. Bertujuan untuk menghibur pembaca dengan cerita-cerita yang disampaikan.
Contoh karangan narasi:
Berkunjung ke Rumah Saudara
Hari Kamis kemarin aku bersama keluarga pergi ke Surabaya untuk berkunjung ke rumah saudara. Rencana awalnya pemberangkatan dari Kota Semarang naik bus, berhenti di terminal. Dilanjutkan naik angkot menuju rumah saudara yang lokasinya di pinggiran Kota Surabaya. Namun rencana ini akhirnya tertunda karena sopir angkot mogok beroperasi. Akhirnya kami harus menggunakan alat transportasi lainnya.

2. Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi adalah suatu bentuk karya tulis yang menggambarkan atau melukiskan suatu objek maupun benda kepada pembaca seolah-olah pembaca merasakan, melihat atau mengalami sendiri topik di dalam tulisan.
Ciri-ciri karangan deskripsi:
  1. Menggambarkan suatu objek dengan sejelas-jelasnya kepada para pembaca;
  2. Melibatkan observasi panca indera;
  3. Metode penulisan menggunakan cara objektif, subjektif, atau kesan pribadi penulis terhadap suatu objek.
Contoh karangan deskripsi:
Makna Warna pada Tubuh Ikan
Ikan menggunakan warna-warna ditubuhnya sebagai alat komunikasi, misalnya untuk memperingatkan pemangsa seperti ikan-ikan predator agar tidak mendekat karena ia beracun. Bentuk ini bisa kita lihat pada ikan buntal tanduk yang berwarna mencolok dengan pola dan bintik-bintik merah, biru, dan kuning.

Cara yang hampir sama digunakan oleh ikan gobi bermata ketam (Signigobus Biocellatus) dan ikan kambing (Pomacenthus Imperator). Ikan gobi mempunyai tanda mata ganda disiripnya. Saat diserang ia akan memperlihatkan “mata” tersebut untuk menakut-nakuti penyerangnya hingga pergi menjauh. Ikan kambing memiliki warna sangat menyala. Warna tersebut digunakan untuk menakut-nakuti pesaing yang berada di wilayah yang dijaganya.
Selain memberi peringatan, warna pada ikan-ikan juga digunakan untuk menarik pasangannya. Ketika menunjukkan warna khasnya yang indah, pasangan akan berdatangan menghampiri.

3.Karangan Eksposisi

Karangan eksposisi adalah jenis karangan yang berisi tentang penjelasan-penjelasan maupun pemaparan mengenai suatu informasi kepada pembaca. Tujuan karangan ini adalah untuk memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada pembaca.
Ciri-ciri karangan eksposisi:
  1. Menyajikan atau menyampaikan sebuah informasi kepada pembaca;
  2. Informasi yang disajikan bersifat fakta atau benar-benar terjadi;
  3. Tidak berusaha mempengaruhi pembaca;
  4. Menjelaskan sebuah proses atau analisa suatu topik.
Contoh karangan eksposisi:
Uang Karatal dan Uang Giral
Uang merupakan alat tukar atau alat jual beli yang digunakan manusia pada zaman modren seperti saat ini, setiap Negara memiliki mata uang yang berbeda-beda setiap mata uang digunakan untuk transaksi di Negaranya masing-masing . karena pada saat ini kita tidak mungkin lagi melakukan sistem barter seperti zaman dahulu, uang terdiri dari dua jenis , uang kartal dan uang giral. Uangf kartal yaitu, uang yang di gunakan untuk membeli/memenuhi kebutuhan sehari-hari yaitu uang kertas dan uang logam, sedangkan uang giral merupakan uang yang digunakan untuk transaksi yang lumayan besar biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau lebih bersifat jangka panjang yaitu surat-surat berharga contoh: cek, kartu kredit, buku tabungan, saham dan lain sebagainya.

4. Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi adalah jenis karangan yang berisi pendapat atau argument penulis tentang suatu hal. Karangan ini bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar memiliki pandangan yang sama akan suatu hal dengan pandangan penulis.
Ciri-ciri karangan argumentasi:
  1. Terdapat pendapat-pendapat penulis mengenai suatu topik yang sedang di bahas.
  2. Pendapat-pendapat tersebut di lengkapi dengan pembuktian-pembuktian yang berupa fakta, data, contoh, maupun grafik.
  3. Bertujuan untuk menyakinkan pembaca dengan menggunakan logika dan penalaran sebagai landasan berfikirnya.
  4. Pengarang menghindari keterlibatan emosi dalam menyampaikan pendapatnya.
Contoh karangan argumentasi:
Manfaat Internet
Internet merupakan suatu teknologi canggih yang diciptakan untuk memudahkan seluruh kehidupan manusia dengan akses informasi yang tidak terbatas dan cepat. Namun, sayangnya manfaat-manfaat yang disediakan oleh internet belum sepenuhnya dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Dari sekitar 300 juta penduduk di Indonesia hanya separuhnya saja yang mengerti cara menggunakan dan memetik manfaat dari internet. Padahal, jika dimanfaatkan dengan bijak, banyak sekali manfaat-manfaat yang bisa kita rasakan.
Manfaat yang pertama adalah internet bisa digunakan sebagai sarana untuk bisnis. Luasnya jangkaun internet bisa digunakan sebagi sarana promosi produk yang ampuh. Selain cepat memasarkan bisnis di internet juga gratis, jadi kita tidak perlu membayar baiaya tambahan untuk promosi.
Tidak hanya untuk berbisinis, Internet juga dapat dijadikan sumber informasi yang ampuh. Internet dapat menghubungkan setiap orang dari belahan dunia manapun sehingga kita bisa bertukar informasi dengan mereka. Namun, janganlah langsung percaya dengan berita yang ada di Internet. Sebaiknya ceklah terlebih dahulu kebenarannya.
Itulah sebagian dari manfaat internet yang dapat kita ambil manfaatnya. Oleh kerena itu gunakanah internet sebijaksana dan sebaik mungkin agar kita mendapatkan manfaat dan terhindar dari pengaruh buruk internet.

5. Karangan Persuasi

Karangan persuasi adalah salah satu bentuk karya tulis yang berisi ajakan-ajakan kepada para pembaca untuk melakukan atau mempercayai suatu hal. Sama halnya dengan karangan argumentasi, karangan persuasi juga dilengkapi dengan pendapat-pendapat penulis yang disertai dengan pembuktian agar pembaca yakin dan mau mengikuti apa yang disampaikan oleh penulis. Karena sifatnya yang berupa ajakan, karangan ini bertujuan untuk meyakini pembaca yang disampaikan oleh penulis untuk melakukan atau mempercayai sesuatu.
Ciri-ciri karangan persuasi:
  1. Karangan ini bersifat mengajak para pembaca
  2. Memiliki alasan-alasan yang kuat berupa data, fakta, dan lain-lain untuk meyakinkan pembaca.
  3. Karangan ini berusaha menghindari konflik agar pembaca tidak kehilangan kepercayaan.
  4. Karangan ini berusaha mendapatkan kesepakatan atau kepercayaaan antara penulis dan pembaca.
Contoh karangan persuasi:
Menjaga Persatuan
Saudaraku tercinta, marilah kita menjaga semangat persatuan antar sesama bangsa. Sebagai generasi muda kita jangan sampai mudah terpengaruh oleh pihak-pihak lain yang ingin memecah belah kita. Apabila kita sudah terpecah, maka pihak lain akan masuk dengan mudah dan mengambil alih bangsa ini. Oleh karena itu, marilah kita bangun kembali semangat persatuan yang sempat hilang dari dalam diri kita. Jangan lagi ada perselisihan antar suku dan agama karena sesungguhnya kita adalah satu yaitu Bangsa Indonesia.
MEMBANDINGKAN ISI TEKS
Membandingkan isi teks adalah upaya mencari persamaan dan/atau perbedaan isi dua teks.Sebuah teks memuat informasi atau masalah. Penyajian informasi atau masalah dalam teks dapat sama atau berbeda. Persamaan atau perbedaan tersebut dapat diketahui dengan mengajukan pertanyaan berikut.

1.    Apa untuk menanyakan masalah, peristiwa, atau kejadian yang dibahas dalam teks.

2.    Siapa untuk menanyakan orang yang dibahas dalam teks.

3.    Di mana untuk menanyakan tempat peristiwa yang dibahas dalam teks.

4.    Kapan untuk menanyakan waktu peristiwa yang dibahas dalam teks.

5.    Mengapa untuk menanyakan sebab atau alasan, masalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks.

6.    Bagaimana untuk menanyakan proses terjadinya masalah, peristiwa, atau kejadian dalam teks.

KERJAKAN SOAL BERIKUT INI DENGAN BENAR !
1.Bacalah teks berikut.

Tak hanya habitatnya yang dirusak, elang jawa juga kerap ditangkap dan diperjualbelikan sebagai satwa peliharaan. Padahal, elang jawa merupakan burung yang dilindungi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, serta diperkuat lewat Kepres No. 4/1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional. Elang jawa juga termasuk salah satu dari 14 satwa prioritas untuk diselamatkan berdasarkan SK Dirjen PHKA No. 132/2011. Jika perdagangan dan alih fungsi hutan tidak dihentikan, bukan tidak mungkin suatu saat nanti elang jawa hanya dapat dilihat dalam bentuk foto atau hanya dikenang sebagai burung yang identik dengan simbol negara, yaitu garuda.

Ide pokok paragraf  pada teks tersebut adalah . . .
A. Perlindungan elang jawa diatur dalam Undang-Undang tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
B. Penyebab kepunahan elang jawa adalah alih fungsi hutan menjadi permukiman dan lahan
pertanian.
C. Keberadaan elang jawa dapat dilestarikan dengan menghentikan perdagangan dan alih fungsi hutan.
D. Elang jawa identik dengan simbol negara, yaitu garuda.

2.      Bacalah teks berikut

Air laut pasang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya kawasan Jakarta Utara. Naiknya air laut di kawasan tersebut sudah berlangsung selama sepekan. Tingginya kenaikan permukaan air dikhawatirkan akan membuat kawasan tersebut tergenang.

Ide pokok paragraf tersebut adalah

A.    Air laut pasang terjadi di kawasan Jakarta Utara
B.     Naiknya air laut sudah berlangsung selama sepekan
C.     Pasangnya air laut dikhawatirkan membuat Jakarta Utara tergenang
D.    Pasangnya air laut di beberapa wilayah di Indonesia sangat mengkhawatirkan


3. Perhatikan bacaan berikut!
Cairan daun pepaya dapat meredakan perut kembung. Cairan itu juga dapa melancarkan peredaran darah. Daun pepaya memang memiliki banyak manfaat. Bahkan enak juga dimakan sebagai sayuran. 

Kalimat utama paragraf di atas adalah ....
A. Cairan daun pepaya dapat meredakan perut kembung.
B. Cairan itu juga dapat melancarkan peredaran darah.
C. Daun pepaya memang memiliki banyak manfaat.
D. Bahkan enak juga dimakan sebagai sayuran

4.  Bacalah teks berikut.

Nasib elang jawa sungguh memprihatinkan. Burung endemis Jawa ini tergolong hewan terancam punah dengan status genting. Menurut data BirdLife International, saat ini populasi elang jawa di alam diperkirakan hanya tersisa sekitar 300–500 individu dewasa. Salah satu penyebab elang jawa terancam punah, yaitu semakin menyusutnya luas hutan alami di Jawa. Sebagai pulau dengan populasi penduduk terpadat di Indonesia, kebutuhan lahan untuk permukiman dan pertanian di Jawa semakin meningkat dari tahun ke tahun. Akibatnya, banyak hutan yang beralih fungsi menjadi lahan pertanian maupun permukiman. Saat ini, hutan alami yang tersisa di Jawa diperkirakan hanya sepuluh persen.

Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah . . .
A. Nasib elang jawa sungguh memprihatinkan.
B. Saat ini, hutan alami yang tersisa di Jawa diperkirakan hanya sepuluh persen.
C. Banyak hutan yang beralih fungsi menjadi lahan pertanian maupun permukiman.
D. Semakin menyusutnya luas hutan alami di Jawa merupakan salah satu penyebab kepunahan elang jawa terancam punah.

5. Bacalah paragraf berikut!


Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya.Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini. Spesies alga yang dapatditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda dan Padina, sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Nasional Bunaken jugamememiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan bakau. Sekitar 90 spesies ikan tinggal di wilayah ini. www. wikipedia.co.id )


Gagasan utama paragraf ini ....
A.       spesies ikan Taman nasional Bunaken
B.       spesies rumput laut Taman nasional Bunaken
C.      spesies terumbu karang Taman nasional Bunaken
D.      ekosistem terumbu karang Taman Nasional Bunaken

6.       Bacalah paragraf berikut!


Minuman   beralkohol   tidak   baik   bagi   tubuh.   Minuman   tersebut   dapat   meningkatkan risiko terserangnya penyakit kanker dan stroke. Minuman beralkohol juga menyebabkan kerusakan pada jantung dan sel-sel otak. Lebih dari itu, zat yang terkandung dalam minuman itu menyebabkan toksin bagi tubuh.


Gagasan utama paragraf ini didasarkan pada kalimat….
A.       Pertama
B.       kedua
C.      Ketiga
D.      keempat

7. (1) Daya Ingat yang sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. (2) Dapat dibayangkan bagaimana suatu kegiatan akan berjalan dengan baik jika selalu lupa apa yang harus dikerjakan. (3) Dalam proses belajar pun, daya ingat yang tajam sangat dibutuhkan. (4) Karena mengapa Anda mesti berikhtiar untuk meningkatkan daya ingat, lebih baik mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.
 Kalimat utama paragraf ini ditandai dengan nomor ....
A.    (1)                             
B.     (2)                                         
C.     (3)                                         
D.    (4)

8.      Kesibukan Guruh di dunia seni memang tak pernah berhenti. Sebentar lagi, ia akan merilis album dengan grup band bernama Kaca Benggala. Nama band diambil dari kisah tradisional. Band ini beraliran musik keras dan beranggotakan enam pribadi. Band ini bagi Guruh merupakan perjuangan yang berkelanjutan. Band Rencananya ini akan dirilis pada Februari 2014.

Gagasan utama paragraf ini ....
A.          rencana lahirnya band Kaca Benggala                              
B.           aliran musik band Kaca Benggala 
C. menerima           album baru Guruh                               
D.          kesibukan Guruh dalam dunia seni
                   
9.       Pulau Lombok saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata utama   Indonesia. Keindahan Pulau Lombok di Indonesia. Sebagai salah satu dari dua pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pulau Lombok memiliki beragam kelebihan. Keramahan masyarakat Sasak, keindahan pantainya, terumbu karang, dan kekayaan hayati yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri. Kemegahan Gunung Rinjani dan keunikan budaya sasak banyak mengundang decak kagum wisatawan dalam dan luar negeri.
Gagasan utama paragraf  tersebut adalah… ..
A.      kemegahan Gunung Rinjani dan berbagai keunikannya
B.      Posisi Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat
C.     Pulau Lombok sebagai tujuan wisata utama di Indonesia
D.     beragam keindahan yang kaya Pulau Lombok


10.Sangat berbahaya bagi kesehatan pecandunya maupun orang yang berada di sekitarnya. Asap rokok dapat meningkatkan risiko terserang penyakit kanker dan impotensi. Pada wanita hamil, merokok dapat menyebabkan kerusakan pada janin. Lebih dari itu, zat yang terkandung dalam rokok itu menyebabkan toksin bagi tubuh.
Gagasan utama paragraf ini didasarkan pada kalimat….
  1. pertama
  2. kedua
  3. ketiga
  4. keempat
11.      Secara ekologis terumbu karang memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesimbangan lingkungan. Terumbu karang dapat digunakan sebagai rumah bagi banyak jenis makhluk hidup di laut. Terumbu karang menjadi tempat bagi hewan dan tumbuhan laut yang mendukung untuk mencari makan, berkebang biak, membesarkan domba, dan berlindung. Bagi manusia terumbu karang memiliki potensi ikan sangat besar, baik untuk sumber bahan makanan maupun mata pencaharian mereka.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah. .
A.    Terumbu Karang sebagai rumah bagi banyak jenis makhluk hidup di dalam laut.
B.     Terumbu karang memiliki potensi perikanan yang sangat besar untuk sumber bahan makanan.
C.     Terumbu karang memiliki peran yang sangat penting dalam pengelolaan keseimbangan Lingkungan.
D.    Terumbu karang menjadi tempat bagi hewan dan tanaman laut yang mendukung untuk mencari makan.

Ikuti paragraf berikut!
12.      1) Kentang sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak. 2) Fungsi normal otak tergantung pada persediaan oksigen dan bersama dengan vitamin dan mineral tertentu. 3) Kalkulator Pengeluaran Tingkat Tinggi 4). Karena kentang kaya akan zat besi, pasokan oksigen ke otak juga akan terpelihara dengan baik.
Kalimat utama paragraf tersebut merupakan nomor. .
A.    1)
B.     2)
C.     3)
D.    4)

13.Perhatikan teks berikut.
Bunga mawar ini benar-benar indah. Warna kelopaknya merah menawan. Bentuknya bulat sempuma. Semakin  memukau karena mawar itu menebarkan bau semerbak.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....
A. deskripsi
B. eksposisi
C. persuasi
D. narasi
14.      Perhatikan teks berikut.

Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil. Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami sampai di sebuah rumah yangh sederhana seperti rumah-rumah di sekitarnya.
Paragraf tersebut termasuk jenis ....

A. deskripsi

B. eksposisi

C. persuasi

D. narasi

15.Didunia ini hanya ada 10% orang yang mempunyai, menganut, dan melaksanakan nilai-nilai yang jelas dalam hidupnya. Banyak orang yang bergerak dalam ni;lai abu-abu sehingga terjadi kompromi. Mereka tidak jelas, apakah dunia ini dunia atau rohani. Pengotakkannya sebenarnya begitu jelas nilai-nilai hidup ini sangat penting karena mereka akan menjadi penggerak dalam keberadaan kita. Kalau kita memegang nilai-nilai maka kita akan tahu arah hidup ini. Nilai itu akan menggerakkan sikap dan kita akan bergerak pada tujuan.
Teks di atas termasuk jenis karangan….

a.       Narasi

b.      Deskripsi

c.       Eksposisi
d.      Argumentasi
e.      Persuasi
16    Sudah waktunya orang-orang yang bertempat tinggal di desa merupakan cara berfikir mereka. Setidaknya ada orang yang bisa merubah cara berfikir mereka tentang anak yang baru lulus dari sd harus menikah. Selain orang-orang yang bisa merubah mreka, setidaknya mereka juga berfikir sendiri bahwa anaknya harus setinggi mungkin untuk sekolah supaya bisa mencapai cita-cita yang ingin diraihnya. Dari cara berfikir mereka yang seperti itu mereka akan sedikit mengurangi jumlah penduduk Indonesia yang semakin lama semakin bertambah.
Teks di atas merupakan karangan….
a.       Persuasi
b.      Argumentasi
c.       Eksposisi
d.      Deskripsi
e.      Narasi
17.Perhtikan dua teks berikut!
Teks 1
Rafa mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah. Ia belajar secara rutin. Setiap hari ia memulai belajar pukul 19.00 WIB. la baru berhenti belajar saat jam menunjukkan pukul 21.30 WIB. Biasanya ia belajar bersama ibunya. Rafa sangat berharap dalam ujian nanti, ia lulus dengan nilai memuaskan sehingga bisa diterima di SMP favorit di kotanya.

Teks 2
Ridho, siswa kelas V. Dia termasuk anak yang tidak pandai. Meskipun begitu, ia tidak pernah merasa rendah diri. Ia selalu bertanya jika ada materi pelajaran yang belum dipahami. Setiap kali ada ulangan. ia berusaha sungguh-sungguh untuk mendapatkan nilai terbaik. Demikian juga pada kenaikan kelas nanti, ia berharap mendapatkan nilai memuaskan. Ridho juga ingin agar ibunya merasa bangga.  

Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Ketekunan dalam belajar agar lulus ujian.
B. Kasih sayang seorang anak tahadap ibunya.
C. Semangat belajar untuk meraih nilai tinggi. 

D. Kerja keras dalam belajar agar naik kelas.

18.Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!
Teks 1 Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok Utara tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Gunung Rinjani yang mempunyai tinggi lebih dari 3.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan merupakan primadona wisata di Pulau Lombok.
Teks 2 Setiap tahunnya, jumlah pendaki Gunung Rinjani semakin banyak. Sebagian besar pendaki ini
merupakan mahasiswa pencinta alam yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hal yang
paling sering mereka lakukan adalah memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di puncak Gunung Rinjani pada bulan Agustus.

Perbedaan isi dari kedua teks tersebut adalah . . .
A. Teks 1 menjelaskan persiapan mendaki Gunung Rinjani, sedangkan teks 2 menjelaskan pendaki Gunung Rinjani.

        B. Teks 1 menceritakan pendaki Gunung Rinjani, sedangkan teks 1 menceritakan ketinggian dan
letak Gunung Rinjani.
C. Teks 1 menceritakan ketinggian dan letak Gunung Rinjani, sedangkan teks 2 menceritakan pendaki Gunung Rinjani.D. Teks 1 menjelaskan bahwa Gunung Rinjani adalah gunung yang paling banyak dikunjungi oleh pendaki, sedangkan teks 2 menjelaskan kegiatan di Gunung Rinjani.


19. Teks 1
    Kirab Budaya dalam rangkaian hari jadi kota Salatiga menjadi salah satu daya tarik wisata budaya, Dalam acara itu tercermin kerja sama, partisipasi, dan kegotongroyongan warga kota dengan pemimpin pemerintahan. Banyak anggota masyarakat yang datang dan rela berdesak-desakan di sekitar jalur rute kirab. Hal itu mencerminkan kecintaan dan penghormatan masyarakat kepada kota dan pemimpinnya.

Teks 2
    Karnaval dalam rangka Peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-65 berjalan meriah. Sepanjang jalan protokol jalur karnaval sudah dipadati warga masyarakat yang akan menyaksikan. Berbagai mobil hias dan pejalan kaki dari berbagai kelompok atau instansi ikut menyemarakkan karnaval. Mereka menghiasi mobil dengan berbagai aksesoris sesuai karakteristik kelompoknya. Dalam suasana panas pun, warga sangat antusias mengikuti dan menyaksikan satu demi satu peserta pawai. Mereka seakan tak menghiraukan teriknya siang itu.

   Persamaan isi kedua teks berita tersebut adalah ….
  1. A.kerelaan warga dan suasana  menyaksikan kirab
  2. B.kirab budaya dikemas sebagai  kegiatan pariwisata
  3. C.Penyelenggara kegiatan kirab budaya atau karnaval
  4. D.Nilai-nilai perjuangan yang tercermin dalam kirab
20.Perhatikan paragraf berikut ini!
Paragraf -1

Hutan Lindung juga berfungsi sebagai penampung air di musim hujan. Air yang terserap kemudian dilepas sedikit demi sedikit melalui mata air. Selain itu, hutan lindung juga menjaga suhu udara tetap lembab, sehingga tidak terjadi kekeringan.


Paragraf- 2
Di kota-kota besar, para pemulung berjasa besar. Mereka memilah-milah sampah menurut jenisnya. Barang-barang itu kemudian dijual di pabrik-pabrik. Tanpa disadari mereka berperan besar mengurangi polusi lingkungan.

Kedua paragraf tersebut memiliki kesamaan yaitu ....
A. Kedua teks bertema Kesehatan masyarakat
B. Sama-sama bertema Lingkungan
C. Sama-sama membicarakan tentang daur Daur ulang
D. Sama membahas tentang cara mengolah Sampah